logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Compas Market Insight Dashboard: Top 10 Brand Kategori Baby Lotion Cream dengan Market Share Tertinggi di E-commerce

Compas Market Insight Dashboard Menunjukkan Dominasi Zwitsal dalam Top Brand Kategori Baby Lotion Cream di E-commerce

Author: Nabila Suci Andini

Compas.co.idPerawatan kulit bayi merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan si kecil. Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif dan rentan terhadap iritasi, kering, dan ruam. Oleh karena itu, pemilihan produk perawatan kulit yang tepat menjadi hal yang sangat penting bagi orang tua. Salah satu produk yang umum digunakan dalam perawatan bayi adalah baby lotion cream.

Dilansir dari artikel PopMama dan (2018) dan johnsonbaby.co.id, manfaat menggunakan baby lotion cream antara lain, mencegah kulit kering, merangsang regenerasi kulit, mencegah iritasi dan ruam, serta melembabkan kulit. Di era digital saat ini, banyak orang tua yang memilih untuk membeli produk perawatan bayi secara online melalui platform e-commerce. Compas.co.id telah merangkum hasil pantauan data mengenai top 10 brand kategori baby lotion cream yang memiliki market share tertinggi di platform e-commerce, yakni Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, dan Lazada.

Top 10 Brand Kategori Baby Lotion Cream Periode Jelang Ramadhan!

  1. Zwitsal

Di tengah persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, kebutuhan akan produk perawatan bayi tetap menjadi prioritas bagi banyak keluarga. Dalam kategori baby lotion cream, salah satu brand yang mendominasi adalah Zwitsal. Dikenal dengan reputasi yang kuat dan produk berkualitas, Zwitsal telah menduduki posisi puncak dalam daftar top 10 brand kategori baby lotion cream menjelang Ramadhan. Pernyataan tersebut sesuai dengan hasil pantauan Compas Market Insight Dashboard, yakni Zwitsal meraih market share tertinggi sebesar 16% di platform e-commerce.

Melalui laman Instagramnya, Zwitsal menawarkan promosi dan diskon khusus menjelang Ramadhan. Hal ini tidak hanya membantu menarik perhatian konsumen, tetapi juga membuat produknya lebih terjangkau bagi banyak keluarga. Selain itu, Zwitsal lebih sering mengedukasi melalui content photo ataupun video dengan tetap menyelipkan pembahasan USP dan UVP dari setiap produknya.

  1. Moell

Di tengah persaingan yang ketat, brand Moell berhasil menonjol sebagai pemimpin dalam kategori baby lotion cream dengan menempati posisi kedua sebagai brand dengan market share tertinggi, yakni 15%. Merujuk dari social media Instagramnya, sebagai brand pendatang baru yang berfokus pada perawatan kulit khusus bayi, Moell dapat dikatakan berani berkolaborasi dengan influencer papan atas, seperti dr. Richard Lee yang dinobatkan sebagai product development Moell, Rayyanza Malik Ahmad (Cipung), Ameena Hanna Nur Atta, dan Muhammad Levian Al Fatih Billar yang digandeng sebagai brand ambassador dari Moell. Berkat keputusannya yang tepat dalam memilih brand ambassador dan influencer lainnya, menjadikan Moell lebih dikenal di masyarakat dan berhasil menarik atensi target konsumennya.

  1. Gently

Dalam kategori baby lotion cream, brand Gently berhasil meraih posisi yang mengesankan, yakni di peringkat ketiga dengan perolehan market share tertinggi, yaitu 14% dalam daftar top 10 brand kategori baby lotion cream menjelang Ramadhan. Dengan reputasi yang kuat dan produk berkualitas, Gently telah berhasil menarik perhatian konsumen dengan formulasi yang lembut dan efektif untuk kulit bayi. Strategi marketing yang dilakukan untuk meningkatkan awareness masyarakat pun cukup unik, dimana di bio Instagramnya tertulis bahwa Gently mengadakan “Produk Gratis Setiap Minggu.” Dengan memberikan sampel gratis kepada konsumen, maka konsumen dapat mencoba produk secara gratis dan mengalami manfaatnya, yang kemudian dapat mendorong pembelian produk penuh.

Compas Market Insight Dashboard: Top 10 Brand Kategori Baby Lotion Cream dengan Market Share Tertinggi di seluruh E-commerce

  1. Buds Organics Indonesia

Dalam kategori baby lotion cream, brand Buds berhasil menempati posisi keempat dalam daftar top 10 brand kategori baby lotion cream dengan market share tertinggi di e-commerce selama momen jelang Ramadhan. Sebagai Pioneer of Calming Rub in Indonesia, Buds telah memainkan peran penting dalam memperkenalkan produk-produk perawatan bayi yang inovatif dan bermanfaat bagi orang tua dan bayi mereka. “Calming Rub” merujuk pada produk yang dirancang khusus untuk memberikan efek menenangkan dan mengurangi ketidaknyamanan pada bayi, serta mengatasi gangguan kolik, yaitu kondisi ketika bayi menangis lebih dari 3 jam secara terus-menerus dan kondisi ini biasanya disebabkan oleh perut kembung (Kumparan, 2023).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sebagai “Pioneer of Calming Rub“, Buds telah memberikan kontribusinya yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan bayi dan menyediakan solusi perawatan yang inovatif dan aman bagi banyak orang tua di seluruh negeri, khususnya Indonesia.

  1. Expert Care

Brand Expert Care muncul sebagai pilihan yang unggul dalam kategori baby lotion cream, menempati posisi kelima dalam daftar top 10 brand kategori baby lotion cream dengan market share tertinggi jelang Ramadhan. Adapun keunggulan yang dimiliki Expert Care dan berhasil menjadikan brand ini berbeda dengan beberapa brand lain, yakni produk – produk yang dipasarkan dirancang khusus oleh tim Expert, yakni Dokter Kulit dan Anak. Melalui Instagram pribadinya, Expert Care juga menyediakan sesi konsultasi dengan para ahli bagi para Ibu dan/atau orang tua yang ingin berdiskusi permasalahan si bayi.

