Compas Data Market Insight: Mengulas Rahasia Bisnis 7 Brand Toner Terbaik di Shopee & Tokopedia
Author: Nimas Cemara
Compas.co.id – Salah satu produk skincare yang tidak kalah penting dan menjadi basic skincare adalah toner. Produk ini memiliki peran krusial dalam rutinitas skincare karena mampu menghilangkan sisa-sisa kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang tidak terangkat oleh pembersih wajah biasa.
The Insight Partners melihat market face toner secara global akan mencapai US$1,596 juta di tahun 2028 dalam periode forecasting tahun 2022–2028. Compas Dashboard–FMCG E-commerce Market Insight Tool–pun ikut memantau performa pasar body scrub & peel di Shopee & Tokopedia.
Dalam pantauan Compas Dashboard di kategori Toner pada periode 1-15 Mei 2023, terdapat 7 brand yang menjadi pilihan konsumen. Untuk mendapatkan data ini, tim Compas menggunakan fitur top seller, fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type di Compas Dashboard.
7 Brand Toner Terbaik yang Sukses di E-commerce
1. Wardah
Pada tahun ini, industri skincare mengalami persaingan ketat di pasar. Salah satu merek terkemuka, Wardah, berhasil mempertahankan posisinya dengan penjualan sebanyak 22.8 ribu produk, menghasilkan pendapatan sebesar Rp555.4 juta. Hal ini mengukuhkan market share mereka sebesar 14,5%.
Produk toner unggulan dari brand ini adalah Wardah Lightening Face Toner 125 ml. Toner ini memiliki kandungan Advanced Niacinamide yang dapat membantu mencerahkan wajah. Kemudian, produk ini juga cocok untuk semua jenis kulit dan ibu hamil sehingga membuat konsumen tidak perlu ragu untuk memakai produk ini.
Di laman official store-nya Wardah aktif memberikan diskon untuk produk ini. Selain itu, komposisi produk yang ditulis secara lengkap semakin membantu konsumen untuk yakin membeli produk ini.
2. Skintific
Skintific tidak bisa disingkirkan bila membicarakan skincare. Merek ini menunjukkan kekuatannya dengan penjualan sebesar 16.4 ribu produk. Walau secara kuantitas produk terjual lebih sedikit dari peringkat sebelumnya, Skintific menghasilkan revenue fantastis mencapai Rp2.3 miliar hanya dalam dua minggu. Market share-nya yang “hanya” 10,45%, Skintific tetap menjadi pemain yang patut diperhitungkan dalam persaingan ini.
Produk andalan mereka, SKINTIFIC – 5% Aha Bha Pha Exfoliating Toner Face, menjadi sekutu tak tergantikan. Dengan kandungan yang mampu mengelupas sel-sel kulit mati, toner ini menawarkan pengalaman pembersihan yang segar dan menyeluruh.
Skintific menampilkan hero ingredients beserta fungsinya dan manfaat dari produk ini di kolom deskripsi produk di laman official store-nya. Selain itu promo potongan harga dan bundling dengan potongan harga pun terpasang di lamannya.
3. N’Pure
Sementara itu, N’Pure juga tak kalah berperan. Dengan penjualan sebanyak 16 ribu produk dan pendapatan Rp607.7 juta, mereka berhasil mencapai market share sebesar 10,19% dan duduk di peringkat ketiga. Prestasi ini menunjukkan dedikasi N’Pure dalam memenuhi kebutuhan para penggemar kosmetik.
Produk andalan dari N’pure adalah NPURE Toner Cica-Toner Kulit Jerawat Berminyak. Sesuai keyword di title product yang tertera di laman official store-nya Shopee, produk ini dikhususkan untuk kulit rawan jerawat dan berminyak. Penggunaan keyword yang tepat juga diletakkan di bagian deskripsi produk guna menekankan manfaat utama produk. Hal ini menunjukkan pemahaman yang baik mengenai target pasar dan menangkap kebutuhan mereka dengan tepat.
4. Viva Cosmetics
Di urutan keempat, Viva Cosmetics menghadapi tantangan. Meskipun hanya mencatatkan penjualan sebanyak 6.9 ribu produk toner dengan pendapatan Rp48.1 juta, mereka tetap bertahan dengan pangsa pasar 4,4% di periode 1–15 Mei 2023. Kehadiran Viva Cosmetics tetap menjadi alternatif bagi konsumen yang mencari produk berkualitas dengan harga terjangkau.
Halaman produk Viva untuk produk toner andalan mereka, Viva Face Tonic Bengkuang (100 ml & 200 ml), disajikan dengan tampilan yang sederhana namun informatif, menarik perhatian konsumen dengan penggunaan gambar produk yang jelas dan deskripsi yang mudah dipahami. Selain itu, harga yang jauh lebih murah dibanding ketiga kompetitornya memberikan nilai tambah bagi konsumen yang mencari produk perawatan kulit berkualitas dengan harga miring.
5. Avoskin
Perhatian juga layak diberikan pada Avoskin di peringkat kelima. Avoskin menghadirkan kejutan dengan pendapatan mencapai Rp902.1 juta dan penjualan sebanyak 6.6 ribu produk. Market share-nya mencapai 4,19%, membuktikan popularitas Avoskin di kalangan pecinta skincare.
Produk toner yang menjadi andalan adalah Toner Avoskin Miraculous Refining 100ml-AHA BHA PHA-Eksfoliasi Kulit. Halaman produk di official store didesain apik dengan gambar produk beserta manfaat utama produk terlihat menonjol di bagian deskripsi produk. Avoskin juga dengan jelas menyajikan keunggulan formulasi mereka yang mampu mengangkat sel kulit mati dan membantu menyegarkan kulit.
6. Somethinc
Tidak ketinggalan, Somethinc hadir di peringkat enam dengan berhasil menjual 5.6 ribu produk dan revenue sebesar Rp306.9 juta. Somethinc pun menguasai market share 3,55% untuk produk toner.
Produk unggulan untuk pasar toner dari brand ini adalah SOMETHINC GLOW MAKER. Tidak hanya kandungan utama produk, Somethic memberikan penjelasan manfaat untuk seluruh kandungan. Selain itu, walau tidak ada potongan harga, Somethinc memberikan voucher toko untuk produk ini.
7. Whitelab
Sementara itu, di posisi ke-7, Whitelab mencatatkan penjualan sebanyak 5.5 ribu produk toner dengan pendapatan Rp256.7 juta. Salah satu produk toner yang membawa market share 3,53% adalah Whitelab Brightening Toner.
Hampir sama dengan brand lainnya, Whitelab juga memberikan penjelasan mengenai manfaat dan hero ingredients dari produk. Yang semakin menarik, Whitelab tidak hanya memberikan potongan harga dan voucher untuk pembelian produk ini. Mereka juga memberikan hadiah gratis sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli.
Kesimpulan
Persaingan sengit di pasar kosmetik semakin memanas, dan hanya merek-merek yang paling inovatif dan responsif terhadap kebutuhan konsumen yang akan bertahan. Para pemain industri harus terus bergerak maju, mencari cara baru untuk memikat hati konsumen dan mempertahankan tempat di puncak sebagai top brand toner.
Dengan strategi pemasaran yang bijak, penggunaan keyword yang tepat, serta penawaran harga dan promo yang menarik, ketujuh merek ini membuktikan keunggulan mereka di industri perawatan kulit. Bagaimana dengan brand Anda, apakah sudah tahu insight dan tren yang terjadi di e-commerce?