logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
brand sabun mandi

Compas Data Market Insight: 10 Top Brand Sabun Mandi yang Ampuh Bersihkan Penjualan di Shopee & Tokopedia

Compas Data Market Insight: 10 Top Brand Sabun Mandi yang Ampuh Bersihkan Penjualan di Shopee & Tokopedia

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id –  Salah satu elemen penting dalam menjaga kebersihan tubuh adalah sabun mandi. Sabun mandi telah menjadi bagian tak tergantikan dalam ritual kebersihan kita, memberikan keharuman segar dan membantu membersihkan kotoran serta bakteri yang menempel pada kulit. 

Secara global, produk sabun mandi diproyeksikan akan menghasil US$48.83 miliar di tahun 2023 menurut Fortune Business Insight. Di Indonesia, Compas Dashboard memantau pasar sabun mandi di e-commerce dan menemukan 10 nama besar brand yang mendominasi kategori sabun mandi di e-commerce. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang 10 Top Brand Sabun Mandi di dua platform terkemuka, yaitu Shopee dan Tokopedia selama periode 1–15 Mei 2023. Data ini didapatkan berdasarkan Compas Dashboard–FMCG e-commerce market insight tools–dengan menggunakan beberapa fitur dan filter unggulan.

10 Top Brand Sabun Mandi yang Layak Jadi ‘Hall of Fame’ di Kamar Mandimu

brand sabun mandi

1. Lifebuoy

Hasil pantauan Compas Dashboard menunjukkan bahwa sabun mandi dari brand Lifebuoy menjadi juara Top Brand Sabun Mandi. Data penjualan menunjukkan bahwa Lifebuoy berhasil menjual 24.7K produk dengan market share mencapai 13,36%. Lifebuoy berhasil meraup revenue sebesar Rp1.5 miliar hanya dalam kurun waktu dua minggu. 

Keberhasilan Lifebuoy ini tidak terlepas dari komitmen merek tersebut dalam menyediakan produk yang efektif dan dapat dipercaya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Brand di bawah PT Unilever ini terus saja menjadi juara di subkategori Sabun Mandi. Menurut pantauan Compas Dashboard, salah satu produk unggulan dari Lifebuoy adalah Sabun Cair Lemon Fresh Refill 825ml (Paket Isi 4). Produk ini menjadi top listing dari Lifebuoy, menunjukkan strategi mereka yang menjual produk refill secara bundling dengan isi 4 pcs.

Banner Insight

2. Grace and Glow

Grace and Glow hadir di urutan kedua di dalam persaingan ketat melawan Lifebuoy. Brand hanya sedikit tertinggal dengan penjualan sebesar 18.9K produk dan revenue sebesar Rp1.4 miliar, dengan pangsa pasar sebesar 12.47%.

Brand yang mengusung tema elegan ini menerapkan tema tersebut sebagai estetik laman media sosialnya melalui warna-warna lembut di setiap postingan mereka. Mulai dari foto-foto produk dengan tampilan yang elegan hingga penggunaan elemen desain yang mencerminkan kelembutan dan keanggunan.

Penjualan produk bundling juga diterapkan oleh Grace and Glow dalam menjual produknya. Tidak hanya bundling isi 2, brand ini juga menawarkan pilihan bundling isi 5 sehingga konsumen bisa mendapatkan produk yang lebih banyak dengan harga terjangkau.

3. Palmolive

Palmolive juga telah berhasil menarik perhatian konsumen dengan produk-produk berkualitas yang mereka tawarkan. Palmolive mencatatkan penjualan sebanyak 10.6K produk dengan revenue sebesar Rp858.8 juta. Brand ini juga berhasil mendapatkan market share 7,49% dan menciptakan kehadiran yang kuat di pasaran.

Selain promo bundling yang ditawarkan oleh Palmolive, brand ini memberikan hadiah undian gratis bagi konsumen. Penawaran hadiah gratis ini juga diikuti dengan promo bundling sehingga konsumen semakin banyak mendapat keuntungan.

4. Biore

Mengikuti tepat di urutan ke-4, Biore mencatatkan penjualan sebanyak 22.7K produk dengan revenue sebesar Rp836.3 juta. Market share yang dihasilkan Biore dalam periode 1–15 Mei 2023 adalah sebesar 7,29%.

Di bawah PT KAO Indonesia, Biore sedang aktif mempromosikan produk Biore Body Foam agar perawatan kulit semakin ter-“upgrade.” Selain produk tersebut, Biore juga memiliki produk sabun mandi lainnya yaitu Biore Guard yang lebih berfokus pada anti kuman dan kotoran. 

