Data Penjualan Brand Viral The Originote & Oatside

Compas.co.id Bedah Data Brand Viral: The Originote & Oatside dalam Markplus Conference 2024

Compas.co.id Bedah Data Brand Viral: The Originote & Oatside dalam Markplus Conference 2024

Author: Irene Yustika Lintin

Kolaborasi Compas.co.id bersama Markplus Indonesia

Compas.co.id – Dalam rangka kolaborasi bersama Markplus Inc, Compas.co.id berpartisipasi dalam konferensi marketing bergengsi di Asia, Markplus Conference 2024 di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta (7/12/2023). Mengusung tema “Unstoppable Future”, MarkPlus Conference 2024 bertujuan mengajak para marketeer dan pebisnis bergerak menuju pemasaran masa depan berkelanjutan.

MarkPlus Conference 2024 menghadirkan lebih dari 36 pembicara dari berbagai perusahaan ternama. Sebagai #1 E-commerce Market Insight for FMCG Brands in Indonesia, Compas.co.id berkesempatan menjadi panelis dalam sesi “Brands Going Viral” yang dibawakan oleh CEO & Co-founder Compas.co.id, Hanindia Narendrata. Sesi “Brands Going Viral” berlangsung di Ballroom 3B: Heart Two bersama 2 panelis lainnya yaitu Gilang Herlambang, Associate Strategic Planning Director Dentsu Creative Indonesia serta Masany Audri, Direktur DBL Indonesia. 

Dalam sesi tersebut, Hanindia Narendrata CEO & Co-founder Compas.co.id berbagi data & insight untuk pelaku bisnis Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dengan topik “Sustain The Viral Business Through E-Commerce. 38% brand gagal meningkatkan penjualannya setelah viral*, itu yang diungkapkan Hanindia Narendrata (Drata) untuk membuka presentasinya. Menurut analisa Compas.co.id, hal ini disebabkan brand-brand tersebut belum secara efektif memanfaatkan kanal digital sebagai wadah konversi penjualan. Padahal jika dilihat dari pangsa pasar dan pengguna, pasar E-Commerce khususnya di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) meningkat cukup pesat, dimana pada periode 2019-2022 penggunanya meningkat lebih dari 20 juta pengguna**.

Compas.co.id menilai masih banyak ruang yang dapat dimanfaatkan oleh brand dalam pasar FMCG di e-commerce. Data Compas.co.id menunjukkan, sejak Q1 2022-Q3 2023 kategori Perawatan Kecantikan mengalami peningkatan pangsa pasar dengan nilai rata-rata 3% per kuartal, yang disusul oleh kategori Makanan & Minuman dengan peningkatan rata-rata 0,3% di periode yang sama” terang Drata. 

Pada presentasi dan sesi tanya jawab yang berlangsung selama 30 menit, Drata juga membedah data ekslusif dari brand-brand yang viral di tahun 2023 dan berhasil alami konversi penjualan serta mempertahankan viral traffic-nya. 

The Originote Viral dan Alami Peningkatan Transaksi 6x Lipat

Brand viral yang dibahas pertama kali adalah The Originote, salah satu brand Perawatan Kecantikan yang berhasil duduk di peringkat atas berdasarkan Google Trends. Compas.co.id memantau penjualan The Originote di e-commerce yang berhasil mengalami peningkatan transaksi sebanyak 6x lipat pada periode Januari-November 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Setelah dianalisis lebih lanjut, salah satu faktor The Originote viral dan ramai diperbincangkan adalah produk Hyalucera Gel & Ceramide yang memberikan benefit dan mampu menarik minat skincare enthusiast di Indonesia. Data Compas menunjukkan produk Hyalucera Gel bahkan menjadi kontribusi terbesar untuk The Originote dengan menyumbang 638 ribu transaksi selama Januari-November 2023. 

