logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Lokal Pride! Brand Lokal Clorismen Jadi Brand Skincare Pria Terlaris

Lokal Pride! Brand Lokal Clorismen Jadi Brand Skincare Pria Terlaris

Author : Raga Putra Wiwaha

Compas.co.id –  Membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan merupakan tindakan wajib bagi semua orang terlepas jenis kelaminnya. Banyak orang berasumsi bahwa merawat kulit merupakan kegiatan wanita. Padahal, merawat kulit penting untuk mencegah timbulnya jerawat dan kulit kusam untuk semua orang.

Melansir dari laman website Alodokter.com, pentingnya melakukan perawatan wajah untuk wanita dan pria yaitu dengan cara mencuci muka setiap dua kali sehari untuk membunuh kuman yang sudah menempel pada wajah, tentu dengan dilengkapi pembersih muka yang cocok dipakai.

Berkaitan dengan hal tersebut, kini banyak produk pembersih wajah yang muncul di pasaran dengan berbagai fungsi dan penawaran yang menarik. Pada Oktober 2021 lalu, Compas telah menemukan pemenang dari penjualan sabun wajah pria dengan fungsi brightening yaitu brand lokal Khaf dengan produknya Skin Energizing and Brightening.

Data pada artikel ini diambil berdasarkan riset internal tim Compas dari metode online crawling Official Store di Shopee. Pada kategori pembersih wajah pria, terdapat -/+ 321 listing produk di Official Store untuk periode 1-14 Maret 2022. 

Untuk periode 1-14 Maret 2022, penjualan pembersih wajah pria di Shopee dipimpin oleh Brand Skincare Lokal Clorismen dengan volume 24,0%. Disusul oleh Garnier dan Kahf bersaing ketat dengan sales volume masing-masing 23.6% dan 10.2%.

Daftar top rank di bawah ini diurutkan berdasarkan total sales volume terbesar selama periode riset. Langsung saja, simak daftar top rank pembersih wajah pria terlaris berikut ini, ya!

Top Rank Pembersih Wajah Pria Terlaris di Shopee Periode 1-14 Maret  2022 : Brand Lokal Clorismen Jadi Brand Skincare Pria Terlaris

1. Clorismen 

Siapa bilang ritual skincare hanya dibutuhkan untuk perempuan? Brand satu ini yakin bahwa sudah saatnya melakukan skincare dan perawatan diri lainnya menjadi hal yang awam untuk semua orang. Clorismen sendiri adalah Brand Skincare Pria Buatan Anak Bangsa yang telah berdiri sejak 2016. Clorismen masuk dalam “The Expert of The Men’s Skincare & Grooming Category” karena telah menjadi pelopor awal dunia skincare-an khusus Pria di Indonesia.

Seiring trend terbaru, kesadaran untuk melakukan perawatan diri mulai muncul tidak hanya di wanita, pria pun kini melakukan hal yang sama untuk tampil lebih maksimal. Clorismen sebagai Brand Skincare Pria membawa campaign “Dibutuhkan Pria” & “Mulai Peduli” untuk membangun kesadaran para Pria di Indonesia agar lebih peduli terhadap perawatan dan penampilan diri sendiri.

Dengan sales volume sebesar 24,0%, Clorismen berhasil menjadi brand pembersih wajah pria terlaris di Shopee pada tanggal 1-14 Maret. Berawal dari sebuah mimpi anak jalanan untuk menyediakan produk perawatan kulit bagi kaum pria yang saat itu masih minim,, kini produk Clorismen Soap – Sabun Muka Pria untuk Kulit Cerah, Bebas Kusam, dan Jerawat menjadi produk terlaris di Shopee. 

Tim Compas menemukan bahwa Clorismen sempat melakukan sale sebesar 33% di event Shopee 3.3 lalu sehingga sabun muka batang berukuran travel size 40gr dan 80gr ini penjualannya semakin meningkat. Clorismen juga rutin menyebarkan testimoni dari konsumen untuk menunjukkan manfaat dari produk yang dipasarkan di akun Instagram mereka untuk menarik konsumen lainnya.

2. Garnier

Di urutan kedua, Garnier hadir di top rank pembersih wajah pria terlaris dengan sales volume sebesar 23,6%. Walau produk Garnier lebih terdengar dengan skincare untuk perempuan, Garnier juga menghadirkan rangkaian skincare untuk pria yang tidak kalah ampuh.

