makeup remover terlaris

Top 10 Brand Makeup Remover Terlaris di Shopee dan Tokopedia: 4 Diantaranya Lokal!

Author: Farah Ramadhani

Keputusan pemerintah untuk membatasi pergerakan masyarakat membuat banyak orang sadar akan pentingnya kesehatan kulit. Bahkan, muncul tren baru di era pandemi yang membuat penjualan kategori pelembab wajah, suncreen, dan makeup remover terlaris di e-commerce.

Tren kecantikan yang populer di awal 2021 ini disebut skinimalism. Inti dari tren ini adalah menampilkan kulit wajah yang sehat dan glowing dengan menggunakan produk seminimal mungkin.

Karena itu, produk makup remover menjadi salah satu kategori yang memiliki total penjualan cukup besar di Shopee dan Tokopedia, yaitu Rp5.5 miliar dengan kurang lebih 141 ribu produk terjual selama 1-15 Agustus 2021.

Kira-kira, dalam kategori ini brand lokal mampu bersaing dengan merek asing terkenal lain tidak ya? Simak rangkuman hasil riset tim Compas terhadap top brand makeup remover di Shopee dan Tokopedia periode 1-15 Agustus 2021 di bawah ini.

Top Brand Makeup Remover Terlaris di Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 Agustus 2021

top brand makeup remover terlaris

Seperti yang disebutkan di atas, penjualan kategori makeup remover meraih total produk terjual dan revenue yang cukup besar pada periode ini. Ternyata, 4 brand lokal berhasil masuk ke daftar 10 terlaris. Cek data selengkapnya di sini, ya!

1. Garnier

Brand asal Prancis, Garnier, memimpin penjualan kategori makeup remover atau pembersih makeup dengan market share yang sangat besar dibanding kompetitornya, yaitu 46.9%. Salah satu produknya, micellar water, memang sudah menerima respon yang sangat baik dari masyarakat Indonesia sejak launching pertamanya di tahun 2016.

Saat pertama dikenalkan di Indonesia, micellar water dari Garnier hanya memiliki 2 jenis, yaitu pink untuk kulit kering-normal dan biru untuk kulit normal-berminyak. Namun, sekarang Garnier sudah menambah variasi produknya, yaitu Micellar Cleansing Water – Rose, Micelar Water Vitamin C, dan Micellar Oil-Infused Cleansing Water.

2. Bioderma

Masih brand asal Perancis, Bioderma menyusul dengan market share sebesar 6.2%. Ada dua jenis makeup remover Bioderma dengan varian sesuai jenis kulit, yaitu micellar water dan cleansing gel.

Kedua produk tersebut memiliki varian sesuai kondisi kulit konsumen. Misalnya, micellar water Bioderma ada 3 varian, yaitu Sensibio H2O Micellar Water untuk kulit sensitif, kulit berminyak dan berjerawat, serta untuk kulit dehidrasi.

3. Wardah

Akhirnya, brand lokal mulai masuk ke daftar makeup remover terlaris periode ini. Wardah menduduki posisi ketiga dengan 5.4% market share. Dilansir dari situs resminya, Wardah memiliki seri cleanser dan micellar water.

Terdapat 3 varian produk micellar water Wardah, yaitu Lightening Oil-Infused Micellar Water, Nature Daily Seaweed Micellar Water, dan Perfect Bright Micellar Water. Sedangkan, produk cleansernya antara lain: Nature Daily Seaweed Balancing Cleanser, White Secret Pure Whitening Cleanser, dan Acnderm Pore Blackhead Balm

4. Nivea

Peringkat selanjutnya diduduki oleh brand asal Jerman, Nivea, dengan market share 4.4%. Nivea memiliki visi untuk menyediakan perawatan kulit bagi semua rentang usia, jenis kulit, dan lintas gender.

Seperti brand-brand sebelumnya, Nivea juga memiliki produk micellar water diantara rangkaian pembersih makeupnya. Produk makeup remover Nivea antara lain Double Effect Eye Makeup Remover, Micellair, Hydrating Oil Cleanser, dan Makeup Cleansing Milk & Toner. 

5. Dear Me Beauty

Brand lokal kembali masuk ke daftar makeup remover terlaris. Kali ini, Dear Me Beauty berada di posisi kelima dengan 2.4% market share. Merek Lokal ini awalnya memang hanya memproduksi kosmetik, namun Dear Me Beauty mulai memasuki pasar skincare di tahun 2021.