Menariknya, produk dengan kandungan Hyalucera & Ceramide milik The Originote dijual dengan harga Rp42.000, dimana harga rata-rata dari kompetitor adalah Rp94.400 (rata-rata dengan produk yang sama dalam ukuran 50ml). Hal ini menjadi sorotan utama karena The Originote mampu menawarkan harga yang sangat kompetitif di pasar, sehingga per November 2023 The Originote menjadi market leader di kategori produk Pelembab Wajah dengan pangsa pasar 16% dalam pantauan Compas Dashboard. 

Setelah viral, apa yang dilakukan The Originote untuk mempertahankan traffic viralnya? The Originote menerapkan strategi peluncuran produk baru yang lebih niche untuk melengkapi produk sebelumnya pada Juni 2023, yaitu Pelembab Wajah dengan manfaat soothing yang dikhususkan untuk kulit sensitif. Melalui peluncuran produk baru tersebut, Compas Dashboard menunjukkan pada periode Juni-Juli 2023 The Originote mengalami peningkatan transaksi sebesar 49,3% dan terus meningkat secara perlahan di bulan-bulan berikutnya. 

Transaksi Susu Oatside di E-commerce Meningkat 96%

Selain The Originote, Compas.co.id juga membedah data & insight dari brand viral di kategori Makanan & Minuman, yaitu Oatside. Brand susu gandum ini berhasil menerapkan strategi marketing yang masif. Setelah viral di bulan Maret dan alami puncak viral di Juli 2023, Compas Dashboard menunjukkan Oatside alami peningkatan transaksi 3x lipat sepanjang Januari-November 2023. Adapun peningkatan transaksi tertinggi Oatside terjadi pada periode Juni-Juli 2023 dengan peningkatan sebesar 69%. Lebih spesifik lagi, transaksi produk Oatside ukuran 200ml meningkat 96%, dimana sebelumnya terjual 16 ribu, namun pada periode tersebut meningkat hingga lebih dari 30 ribu, dan secara konsisten terus meningkat tiap bulan hingga akhir tahun 2023. 

Apa yang dilakukan Oatside untuk mempertahankan traffic viralnya? Oatside secara konsisten berkolaborasi dengan brand kopi dan cemilan ternama sehingga mampu menyasar niche market dengan maksimal. Terbukti dalam pantauan Compas Dashboard, Oatside memimpin kategori produk Susu Gandum dengan pangsa pasar 91%. 

Hanindia Narendrata menyampaikan 3 hal yang wajib dimiliki oleh setiap pebisnis yang ingin bisnisnya viral dan melanjutkan traffic viral untuk meraih keuntungan:

  1. Memiliki produk yang kuat & varian yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
  2. Memantau secara real-time kondisi pasar dan kompetitor dengan data yang kredibel.
  3. Memelihara traffic viral dengan membuat action plan yang matang seperti menciptakan diversifikasi yang memanfaatkan gelombang viral. 

Menuju 2024, Compas.co.id berharap dapat membantu para marketer dan pelaku bisnis untuk semakin serius mengembangkan kanal e-commerce melalui peluncuran produk, live shopping, dan online activity lainnya agar tidak tertinggal dengan kompetitor. Terutama mengambil setiap keputusan bisnis berbasis data kredibel. Dapatkan Demo Compas Market Insight Dashboard di sini

*Menurut riset Hubspot terhadap 1.000 brand yang mengalami viral dalam kurun waktu 5 tahun terakhir 

**Menurut riset We Are Social 2019-2022

Kesimpulan

Compas.co.id berpartisipasi dalam Markplus Conference 2024 di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta (7/12/2023) sebagai speaker dalam sesi “Brands Going Viral”, dengan topik “Sustain The Viral Business Through E-commerce” yang dibawakan oleh Hanindia Narendrata selaku CEO & Co-founder Compas.co.id. 

Compas.co.id berbagi data & insight untuk pelaku bisnis Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dengan membedah data 2 brand viral di tahun 2023 yaitu The Originote dan Oatside, serta bagaimana kedua brand tersebut mempertahankan traffic viral dan meraih keuntungan di e-commerce. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2025 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.