Data Penjualan Shopee Periode April—Juni 2022

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Pesatnya perkembangan Iptek telah membawa pengaruh baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Indonesia sendiri telah menempati peringkat yang tinggi dengan jumlah pengguna internet terbesar sekitar 30% dari total penduduk Indonesia.

Pesatnya pertumbuhan ini tak ayal jadi “ladang emas” bagi kemunculan lahan-lahan bisnis baru yang inovatif. E-commerce merupakan salah satunya.

Dulu, ketika ingin berbelanja barang yang diinginkan, kemungkinan besar Anda akan mendatangi pedagang yang menjajakan barang tersebut, lantas Anda harus memilih, berebut, dan mengantri panjang untuk membayar barang belanjaan.

Namun, dengan adanya terobosan baru yang disebut “e-commerce”,  kini Anda tak perlu lagi bersusah payah karena seluruh transaksi bisa dilakukan secara online: di mana saja dan kapan saja asal punya koneksi memadai.

 

Shopee sebagai Pioneer e-Commerce di Asia

Shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak di bidang jual beli secara online. Melalui aplikasi ini, Anda dimungkinkan untuk berbelanja dengan praktis karena hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet.

Shopee hadir dalam bentuk aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan berbelanja secara online tanpa harus ribet menggunakan perangkat komputer. Cukup menggunakan smartphone, Anda bisa berbelanja berbagai macam produk di Shopee, mulai dari kecantikan, kesehatan, makanan dan minuman hingga ibu dan bayi.

Sebagai pioneer e-commerce di Asia, bagaimana data penjualan Shopee di kuartal kedua tahun 2022? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

 

Kategori Kecantikan

data penjualan shopee kategori kecantikan

Di e-commerce Shopee, kategori kecantikan mengalami kenaikan— baik revenue maupun penjualan dengan peningkatan masing-masing sebesar 5.1% dan 11.3% pada periode April—Juni 2022 dibanding periode sebelumnya. 

Perawatan wajah mendominasi kategori kecantikan dengan angka market share sebesar 42.9%. Sub kategori perawatan wajah yang mendominasi pasar Shopee adalah serum wajah dengan porsi market share terbesar di perawatan wajah, yakni berada di angka 59.9%.

“Ingin mengakses data penjualan kompetitormu lebih lengkap? Book Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!”

 

Kategori Kesehatan

data penjualan shopee kategori kesehatan

Lain halnya dengan produk kecantikan yang mengalami pertumbuhan pesat, kategori kesehatan justru sebaliknya. Sangat disayangkan, produk-produk kesehatan mengalami penurunan dibanding periode sebelumnya, baik itu secara penjualan maupun revenue

Meskipun demikian, kategori suplemen makanan secara konsisten memiliki kontribusi terbesar terhadap keseluruhan revenue produk kesehatan yang ada di Shopee, dengan subkategori tertingginya yaitu kesejahteraan yang mengambil porsi market share di angka 21.4%.

 

Kategori Makanan dan Minuman

data penjualan shopee kategori makanan dan minuman

Senada dengan kategori kecantikan, produk makanan dan minuman mengalami kenaikan dari sisi revenue di Shopee. Meski demikian, agak disayangkan mengingat kategori ini mengalami penurunan dari sisi penjualan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Adapun produk yang berkontribusi besar dalam keseluruhan revenue “makanan dan minuman” di Shopee adalah subkategori makanan ringan yang “melahap” angka market share sebanyak 20.2%.

“Ingin mengakses data penjualan kompetitormu lebih lengkap? Book Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!”

 

Kategori Ibu dan Bayi

data penjualan shopee kategori ibu dan bayi

Berpikir tentang produk ibu dan bayi, dua hal yang pasti terlintas dalam kepala dan identik dengan bayi, tak lain adalah susu formula dan popok sekali pakai!

Produk yang mengambil porsi terbesar dalam market share kategori ibu dan bayi adalah susu formula & makanan bayi dengan perolehan sebesar 18.2%. Sementara itu, untuk sub kategorinya, popok sekali pakai jadi yang terbesar dengan kontribusi market share di angka 14.4%.

Dibandingkan periode sebelumnya, kategori ibu dan bayi mengalami penurunan, baik secara revenue maupun penjualan di Shopee.

 

Kesimpulan: Tren Penjualan di Shopee

Berdasarkan data penjualan Shopee yang diperoleh Tim Internal Compas selama kuartal II 2022, dapat disimpulkan bahwa produk kecantikan mendulang pertumbuhan sales dan revenue terbesar. Bisa dibilang, Shopee merupakan salah satu e-commerce yang menjadi “surga” para beauty brands dalam menjajakan produk secara online.

“Ingin mengakses data penjualan kompetitormu lebih lengkap? Book Demo Compas Dashboard DI SINI sekarang juga!”

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment


Pastikan e-mail yang tertulis benar dan aktif karena kami akan mengirimkan Compas Market Insight ke e-mail tersebut.



Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.