Author: Nabila Suci Andini
Compas.co.id – Aroma harum kopi kembali mendominasi di momen bulan ramadan tahun ini. Tren minum kopi yang kian hari kian populer di Indonesia, serta kemudahan mengakses kopi dalam berbagai bentuk mulai dari kopi instan, kopi siap minum, dan kopi bubuk juga menjadi faktor pendorong utama di balik dominasi kopi di bulan Ramadan ini.
Compas.co.id telah merangkum fenomena tersebut berdasarkan data dari Compas Market Insight Dashboard di bawah ini.
Top 3 Kategori Minuman Selama Bulan Ramadan 2024!
1. Kopi
Pada bulan ramadan tahun ini, Kopi berhasil memimpin pasar minuman dengan meraih market share tertinggi mencapai 33,1%. Prestasi ini menandai kesuksesan strategi pemasaran dan besarnya peluang di bisnis Kopi tersebut. Berdasarkan data dari artikel indonesiabatik.id, Indonesia termasuk dalam negara penghasil Kopi terbesar dengan menduduki posisi ke-3 di dunia. Artikel tersebut juga menyatakan bahwa Indonesia telah memproduksi Kopi sebanyak 11,85 juta kantong dengan rincian; kopi arabika sebanyak 1,3 juta kantong dan kopi robusta sebanyak 10,5 juta kantong. Menjadi negara penghasil Kopi terbesar tentunya berdampak pada produksi Kopi tersebut, dimana terjadi peningkatan produksi dalam lima tahun terakhir.
Penjelasan di atas pun diperkuat oleh data dari Snapcart yang menyatakan bahwa pada tahun 2023, sebesar 79% masyarakat Indonesia adalah peminum kopi, dan kebanyakan di antaranya mengkonsumsi kopi setiap hari.
2. Teh
Teh masuk dalam kategori minuman dengan market share tertinggi sebesar 18,1%. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi Teh setelah berbuka puasa telah menjadi tradisi sejak lama. Selain itu, Teh juga dianggap sebagai minuman yang menyegarkan dan membantu pencernaan setelah seharian berpuasa. Banyaknya varian dalam produk Teh, seperti Teh Hijau, Teh Hitam, Teh Melati, dan Teh Lemon berhasil memberikan banyak pilihan bagi para konsumen untuk menemukan Teh yang sesuai dengan selera mereka.
Dengan rasanya yang enak, pilihan yang beragam, dan memiliki nilai tradisi atau budaya yang mendalam, dapat disimpulkan bahwa Teh tetap menjadi pilihan bagi banyak orang yang mencari alternatif minuman ringan dan menyegarkan, walaupun tetap ada tantangan di masa depan, Teh juga memiliki peluang yang sama besarnya dengan kategori minuman lain untuk terus berkembang dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
3. Jus Sirup
Jus sirup juga masih menjadi salah satu kategori minuman pilihan banyak orang di Indonesia. Hasil data dari Compas Market Insight Dashboard, Jus Sirup menempati posisi ketiga dalam kategori minuman selama ramadan dengan market share 15,5%. Sama seperti Teh, Jus Sirup juga menawarkan berbagai pilihan rasa mulai dari rasa melon, jeruk, strawberry, anggur, dan lain-lain. Mengkonsumsi Jus Sirup juga menjadi tradisi di beberapa daerah di Indonesia, dimana Jus Sirup sering disajikan pada momen kumpul keluarga, teman, atau pasangan. Keunggulan lain dari Jus Sirup, yaitu seringkali mengandung banyak nutrisi atau vitamin. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam Jus Sirup dapat memberikan energi tambahan dan membantu menjaga kesehatan selama berpuasa.
Kesimpulan
Dari rangkuman Compas.co.id dalam kategori Minuman periode ramadan, maka disimpulkan bahwa kategori Kopi menjadi raja minuman selama ramadan dengan market share tertinggi, yaitu 33.1%. Hal ini menunjukkan tren Kopi yang semakin populer di Indonesia, serta kemudahan akses terhadap kopi dalam berbagai bentuk, sedangkan pada kategori Teh dan Jus Sirup menempati posisi setelah Kopi dan meraih market share 18,1% dan 15,5% di e-commerce.