Produk sabun unggulan lainnya dari Biore adalah Biore Guard All in 1 Shampo Sabun Mandi. Dengan produk ini, konsumen bisa menggunakan satu produk yang sama untuk membersihkan kepala dan badan ketika mandi. Kira-kira, produk Biore apa yang paling laris di e-commerce?

5. Dove

Tak kalah pentingnya, merek Dove juga memiliki posisi yang solid dalam industri sabun mandi. Dengan penjualan sebanyak 16.4K produk dan revenue 723.8 juta, Dove berhasil mengisi urutan kelima Top Brand Sabun Mandi di Shopee & Tokopedia.

Banner E-Commerce Report

Dalam periode dua minggu, Dove berhasil memperoleh market share sebesar 6,31%. Dove dikenal dengan formula yang lembut dan melembabkan kulit, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang mencari kelembutan dan perawatan ekstra untuk kulit mereka.

6. Nuvo

Dengan melihat data Compas Dashboard, Nuvo yang berada dibawah naungan Wings Corp. berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 18.4K produk dengan revenue sebesar Rp521.7 juta. Meskipun memiliki market share sebesar 4,55% yang lebih kecil dibandingkan beberapa pesaingnya, Nuvo telah berhasil menarik perhatian konsumen dengan kualitas produknya yang unggul dan berbagai varian yang menarik.

Tidak hanya bundling dengan sesama produk Nuvo, brand ini juga menawarkan bundling dengan produk dari Wings Corp. lainnya. Hal ini merupakan strategi marketing yang efektif bagi konsumen untuk mendapatkan banyak barang dengan beragam kepentingan dan/atau manfaat.

7. Lux

Lux, merek dengan penjualan 10.1K produk dan revenue Rp400.3 juta, juga tidak bisa diabaikan. Brand ini berhasil duduk di peringkat 7 dari banyaknya brand sabun mandi yang tersebar di e-commerce.

Dengan market share sebesar 3,49%, Lux berhasil memposisikan dirinya sebagai salah satu merek sabun mandi terkemuka. Kelembutan dan keharuman khas Lux telah menjadi daya tarik bagi banyak konsumen yang mencari pengalaman mandi yang mewah dan menyegarkan.

8. Giv

Brand lainnya dari Wings Corp. kembali hadir di daftar 10 Top Brand Sabun Mandi ini. Kali ini, brand Giv hadir di urutan ke-8 dengan penjualan sebanyak 16.1 ribu unit dan pendapatan Rp356.2 juta.

Lebih lanjut, brand ini telah mencuri perhatian konsumen dengan market share sebesar 3,11%. Merek ini menonjolkan keunikan formula sabun mandinya yang memberikan perawatan intensif pada kulit, serta berbagai varian yang menggugah indra penciuman.

Jika Nuvo adalah brand sabun mandi untuk keluarga, maka Giv hadir untuk para perempuan. Laman media sosial Giv dipenuhi dengan topik-topik mengenai perempuan seperti tips dan motivasi yang relatable dengan persoalan perempuan.

9. Bio Talk

Bio Talk, dengan penjualan sebanyak 4.5K produk dan revenue Rp268.2 juta, mungkin tidak memiliki angka penjualan yang besar. Namun, dengan market share sebesar 2,34%, merek ini berhasil menarik perhatian konsumen dengan pendekatan yang berbeda. 

Bio Talk menawarkan produk sabun mandi yang ramah lingkungan dengan bahan-bahan alami yang aman bagi kulit dan lingkungan.

10. Dettol

Last but not least, Dettol mengisi posisi ke-10 di daftar ini. Meskipun dengan penjualan 4.9K produk dan revenue Rp265.4 juta yang lebih kecil dibandingkan merek-merek lainnya, Dettol berhasil mencatat market share sebesar 2,31%. 

Merek ini terkenal dengan formula anti-bakteri yang efektif dalam membunuh kuman dan menjaga kebersihan. Keandalan Dettol telah membuatnya menjadi pilihan favorit bagi mereka yang mengutamakan kebersihan dan perlindungan.

Kesimpulan

Dalam persaingan industri sabun mandi, dengan berbagai merek terkemuka dan persaingan yang ketat, konsumen kini memiliki banyak pilihan saat memilih sabun mandi. Setiap merek berusaha keras untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan mereka. 

Dengan inovasi, kualitas produk yang unggul, pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan konsumen, dan promo-promo menarik, merek-merek ini terus berupaya untuk memenangkan hati konsumen dan meraih market share yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.