Walaupun baru memiliki 1 produk pembersih makeup, Dear Me Beauty sudah berhasil masuk ke top 10 brand terlaris. 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm adalah produk andalan Dear Me Beauty dengan teknologi balm-to-liquid cleanser.

6. Biore

Berdiri di bawah naungan Kao, perusahaan asal Jepang, Biore menyediakan berbagai produk perawatan diri. Di kategori pembersih makeup, Biore berhasil mendapat market share sebesar 2.2% yang membuatnya menduduki peringkat keenam produk terlaris.

Dilansir dari situs resmi Kao Indonesia, Biore memiliki 4 jenis pembersih makeup. Varian makeup remover Biore tersebut antara lain: 3 in 1 Fresh Cleanser, Perfect Cleansing Water, Perfect Cleansing Oil, dan Cleansing Oil Sheets

7. Ms Glow

MS Glow menjadi brand lokal berikutnya yang bersaing di daftar pembersih makeup terlaris. Dengan market share sebesar 2.2%, MS Glow menduduki posisi ketujuh untuk penjualan di Shopee dan Tokopedia.

Dilansir dari toko resmi MS Glow di Shopee, produk pembersih makeup milik brand lokal ini ada 3, yaitu Toner Glow & Acne, Deep Treatment Essence, dan Balm Juice. Produk cleansing balmnya diklaim dapat membantu membersihkan kulit wajah dari kotoran dan makeup serta membuatnya tetap lembab.

8. Clorismen

Masih brand lokal, Clorismen menyusul di peringkat kedelapan dengan market share sebesar 2.0%. Merupakan brand skincare pria, Clorismen hanya menggunakan bahan alami dan natural untuk produk-produknya.

Walaupun brand perawatan pria, Clorismen juga memiliki produk pembersih wajah yang dapat dengan efektif menghapus makeup pula. Produk tersebut adalah Cloris Men Ultimate Clean Wipes yang berbentuk tisu basah dengan kandungan vitamin E dan aloe vera untuk tetap menjaga kelembaban kulit.

9. Laneige

Brand asal Korea Selatan, Laneige, menduduki peringkat kesembilan pembersih makeup terlaris dengan 2.0% market share. Perusahaan asal negeri gingseng ini baru masuk ke pasar beauty and care Indonesia pada tahun 2018 silam.

Tersedia 5 jenis makeup remover di toko Shopee resmi milik Laneige. Produk-produk tersebut adalah Lip & Eye Remover Waterproof, Perfect Pore Cleansing Oil, Fresh Brightening Cleansing Oil, Vitamin Brightening Cleansing Water, dan Perfect Makeup Cleansing Water.

10. Pond’s

Akhirnya, daftar brand makeup remover terlaris ditutup oleh Pond’s, brand asal Amerika, dengan 2.0% market share. Merek asing ini sudah cukup lama masuk ke pasar kecantikan Indonesia, yaitu sejak tahun 1990.

Di toko resmi Shopeenya, Pond’s memiliki 3 jenis pembersih makeup. Produk-produknya antara lain: Cleansing Balm, Shake & Clean, dan Vitamin Micellar Water. Produk micellar water milik Pond’s ini memiliki 3 varian untuk berbagai jenis kulit, yaitu hydrating, brightening, waterproof remover, dan anti-pollution.

 

Walaupun masih didominasi brand asing, merek lokal sudah mampu bersaing di daftar makeup remover terlaris dengan market share yang cukup besar pula. Beberapa diantaranya bahkan baru memiliki satu produk saja.

Data di atas merupakan hasil riset internal tim Compas pada kurang lebih 18 ribu listing produk kategori pembersih makeup di Shopee dan Tokopedia. Metode yang digunakan adalah online crawling untuk penjualan di periode 1-15 Agustus 2021.

Ingin mengakses data penjualan produk kecantikan di Shopee dan Tokopedia terlaris secara lengkap? Compas Dashboard dapat memberikan solusi untuk level-up strategi penjualan brand Anda!

Data yang disediakan Compas Dashboard mudah diakses dan dipahami. Anda juga dapat mengatur sendiri kategori produk pilihan beserta periode waktunya. Data yang bisa Anda dapatkan melalui produk Compas ini antara lain data kompetitor terkait penjual terlaris, produk terlaris, market share, total penjualan dan jumlah produk terjual.

Selain itu, Anda juga bisa melihat posisi brand di kategori dan periode waktu tertentu. Tertarik mencobanya? Hubungi kami melalui link ini atau follow Instagram dan DM Compas di link ini, ya!

 


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us