  1. Mustela

Dalam kategori baby lotion cream, brand Mustela berhasil mendapatkan pengakuan yang luar biasa. Dibuktikan dengan hasil pantauan Compas Market Insight Dashboard, brand Mustela meraih posisi keenam dalam top 10 brand kategori baby lotion cream dengan market share tertinggi di e-commerce selama penantian bulan Ramadhan. Berdasarkan pantauan di social media Instagramnya, Mustela aktif meluncurkan campaign edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya perawatan kulit bayi. Mustela juga mengadakan program promo atau giveaway menarik, seperti Ramadhan giveaway, exclusive collaboration, dll. Hal ini bermanfaat untuk menciptakan koneksi yang lebih erat dengan konsumen dan memperluas jangkauan brand tersebut.

  1. Beeme

Brand Beeme menyusul brand – brand lainnya dengan meraih posisi ketujuh dalam top 10 brand kategori baby lotion cream dengan market share tertinggi di e-commerce selama momen jelang bulan Ramadhan. Produk – produk dari Beeme dirancang langsung oleh Pediatricians dan Dermatologist, sehingga kualitas yang dihasilkan aman dan meminimalisir risiko iritasi. Selain fokus pada kualitas produk, Beeme juga ingin memuaskan para konsumen dan/atau pelanggannya dengan menyediakan service, seperti layanan komplain, kolaborasi, dan konsultasi kesehatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Beeme berusaha untuk tetap berkomitmen menyediakan produk yang aman, efektif, dan dapat diandalkan bagi keluarga Indonesia dan memantau kepuasan pelanggan melalui monitoring komplain dan hasil dari konsultasi tersebut.

  1. Nubiko

Dalam industri perawatan bayi, khususnya dalam kategori baby lotion cream, brand Nubiko telah berhasil meraih perhatian yang signifikan. Menempati posisi ke delapan dalam daftar top 10 brand kategori baby lotion cream menjelang Ramadhan, Nubiko menonjol dengan prestasinya mendapatkan market share tertinggi di e-commerce. Seiring dengan posisi yang berhasil diraih oleh Nubiko, Nubiko telah mendapatkan dukungan yang kuat dari komunitas orang tua. Ulasan positif dan rekomendasi dari para orang tua yang telah mencoba produk Nubiko sangat membantu memperkuat reputasi brand tersebut sebagai pilihan yang tepat untuk perawatan kulit bayi.

  1. Mama’s Choice

Berdasarkan hasil pantauan Compas Market Insight dashboard, brand Mama’s Choice juga unggul dengan market share tertinggi, hal ini terbukti dengan prestasi tersebut yang menempati posisi ke sembilan dalam top 10 brand kategori baby lotion cream. Prestasi yang diraih Mama’s Choice sejalan dengan strategi khusus yang sedang dilakukan oleh brand tersebut di social media mereka selama jelang Ramadhan hingga saat ini, adapun strategi yang dilakukan mencakup promosi spesial, penawaran diskon, dan kampanye pemasaran yang bertema Ramadhan. Langkah-langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan memperluas pangsa pasar, sambil tetap mempertahankan standar kualitas yang tinggi.

  1. Johnson’s Baby

Dalam kategori baby lotion cream, brand legendaris Johnson’s Baby turut serta memegang peranan penting, Johnson’s Baby berhasil mendapatkan market share tertinggi dan menempati posisi ke sepuluh dalam top 10 brand kategori baby lotion cream jelang Ramadhan. Dengan fokus pada kelembutan, keamanan, kepercayaan, dan kualitas produk yang teruji, Johnson’s Baby tetap menjadi salah satu pilihan yang dapat diandalkan bagi para orang tua yang mencari solusi perawatan bayi yang berkualitas.

Kesimpulan

Dalam persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, perawatan kulit bayi menjadi aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan si kecil. Bayi memiliki kulit yang sensitif, oleh karena itu, pemilihan produk perawatan kulit yang tepat sangat penting bagi orang tua.

Berdasarkan hasil pantauan Compas Market Insight Dashboard, top 10 brand kategori baby lotion cream yang mendominasi di platform e-commerce adalah Zwitsal, Moell, Gently, Buds Organics Indonesia, Expert Care, Mustela, Beeme, Nubiko, Mama’s Choice, dan Johnson’s Baby.

Compas Market Insight Dashboard: Top 10 Brand Kategori Baby Lotion Cream dengan Market Share Tertinggi di seluruh E-commerce

Setiap brand memiliki strategi pemasaran yang unik, seperti promosi khusus, kolaborasi dengan influencer, atau campaign pemasaran yang bertema Ramadhan, untuk mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar mereka menjelang Ramadhan. Selain itu, pemilihan brand perawatan bayi seperti Johnson’s Baby menunjukkan bahwa orang tua masih mempercayai brand – brand terkenal dengan reputasi yang kuat dalam memberikan kelembutan, keamanan, dan kualitas produk yang terpercaya bagi si kecil.

Jika Anda ingin mendapatkan wawasan lebih mendalam tentang tren pasar dan diperlukan keputusan dalam mengambil langkah-langkah strategis yang tepat untuk bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami, Compas.co.id. Compas menyediakan Compas Market Insight Dashboard yang bisa Anda coba dan dapatkan secara gratis melalui konsultasi bersama Tim Expert kami atau silahkan request dashboard sesuai kebutuhan bisnis Anda melalui form di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.