Author: Nabila Suci Andini
Skintific Raih Penjualan Tertinggi pada Desember 2023, Double Date Berbuah Manis,
Compas.co.id – Salah satu sektor FMCG yang terus berkembang adalah industri perawatan dan kecantikan (Beauty Care). Demi memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat, berbagai produk dan brand baru pun terus bermunculan. Dengan memanfaatkan kesempatan istimewa seperti ini, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk para brand, khususnya di industri Beauty Care dalam meningkatkan penjualan produk mereka.
Salah satu brand yang berhasil memahami kondisi dan peluang di pasar Beauty Care adalah Skintific. Skintifc berhasil menjadi pemimpin pasar Beauty Care pada kategori Paket Kecantikan. Berkat kemampuan analisa pasar dan penerapan strategi yang tepat, brand tersebut mencatatkan prestasi dengan meraih nilai penjualan tertinggi, khususnya yang terjadi pada momen double date.
Berdasarkan data grafik di atas, brand Skintific berhasil meraih nilai penjualan tertinggi lebih dari 400 juta pada periode double date di bulan Desember 2023. Selama momen double date, khususnya saat 12.12 tahun lalu, penjualan Skintific mengalami peningkatan yang signifikan daripada saat normal day dengan persentase kenaikan mencapai 53.5%. Hal ini menunjukkan bahwa double date merupakan momen yang tepat untuk meluncurkan produk baru atau mengadakan promo spesial karena promo spesial dapat menarik minat konsumen di era double date untuk berbelanja produk perawatan dan kecantikan jauh lebih banyak daripada saat normal day.
Skintific: Analisis Harga Rata-Rata Paket Kecantikan di E-commerce
Penting untuk mengetahui harga rata-rata Paket Kecantikan di E-commerce selama momen double data agar dapat menjadi pemimpin pasar dan sebagai pihak brand dapat menawarkan harga termurah dibandingkan dengan harga kompetitor. Hasil penelusuran Compas.co.id, selama momen double date, Skintific turut menyediakan penawaran yang menarik yang disertai diskon up to 50% dengan waktu terbatas, yakni hanya berlaku selama periode 12.12. Berdasarkan harga, harga yang ditawarkan oleh Skintific jauh lebih rendah daripada harga rata-rata paket kecantikan yang ditawarkan brand lain atau di luar momentum double date (normal day).
Berdasarkan gambar di atas, terdapat 4 kategori paket kecantikan dari Skintific yang tersedia di Official Store, yaitu:
a). 5 Packages: Harga rata-rata paket ini adalah Rp582.000.
b). 4 Packages: Harga rata-rata paket ini adalah Rp410.000.
c). 3 Packages: Harga rata-rata paket ini adalah Rp323.000.
d). Packages: Harga rata-rata paket ini adalah Rp240.000.
Harga rata-rata dari kategori Paket Kecantikan Skintific di Official Store dapat menjadi acuan bagi para brand lain atau business owner dalam membuat keputusan dan gambaran terkait penawaran harga di momen-momen spesial, seperti double date.
Kesimpulan
Industri Beauty Care mengalami perkembangan pesat, membuka peluang bagi brand untuk meningkatkan penjualan. Skintific, sebagai pemimpin pasar kategori Paket Kecantikan, membuktikan hal ini dengan meraih penjualan tertinggi di momen double date Desember 2023. Penjualan Skintific pada double date 12.12 mencapai lebih dari 400 juta, meningkat 53.5% dibandingkan normal day. Strategi yang dilakukan oleh Skintific adalah menawarkan diskon menarik hingga 50% dengan waktu terbatas pada momen double date, serta memberikan harga paket kecantikan yang lebih murah.
Kesuksesan Skintific di momen double date menunjukkan pentingnya pemahaman pasar dan penerapan strategi yang tepat. Dengan menawarkan harga kompetitif dan promo menarik, maka para brand dapat meningkatkan penjualan dan menjadi pemimpin pasar.