logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
brand perawatan rambut terbaik

Ini Jajaran Top 5 Brand Perawatan Rambut Terbaik di E-commerce Maret 2023, Sekarang Tak Perlu Keluar Lagi untuk Rambut Sehat

Ini Jajaran Top 5 Brand Perawatan Rambut Terbaik di E-commerce Maret 2023, Sekarang Tak Perlu Keluar Lagi untuk Rambut Sehat

Author: Salsabila

Compas.co.idPerawatan rambut adalah salah satu industri yang terus berkembang dan menantang. Secara berkala, brand-brand perawatan rambut terus berinovasi dan menghadirkan produk-produk terbaru untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin kompleks dan preferensi yang cepat berubah.

Ketatnya persaingan pasar perawatan rambut terbukti dari Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 dimana persaingan antar brand sebesar 1:427. Artinya jika ingin menjadi market leader hair care di Indonesia, brand tersebut harus mengalahkan 427 brand lainnya.

Banner E-Commerce Report

Adapun data Statista menyatakan prediksi pasar perawatan rambut di Indonesia di tahun 2023 ini mencapai $900 juta. Angka tersebut akan terus meningkat hingga tahun 2027 dengan kenaikan kira-kira 4,41% per tahunnya. 

Oleh karena itu para brand perawatan rambut berlomba-lomba menerapkan strategi marketing terjitu untuk bertahan di e-commerce. Di artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai data penjualan berdasarkan Compas Dashboard terkait jajaran top 5 brand treatment rambut terfavorit di Shopee sepanjang Maret 2023.

Kilau di Keranjang Shopee, L’Orèal Menjadi Brand Perawatan Rambut Terbaik Berdasarkan Market Share Tertinggi

brand perawatan rambut terbaik

1. L’Orèal

Brand L’Orèal tercatat dalam Compas Dashboard menempati ranking 1 sebagai top brand perawatan rambut terbaik sepanjang Maret 2023. Sebanyak 33.1 ribu produknya di-check out oleh konsumen dari keranjang Shopee, dimana penjualan tersebut membuat L’Orèal mendapatkan revenue tertinggi yaitu Rp3.7 miliar. Untuk market share treatment rambutnya di angka 19,28%.

Banner Insight

Tahun 2023 ini L’Orèal dinobatkan menjadi salah satu perusahaan paling etis di dunia untuk ke-14 kalinya oleh Ethisphere, artinya L’Orèal berhasil mendedikasikan diri untuk menciptakan dan meningkatkan praktek terbaik dalam etika bisnis. Salah satu standar etikanya adalah mendukung dan memberdayakan perempuan baik di dalam perusahaan maupun ruang publik agar perempuan bisa berdiri untuk dirinya sendiri.

Selain itu yang menarik dari L’Orèal adalah diadakannya event akbar berupa beauty challenge bernama “L’Orèal Brandstorm” dimana menantang inovator muda untuk berinovasi dalam dunia kecantikan berbasis teknologi menggunakan Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Gaming, Metaverse, dan NFT. 

Seperti yang diketahui, teknologi semacam itu akan menjadi trend teknologi dalam dunia marketing di industri Beauty and Care kedepannya karena dapat meningkatkan pengalaman konsumen lebih baik, memuaskan, dan personal.

2. Kerastase

Kemudian ada brand perawatan rambut premium Kerastase dengan revenue Rp3.2 miliar atau sekitar 2.9 ribu  produknya menjadi kepercayaan konsumen nomor 2. Market share untuk produk ini di angka 16,40%.

Kerastase sendiri merupakan brand ternama asal Paris yang sudah lama berkontribusi dalam pasar hair care di Indonesia. Usia brand yang cukup senior di Indonesia maupun global membuatnya memahami produk-produk hair care apa yang menjadi kebutuhan konsumen. 

Berhasil meramu pain points dan kebutuhan konsumen, produk treatment Kerastase kerap berinovasi untuk memenuhi hal tersebut. Dari produknya sendiri pun jumlahnya cukup beragam untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami oleh konsumen. Oleh karena itu konsumen mendapatkan produk yang lebih personal, khusus untuk merawat permasalahan rambut mereka. 

Kemampuan berinovasi dan menghadirkan produk berkualitas ini yang membuat Kerastase memiliki nama brand yang kuat sepanjang zaman.

