logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
brand makeup remover

Compas Data Market Insight: Makeup Be Gone, Ini Dia Top Brand Makeup Remover yang Menyapu Bersih Penjualan di E-commerce

Compas Data Market Insight: Makeup Be Gone, Ini Dia Top Brand Makeup Remover yang Menyapu Bersih Penjualan di E-commerce

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id –  Sebelum mencuci muka dengan produk cleanser, ada baiknya membersihkan muka dari debu, kotoran, dan bahkan makeup dengan menggunakan makeup remover.

Produk makeup remover saat ini didominasi produk micellar water. Tidak hanya untuk membersihkan makeup, produk ini juga bisa membersih debu dan kotoran serta memberikan kelembaban untuk wajah setelah sekian lama terpapar debu.

 

Compas Dashboard memantau kategori Pembersih Makeup sepanjang periode 1–15 Mei 2023 di Shopee & Tokopedia. Di bawah ini, terdapat 7 brand makeup remover yang paling populer. Untuk mendapatkan data ini, tim Compas menggunakan fitur top seller, fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type di Compas Dashboard.

Top Brand Makeup Remover Terlaris di Shopee & Tokopedia!

brand makeup remover

1. Garnier

Dalam industri makeup remover, ada beberapa merek yang mendominasi penjualan. Salah satu brand paling populer adalah Garnier, yang berhasil mencatat penjualan sebanyak 36.4K produk dengan revenue menakjubkan sebesar Rp3.3 miliar hanya dalam waktu dua minggu. Garnier berhasil menguasai market share sebesar 42,1%, menunjukkan betapa populernya produk mereka di antara konsumen.

Produk makeup remover Garnier yang berupa micellar water dapat ditemukan dengan mudah baik secara online maupun offline. Produk micellar water dari Garnier memiliki beberapa varian dengan keunikan dan manfaat yang berbeda. 

Jika diperhatikan di laman media sosialnya, Garnier nampaknya tidak terlalu sering mempromosikan produk micellar water. Artinya, produk ini sudah memiliki basis konsumen yang loyal yang berhasil mengantar mereka ke peringkat utama.

Walau begitu, Garnier tetap aktif memberikan potongan harga, voucher, dan promo bundling di toko online mereka. Hal ini dilakukan agar untuk menjaga customer loyalty dan menarik konsumen baru.

2. Nivea

Nivea juga memainkan peran penting dengan penjualan sebanyak 32.9K produk dan pendapatan sebesar Rp1.5 miliar. Meskipun jumlah penjualan mereka lebih rendah dari Garnier, Nivea masih berhasil mendapatkan pangsa pasar sebesar 19,09%. Keberhasilan mereka mengindikasikan bahwa konsumen memiliki kepercayaan besar terhadap merek ini dan menganggap produk-produk Nivea sebagai pilihan terbaik dalam merawat kulit mereka.Banner Insight

 

Sama seperti Garnier, produk makeup remover Nivea berupa micellar water. Melalui official store mereka, Nivea menyediakan produk bundling yang beragam dan bahkan memadukannya dengan produk Nivea lainnya seperti face wash, sunscreen, dsb.

3. Sea Makeup

Di urutan ketiga, Sea Makeup berhasil menjual 9K produk dengan revenue sebesar Rp476.6 juta. Angka ini setara dengan market share sebesar 6%.

Sea Makeup adalah brand skincare dan makeup yang difokuskan untuk orang dengan tipe kulit wajah yang rawan jerawat. Dengan target pasar yang sudah sangat terfokus, Sea Makeup sudah memiliki basis konsumen yang kuat yang dapat mengantar mereka ke Top 3 Brands Makeup Remover.

4. Bioderma

Bioderma juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan penjualan sebanyak 1.3K produk, menghasilkan pendapatan sebesar Rp454.9 juta, dan meraih market share sebesar 5,8%.

Micellar water Bioderma dapat dibilang sebagai salah satu pionir di dunia makeup remover. Hal ini juga diungkapkan oleh Bioderma di laman websitenya. Dengan kualitas produk yang terkenal dan fokus pada perawatan kulit yang lembut, Bioderma telah mendapatkan kepercayaan konsumen dan menjadi salah satu merek pilihan dalam dunia makeup remover.Banner E-Commerce Report

5. Biore

Selanjutnya di urutan kelima, Biore berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 3.2K produk. Selama periode 1–15 Mei 2023, Biore menghasilkan pendapatan sebesar Rp222.2 juta dan meraih market share sebesar 2,84%. 

Biore telah sukses membangun kepercayaan konsumen dengan produk-produk berkualitas tinggi dan efektif dalam membersihkan makeup. Meskipun market share-nya relatif kecil, Biore tetap menjadi pilihan favorit bagi mereka yang mengutamakan kualitas dalam merawat kulit wajah mereka.

6. Wardah

Brand lokal Wardah juga memainkan peran penting dalam industri ini dengan penjualan sebanyak 5K produk dan revenue sebesar Rp149.4 juta.

Dengan pangsa pasar sebesar 1,91%, Wardah telah memenangkan hati konsumen dengan produk-produknya yang ramah di kantong namun tetap berkualitas. Apalagi, brand ini juga merupakan pionir dari brand skincare lokal halal di Indonesia. Kehalalan suatu produk sangat penting di industri Indonesia.

7. Bioaqua

Bioaqua juga ikut bermain di pasar makeup remover. Brand ini berhasil mencatat angka penjualan yang mengesankan dengan 6.3K produk terjual dan revenue sebesar Rp133.6 juta. Dengan pangsa pasar sebesar 1,71%, Bioaqua telah berhasil menarik perhatian konsumen dengan produk-produknya yang terjangkau namun tetap memberikan hasil yang memuaskan.

Kesimpulan

Dibalik data ini, terdapat cerita tentang merek-merek yang tekun dan gigih dalam menyediakan produk-produk berkualitas bagi konsumen mereka. Meskipun pangsa pasar mereka mungkin tidak sebesar brand besar lainnya, Biore, Wardah, dan Bioaqua tetap menjadi pilihan yang populer di kalangan konsumen yang mencari produk makeup remover yang efektif dengan harga yang terjangkau. Merek-merek ini membuktikan bahwa dalam industri ini, kualitas dan dedikasi masih menjadi faktor utama yang menarik konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.