Data Penjualan Tokopedia Periode Maret—Mei 2022

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Bicara soal Iptek, Indonesia tentu berada di jajaran atas dengan jumlah pengguna internet sebesar 30% dari total penduduk. Artinya, dengan kisaran penduduk yang berjumlah 250 juta jiwa, 75 ribu orang diantaranya sudah “melek” internet.

Banyaknya penduduk yang telah mengadopsi Iptek tak ayal menjadikan Indonesia sebagai salah satu “ladang emas” terbesar untuk menggarap bisnis baru yang berbasis internet, salah satunya adalah e-commerce merupakan salah satunya.

Hal ini dibuktikan dengan masuknya berbagai perusahaan e-commerce asing ke Indonesia, seperti Amazon, AliBaba hingga Shopee. Tak mau ketinggalan, anak bangsa pun turut meramaikan ladang bisnis online ini. Salah satu perusahaan e-Commerce lokal yang berada di level unicorn adalah Tokopedia.

 

Tokopedia sebagai Pelopor e-Commerce Lokal di Indonesia

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai data penjualan Tokopedia, ada baiknya jika Anda kenal lebih dekat dengan perusahaan internet lokal yang satu ini.

Tokopedia adalah salah satu “mall” belanja berkonsep dan berbasis online yang memungkinkan konsumen dan pebisnis di untuk bertemu hingga melakukan transaksi jual-beli secara virtual. 

Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2009 memiliki kantor pusat yang bertempat di Jakarta. Kini, cakupan Tokopedia sudah semakin besar dengan status startup unicorn dan keputusan bergabung bersama Gojek hingga membentuk merger GoTo serta masuk IPO.

Dengan segudang prestasi dan kebekenannya, tak heran Tokopedia disebut-sebut sebagai e-commerce leading asli Indonesia.

Lantas, sebagai local e-Commerce leader, apakah Tokopedia bisa menjadi wadah bisnis online yang menjanjikan? Untuk menjawabnya, mari intip data penjualan Tokopedia selama kuartal Maret—Mei 2022!

 

Kategori Kecantikan

data penjualan tokopedia kategori kecantikan

Produk kecantikan di Tokopedia yang berhasil mendulang skor penjualan tercantik adalah perawatan wajah dengan kontribusi market share di angka 28.3%.

Sementara itu, untuk sub kategorinya, produk parfum dan wewangian mendulang market share paling ciamik di kuartal ini dengan perolehan sebesar 10.2%. Di urutan kedua dan ketiga, menyusul produk paket kecantikan dan serum wajah.

“Ingin mengakses data penjualan kompetitormu lebih lengkap? Book Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!”

 

Kategori Kesehatan

data penjualan tokopedia kategori kesehatan

Dibanding periode sebelumnya, kategori kesehatan di Tokopedia mengalami kenaikan sales revenue sebesar 5.4%. Sementara itu, sales quantity-nya turun sebanyak 15.2% di kuartal ini.

Adapun kategori yang jadi juara produk kesehatan adalah suplemen makanan yang memegang porsi market share lebih dari setengahnya, yakni di angka 54.2%.

Lebih lanjut, sub kategori kesejahteraan jadi produk dengan kontribusi terbesar di kategori kesehatan dengan angka market share 24.7%.

“Ingin mengakses data penjualan kompetitormu lebih lengkap? Book Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!”

 

Kategori Makanan dan Minuman

data penjualan tokopedia kategori makanan dan minuman

Dari sisi revenue dan sales quantity-nya , kategori makanan dan minuman di Tokopedia mengalami penurunan masing-masing sebanyak 33.3% dan 31.0% dibanding kuartal sebelumnya.

Bahan Pokok menjadi salah satu produk makanan dan minuman dengan sumbangan market share terbesar, yakni sebanyak 25.4%. Untuk sub kategorinya, warga Tokopedia tampak “doyan” kopi. Terbukti, market share yang mencapai 6%.

 

Kategori Ibu dan Bayi

data penjualan tokopedia kategori ibu dan bayi

Kategori ibu dan bayi mengalami kenaikan revenue dibanding kuartal sebelumnya dengan kenaikan sebesar 7.6%. Hal ini berbanding terbalik dengan Shopee yang mengalami penurunan sales revenue di kuartal ini.

Untuk kategorinya, produk Susu Formula & Makanan Bayi jadi yang paling berkontribusi besar terhadap market share dengan sumbangan sebesar 25.2%. Sedangkan untuk sub kategorinya, Susu Formula jadi pemenang market share dengan porsi serupa, yakni sebesar 25.2%.

 

Kesimpulan: Tren Penjualan di Tokopedia

Berbeda dengan Shopee yang menjagokan produk kecantikan, dari data penjualan Tokopedia di kuartal Maret—Mei 2022, e-commerce leader yang satu ini terlihat lebih jago di kategori kesehatan, terlebih suplemen makanan berhasil berkontribusi sebesar lebih dari 50% dari total market share, tepatnya di angka 54.2%.

“Ingin mengakses data penjualan kompetitormu lebih lengkap? Book Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!”

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment


Pastikan e-mail yang tertulis benar dan aktif karena kami akan mengirimkan Compas Market Insight ke e-mail tersebut.



Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.