3. Makarizo

Brand perawatan rambut terbaik lokal ini berhasil tembus 3 besar karena sukses menjual 59.2 ribu produknya dari official storenya di Shopee. Dari penjualan tersebut, Makarizo meraup Rp1.8 miliar. Nilai market share Makarizo untuk produk ini sebesar 9,23%.

Banner E-Commerce Report

Produk Makarizo terjual paling banyak di antara kompetitornya sebab harga produknya ramah sekali di kantong masyarakat. Untuk mempertahankan dan meningkatkan brand awareness, Makarizo cukup aktif membuat content marketing yang edukatif dan menghibur followers. Tak lupa juga diselingi dengan mengadakan berbagai challenge dan giveaway produk.

Dari segi produk juga beragam untuk keperluan merawat rambut yang berbeda agar konsumen tetap bisa tampil prima. Produk treatment rambutnya pun diinovasikan untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut yang berbeda-beda. Karena kualitasnya yang terjaga dan terbukti dapat merawat dan mengatasi permasalah rambut, produk Makarizo banyak terdistribusi di salon-salon Indonesia.

4. Kelaya

Brand perawatan rambut terbaik selanjutnya yaitu Kelaya berhasil membuat konsumen Indonesia membeli treatment rambutnya di Shopee sebanyak 8.5 ribu pieces. Pendapatan yang diperoleh dari sales ini Rp1.6 miliar dengan market share 8,33%.

Brand yang produk-produknya diproduksi oleh PT Sekawan Kosmetik Wasantara ini mulai memperkenalkan diri tahun sejak tahun 2015. Sejak pertama kali launching, Kelaya menawarkan produk treatment rambut untuk mengatasi rontok dan kebotakan. Hal itu dapat terlihat dari hero ingredientsnya yaitu Kemiri dan Aloe Vera. 

Sebagai brand perawatan rambut lokal yang usianya belum setua ketiga kompetitornya di atas, Kelaya banyak aktif berpartisipasi membuka boothnya dalam event-event offline kecantikan seperti Beauty Fest Asia, Female Daily: Surabaya x Beauty, Bigbang Fest, dan event online seperti live Instagram di Ladies Market by Jawa Pos. 

Berpartisipasi dalam event seperti itu merupakan bagian dari strategi multichannel marketing yang dijalankan Kelaya agar nama brandnya makin terangkat. Hal itu dikombinasikan juga dengan pembuatan content marketing yang rapi, informatif, dan memperlihatkan testimoni-testimoni konsumen yang senang dengan kinerja produk Kelaya.

5. SH-RD

Di ranking 5 top brand perawatan rambut terbaik di e-commerce ada SH-RD. Lantaran viral di media sosial, produk treatment rambutnya banyak terjual 2.8 ribu pieces dan meraih Rp790.9 juta. Pangsa pasar produk SH-RD ini sebesar 4,07%.

Banner Insight

Produk treatment rambut brand asal Taiwan ini, yaitu moisturizer protein cream, cukup viral di media sosial lantaran mampu melembutkan dan merapikan rambut yang kusut, mengembang, dan kering dalam sekejap. Dari sisi harga, produknya dibanderol antara Rp150.000-Rp300.000 yang masih cukup masuk akal di kalangan konsumen.  

Selain itu implementasi strategi influencer marketing yang cukup masif juga membuat produk treatment rambut ini naik daun dengan cepat. Banyak beauty influencers yang ikutan mencoba produk ini dan puas dengan hasilnya.

Kesimpulan

Dari paparan data penjualan dan strategi marketing yang diimplementasikan oleh brand perawatan rambut terbaik di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan dan inovasi produk saja tidak cukup untuk masuk ke top 5 brand. Jajaran top brand di atas mengombinasikan berbagai strategi marketing baik online maupun offline atau biasa disebut multichannel marketing.

Brand senior sekelas L’Orèal dan Makarizo pun masih aktif membuat event-event menarik untuk menjaga brand awarenessnya tetap tinggi, untuk mendapatkan konsumen baru maupun mempertahankan konsumen lama. Hal itu juga dilakukan dengan menjaga kualitas produk bahkan berinovasi dengan teknologi terkini untuk menciptakan produk treatment rambut yang lebih personal kepada konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.