Analisis Penjualan Facetology Selama Kampanye Shopee Double Date: Pelajaran Berharga bagi Para Pelaku Bisnis di Beauty Industry
Author: Nabila Suci Andini
Compas.co.id – Dunia e-commerce saat ini diwarnai dengan berbagai kampanye promosi besar yang diadakan oleh platform-platform online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Salah satu kampanye yang cukup populer adalah Shopee Double Date, dimana biasanya diadakan setiap satu kali dalam sebulan, seperti 1.1, 2.2, 3.3, 4.4, dan seterusnya. Kampanye ini menawarkan berbagai diskon dan promo menarik bagi para pembeli, sehingga menjadi momen yang tepat bagi para bisnis maupun pelaku usaha di toko online untuk meningkatkan penjualan mereka.
Analisis Penjualan Facetology Official Shop
Facetology Official Shop, sebuah toko online milik brand Facetology yang menjual produk kecantikan dan perawatan wajah. Facetology Official Shop merupakan salah satu toko yang berhasil memanfaatkan momen Shopee Double Date untuk meningkatkan penjualan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Compas Market Insight Dashboard mengenai performa Facetology Official Shop selama momen double date menunjukkan adanya peningkatan penjualan yang signifikan.
Grafik di atas menunjukkan nilai penjualan yang berhasil didapat oleh Facetology dari periode Juli tahun 2023 hingga periode Maret tahun 2024. Nilai penjualan pada “Normal Day” paling tinggi terjadi di bulan September dan November 2023, dimana nilai penjualan yang diraih hampir mencapai Rp 400 juta, sedangkan pada momen “Double Date” cenderung naik secara signifikan dan kenaikan tertinggi terjadi pada bulan November 2023, peningkatan terjadi sampai dengan 65% atau hampir mencapai Rp700 juta.
Faktor-Faktor Keberhasilan Facetology Memenangkan Momen Double Date
Faktor-faktor yang mendorong peningkatan penjualan Facetology Official Shop selama kampanye Shopee Double Date, antara lain:
1. Kampanye yang Menarik:
Facetology sempat melakukan kampanye yang menarik, yakni kampanye amal dengan hastag #ceasefirenow. Kampenye ini dilakukan untuk mendorong pembelian sebelum momen double date 11.11 berlangsung. Setiap pelanggan yang membeli 1 pcs produk Facetology, maka pelanggan tersebut telah menyumbang sebesar 30.000 rupiah. Dampaknya, Facetology berhasil menjual 1000+ pcs produk hanya dalam waktu 2 jam. Kampanye amal untuk Palestine ini juga turut membantu meningkatkan brand awareness di masyarakat, sehingga penjualan di momen double date 11.11 pun mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Penawaran dan Diskon Promosi:
Kampanye Shopee Double Date biasanya menampilkan voucher toko, diskon platform, dan flash deal. Penawaran promosi ini kemungkinan besar menarik pelanggan untuk membeli dari Facetology dengan harga yang lebih murah. Berdasarkan hasil penelusuran tim Compas.co.id, Facetology juga memberikan diskon up to 50% yang berlaku selama periode double date. Hasilnya Facetology berhasil mencapai keuntungan tertinggi di bulan November selama tahun 2023.
3. Pemilihan Produk yang Strategis:
Facetology secara strategis telah memilih produk-produk yang banyak diminati untuk ditampilkan selama kampanye. Hal ini dapat lebih meningkatkan penjualan dengan memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan.
Kesimpulan
Pengalaman dan kesuksesan yang diraih oleh Facetology selama kampanye Shopee Double Date menunjukkan bahwa partisipasi dalam event penjualan dapat menjadi alat yang ampuh untuk mendorong pertumbuhan penjualan di industri e-commerce. Dengan memahami faktor-faktor yang berkontribusi pada kesuksesan dan peningkatan penjualan, serta mampu memahami dan membuat keputusan yang didorong oleh data, maka para pelaku usaha tentu saja dapat memposisikan bisnis mereka untuk berkembang di lanskap ritel online yang kompetitif.