Nilai Penjualan Produk FMCG di E-commerce Selama Ramadan 2023 Meningkat Rp800 Miliar!

Terungkap Data Penjualan E-commerce Sepanjang Ramadan 2023: Meningkat Rp800 Miliar!

Author: Irene Yustika Lintin

Data Penjualan E-commerce di Ramadan 2023 Meningkat Rp800 Miliar!

Compas.co.id – Bulan suci Ramadan, yang dikenal sebagai waktu introspeksi dan ibadah, juga membawa perubahan signifikan dalam perilaku konsumen Indonesia. Perubahan ini tidak hanya terlihat dari sisi spiritualitas, tetapi juga dalam aspek-aspek praktis kehidupan sehari-hari, khususnya dalam pola konsumsi dan kebiasaan belanja.

Dalam beberapa tahun terakhir, pergeseran ini telah semakin dipercepat dengan munculnya e-commerce yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja, yang menjadi sangat berharga selama bulan yang penuh kesibukan ini, tak terkecuali Ramadan 2023 lalu. 

E-commerce telah menjadi andalan bagi banyak individu yang ingin mengoptimalkan waktu mereka selama Ramadan, memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada kegiatan keagamaan dan bersosialisasi dengan keluarga dan teman. E-commerce telah beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan beragam produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG), termasuk kategori produk Kecantikan & Perawatan, Makanan & Minuman, Kesehatan, dan Ibu & Bayi. Kategori ini mencerminkan kebutuhan sehari-hari yang berfluktuasi dengan dinamika bulan Ramadan, di mana kebutuhan akan produk tertentu meningkat secara signifikan.

Survei yang dijalankan oleh Snapcart Indonesia menyoroti empat faktor utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih platform e-commerce selama Ramadan.

Faktor pertama adalah penyediaan layanan pengiriman gratis atau ‘Gratis Ongkir,’ yang menurunkan hambatan finansial untuk berbelanja online dan membuatnya lebih terjangkau bagi sebagian besar konsumen. Opsi kedua, yang tak kalah penting, adalah kemudahan ‘Menyediakan Pembayaran COD yang memberikan rasa keamanan bagi mereka yang enggan menggunakan metode pembayaran online. Ketiga, ‘Program Ramadan yang Menarik’ sering kali menjadi daya tarik bagi pelanggan, dengan promosi khusus dan diskon yang dirancang untuk menarik perhatian dan mendorong pembelian. Terakhir, ‘Keseruan Livestream dengan penjual’ menghadirkan elemen interaktivitas dan personalisasi, yang memperkaya pengalaman berbelanja online dengan memberikan kesempatan kepada konsumen untuk terlibat langsung dengan penjual dan produk yang mereka minati.

Sebagai #1 Indonesia E-commerce Market Insight, Compas.co.id menganalisis data penjualan kategori produk FMCG selama bulan Festive Ramadan 2023 untuk membantu para pelaku bisnis mempersiapkan strategi penjualan di Ramadan 2024 yang jatuh pada bulan April 2024. Riset dilakukan melalui metode online crawling di Official Store & Nonofficial Store di Shopee, Tokopedia, dan Blibli selama 20 Februari hingga 22 April 2023. Riset dilakukan terhadap 154 subkategori FMCG, 29.388 brand, dan 3,539,366 product listings. 

Dalam pantauan Compas Dashboard pada periode Ramadan (23 Maret-22 April 2023), nilai penjualan kategori produk FMCG meningkat sebesar 19% atau meningkat sebesar Rp800 Miliar dibandingkan sebelum Ramadan. Berbanding lurus dengan jumlah total transaksi yang juga meningkat sebesar 14% atau meningkat 16 juta produk. Hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat terhadap penjualan produk FMCG di e-commerce selama Ramadan 2023 lalu. 

Data Penjualan Ramadan: Shopee jadi e-commerce pilihan selama Ramadan dengan nilai penjualan Rp3.4 Triliun.

Data Penjualan: Shopee jadi e-commerce pilihan selama Ramadan dengan nilai penjualan Rp3.4 Triliun.

Compas.co.id menganalisis performa penjualan kategori produk FMCG di 3 e-commerce besar di Indonesia yaitu Shopee, Tokopedia, dan Blibli. Shopee menjadi e-commerce dengan nilai penjualan tertinggi sebesar Rp3.4 Triliun dan meningkat 17% dibandingkan periode sebelum Ramadan 2023. Di samping itu, Blibli sukses alami pertumbuhan nilai penjualan yang lebih tinggi dibandingkan Shopee & Tokopedia, karena sukses alami pertumbuhan sebesar 41%, diikuti oleh Tokopedia dengan pertumbuhan sebesar 23%. Lalu bagaimana dengan pertumbuhan jumlah transaksi kategori produk FMCG di Shopee, Tokopedia, dan Blibli? Baca report selengkapnya di sini

Data Penjualan Ramadan: Kategori FMCG Apa yang Alami Pertumbuhan Penjualan Tertinggi?

Selain memantau pertumbuhan nilai penjualan dan jumlah transaksi kategori FMCG secara keseluruhan, report ini juga membahas top category products dan top brand di 4 kategori utama FMCG seperti Perawatan Kecantikan, Makanan & Minuman, Kesehatan, serta Ibu & Bayi. 

Dalam pantauan Compas.co.id, kategori produk Perawatan Kecantikan dengan jumlah total transaksi tertinggi mencapai 5.8 Juta produk terjual dan alami sales growth 21.1% selama Ramadan 2023. Kemudian kategori produk Makanan & Minuman dengan jumlah total transaksi tertinggi mencapai 4.7 Juta produk terjual dan alami sales growth 6.7%. Lalu untuk kategori produk Kesehatan dengan jumlah total transaksi tertinggi mencapai 2.7 Juta produk terjual dan alami sales growth 0.87%. Terakhir, kategori produk Ibu & Bayi dengan jumlah total transaksi tertinggi mencapai 1.7 Juta produk terjual. 

Siapa top brand di tiap kategori tersebut? Compas telah menganalisa dan merangkumnya dalam Compas Market Insight: Festive Ramadan FMCG E-commerce Report 2023 untuk bantu pelaku bisnis FMCG mempersiapkan diri menuju Ramadan 2024. Dapatkan reportnya di sini

Kesimpulan

Ramadan identik dengan momentum perubahan, tidak hanya secara spiritual, namun juga dalam pola konsumsi dan belanja individu E-commerce menjadi pilihan utama karena kemudahannya dalam memenuhi kebutuhan konsumen atas produk FMCG di bulan Ramadan. Analisa Compas.co.id yang tertuang dalam Compas Market Insight: Festive Ramadan FMCG E-commerce Report 2023 menunjukkan nilai penjualan produk FMCG di Ramadan 2023 meningkat 19% atau setara dengan  Rp800 Miliar! Adapun Shopee menjadi e-commerce dengan nilai penjualan tertinggi dibandingkan Tokopedia dan Blibli dengan total nilai penjualan Rp3.4 Triliun. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.