E-commerce Insight 11.11

Dominasi Harbolnas 12-12 dengan e-Commerce Insight 11-11

Memasuki tahun yang berbeda karena dilanda pandemi Covid-19, membuat Indonesia memasuki masa resesi ekonomi pertama sejak 22 tahun terakhir, tidak membuat animo masyarakat terhenti dalam transaksi di festival belanja 11.11 di marketplace.

Hal tersebut diperkuat dengan data dari jurnal “Shopee 11.11: Trending Fashion Products in Southeast Asia” milik Omnilytics yang memaparkan data bahwa sejak hari pertama 11 November 2020 Shopee mengalami peningkatan transaksi sampai dengan 161% dibandingkan pendahulunya 10.10 dan 9.9.

Peningkatan nilai transaksi ini dipicu oleh diskon kolaborasi brand dengan marketplace yang lebih besar dibandingkan festival belanja pendahulunya. Jika data di atas hanya berfokus pada kategori brand Fashion saja maka bagaimana dengan kategori brand Mom & Baby? Mari kita telusuri lebih dalam!

Berdasarkan data insight Compas.co.id, peningkatan konsumen dari 10.10 dibandingkan 11.11 khususnya kategori Susu mengalami peningkatan sebesar 10.02%, Popok 35%, Kebutuhan Bayi (Baby Needs) 14%, dan Perlengkapan Bayi (Baby Gears) 74%. Apakah cukup sampai pada animo konsumen saja untuk mendominasi Harbolnas 12-12? Tidak! Brand kamu perlu lebih detail lagi. Mari bedah berdasarkan SKU dan teknik pemasarannya!

Queen of Baby Milk in 11.11!

penjualan susu bayi terbaik

Dilansir dari Tribunnews pada Shopee Brand Sale 9.9, perlengkapan bayi dan susu merupakan salah satu produk yang paling diburu. Bahkan, salah satu brand popok dari Jepang mencatatkan hingga 3.900 transaksi hanya dalam satu periode tersebut. Meningkatnya jumlah konsumen tersebut diperkuat dengan data terkini dari Compas.co.id yang menunjukkan bahwa banyak brand yang mengalami lonjakan transaksi pada tanggal 11 November 2020, dengan urutan sebagai berikut:

  1. Bebelac: 35.38%
  2. SGM: 22.56%
  3. Enfa A+: 13.03%
  4. Wyeth Nutrition S-26: 9.44%
  5. Morinaga (Chil): 9.44%
  6. Nutrilon: 6.15%
  7. Frisian Flag: 4.00%

Insight di atas menunjukan bahwa setiap tahun produk kategori susu terus meningkat. Hal ini harus dipantau terus oleh sebuah brand agar tau posisi pada saat momentum campaign dan tentu menjadi bahan pembelajaran agar bisa menguasai pada saat Harbolnas 12.12! Lantas dimana posisi brand-mu saat ini dibandingkan kompetitor? Ketahui posisi brand-mu di Compas.co.id!

Baca juga: Top 5 Penjualan Alat Kebutuhan Bayi di Marketplace

Juara Baby Needs 11.11!

Produk Baby Needs paling dicari 11.11

Kalau sudah bicara susu formula, maka tak akan lepas dari kebutuhan primerlainnya, yaitu kategori Baby Needs, terutama kebersihan atau Budaya PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) di lingkungan bayi dan balita yang harus diperhatikan di era Covid-19, maka pada momen 11.11 ini salah satu brand, Zwitsal, mendominasi transaksi di marketplace sebesar 48% lalu disusul dengan Tresno Joyo, dan Sebamed berikut urutannya:

  1. Zwitsal 48%
  2. Tresno Joyo: 14.68%
  3. Sebamed: 10.49%
  4. My Baby: 9.82%
  5. Bebe Roosie: 6.10%
  6. Pigeon: 6.01%
  7. Mustela: 3.43%
  8. Johnsons: 0.67%
  9. Cetaphil: 0.19%
  10. Konicare: 0.10%

Apakah brand dari kategori Baby Needs milikmu masuk 10 kategori besar? Untuk terus memantau laju kompetitor agar bisa menciptakan taktik dalam memenangkan momentum campaign seperti 12.12, perlu banyak Gain Insight yang harus brand perhatikan.

Brand Popok Terbaik di 11.11

Popok paling laris di 11.11

Dengan tagline “Tak Ada Bocor”, MamyPoko Pants justru berhasil disalip oleh produsen serupa, Sweety, dengan meraih total transaksi sebesar 41% selama periode 11.11 dengan urutan di bawah ini:

  1. Sweety 41.42%
  2. Goon: 21.24%
  3. MamyPoko: 21.24%
  4. Baby Happy: 8.71%
  5. Merries:  7.39%

Hal yang tak terduga memang bisa terjadi jika brand-mu tidak dipantau. oleh karena itu, insight dan positioning perlu diperhatikan untuk melakukan pemasaran di marketplace. Lalu apa yang harus dilakukan brand jika sudah mengetahui insight? Yuk,  lanjut ke poin penting!

Memahami Posisi Brand dengan Data

Memahami posisi brand dengan data

Data insight yang disajikan saat ini tidak hanya berguna untuk wawasan sebuah brand saja, namun lebih dari itu. Jika sebuah insight berupa Market Share, Top SKU, Top Brand, dan Top Selling yang lengkap dan real time, maka dengan mudah sebuah brand bisa melacak dan memperhatikan laju gerak brand mereka sendiri dan memantau kompetitor sehingga mendapatkan gambaran yang tepat dalam pengambilan keputusan.

Fitur-fitur insight di atas sudah bisa dinikmati brand melalui Compas.co.id. Kalau sekarang brand-mu sedang tersesat dan tidak tahu posisinya di e-Commerce, maka Compas siap memberikan insight untuk menjadi parameter arahan brand-mu di marketplace.

Memahami Metrics Brand di Marketplace

Market Share: Sebagai brand, merupakan sebuah kewajiban untuk mampu menghitung seluruh market share product di pasar dan salah satunya di Marketplace. Market share adalah total penjualan produk dari sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu dibandingkan dengan total penjualan produk tersebut di seluruh marketplace.

Brand Positions: Brand di marketplace sudah banyak bertebaran jadi sebagai perusahaan perlu mengetahui posisi brand di marketplace sehingga dari posisi tersebut kamu bisa mengukur strategi dan rancangan campaign untuk bisa mendapat kredibilitas di Marketplace.

Mau brand-mu terus mendapatkan insight update dan menguasai pasar hanya dengan dashboard insight? Yuk hubungi tim Compas di https://compas.co.id/contact-us/

These data are provided by Compas.co.id, click here for more experience. 

Metodologi riset: Tim Riset Compas melacak data harga, penjualan, dan transaksi belanja online di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak terhadap categori diatas. Data sampel diambil berdasarkan periode 1-30 September 2020 melalui dashboard Compas.


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us