Salah satu cara Garnier untuk semakin mengenalkan produknya adalah dengan penggunaan iklan di televisi juga dilakukan untuk semakin mengenalkan produk. Hal ini membantu dengan menjadikan produk Garnier Men Acno Fight Anti-Acne Scrub In Foam Cleanser menjadi produk terlaris mereka. Garnier paham bahwa kebanyakan laki-laki tidak suka hal yang tidak praktis. Maka, produk sabun cuci muka Acno Fight Anti-Acne adalah produk yang digadang dapat membersihkan kuman penyebab jerawat di wajah selama 10 detik. 

3. Kahf

Ada 1000 jalan menuju Roma, namun jalan mana yang kau pilih? Dengan tagline #JalanYangKupilih, Kahf hadir untuk membantu memilih dan menemani perjalanan terbaik para pria dalam memilih produk grooming. Kahf merupakan produk perawatan diri yang terbuat dari bahan alami sehingga konsumen akan merasa segar dan tenang setelah memakai produk mereka.

Desain yang simpel dan elegan namun dengan harga yang terjangkau, Kahf berhasil meraih peringkat ketiga dengan sales volume sebesar 10,2%. Produk Kahf yang menjadi paling favorit adalah Kahf Oil and Acne Care Face Wash. Selain mengangkat kotoran di wajah, seperti produk Kahf lainnya, produk ini juga diklaim dapat mengangkat stress ketika sedang berada di bawah tekanan.

Di laman Instagramnya, Kahf juga sering mengadakan giveaway dengan hadiah produk best seller Kahf. Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan brand awareness dan mempertahankan konsumen loyal.

4. Pond’s

Pond’s hadir di urutan keempat dengan sales volume sebesar 8,1%. Dengan mengajak konsumennya untuk menjadi ganteng dan siap action, Pond’s hadir dengan produk simpel agar konsumen ganteng dengan cepat.

Salah satu produk terlaris mereka adalah Pond’s Men Bright Boost Brightening Facial Wash. Produk ini diklaim dapat membuat wajah bersih, cerah, dan ganteng setelah pemakaian pertama. Kemudian, tim Compas menemukan bahwa Pond’s memberikan hadiah gratis berupa produk shampoo untuk setiap pembelian produk ini. 

5. Rodeos

Di urutan kelima, Rodeos hadir dengan sales volume sebesar 6,7%. Rodeos merupakan brand perawatan wajah yang mengusung tagar #BeraniTampilBeda. Bersamaan dengan tagar tersebut, Rodeos pun berani tampil beda dengan meluncurkan produk sabun pembersih wajah yang bisa digunakan untuk perempuan dan pria.

Produk terlaris dari Rodeos adalah Rodeos Bamboo Charcoal Soap. Produk sabun wajah batang ini dapat menjaga kelembaban kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. Dengan memberikan berbagai promosi seperti diskon sebesar 10% + cashback + gratis ongkos kirim, produk ini menjadi salah satu andalan Rodeos ketika event Shopee 3.3 lalu.

Baca Juga : 10 Top Brand Sabun Wajah Pria Brightening di Shopee dan Tokopedia Periode 1-15 Oktober 2021

6. Nivea

Selanjutnya, Nivea menduduki peringkat keenam dengan sales volume sebesar 5,5%. Dengan kebutuhan pria yang unik, Nivea yakin dapat menghadirkan produk yang ideal untuk tetap dapat tampil menarik sesuai dengan kebutuhan.

Di laman Instagramnya, Nivea sangat aktif mempromosikan tagar #LawanHabis untuk melawan kuman dan kotoran di wajah. Sejalan dengan tagar tersebut, produk Nivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Facial Foam menjadi produk terlaris mereka. Produk ini memiliki manfaat untuk melawan habis noda hitam di wajah sehingga wajah akan menjadi cerah merata. Nivea pun aktif mengadakan kuis berhadiah menarik seperti jersey Real Madrid, keyboard komputer, dll. di Instagram sehingga menarik konsumen untuk memakai produk mereka.

7. Ms Glow

Brand lokal Ms Glow hadir di urutan ketujuh dengan sales volume sebesar 5,1%. Karena memiliki kulit dan wajah glowing tidak hanya untuk perempuan, Ms Glow pun menghadirkan produk skincare bagi laki-laki. Dengan moto “magic for skin,” Ms Glow membagikan sentuhan magic melalui Ms Glow for Men.

Dibalik kesuksesannya sehingga meraih predikat best brand di tahun 2020, tim Compas menemukan bahwa Ms Glow sangat aktif menggunakan media sosial dan menyebarkan promo di akunnya. Ms Glow for Men juga sering membagikan review dan tips skincare di akun Instagramnya. Dengan promo diskon 10% dan hadiah gratis selama tanggal 3-5 Maret, Ms Glow for Men Facial Wash kemudian menjadi salah satu produk mereka yang paling laris.

8. Ustraa

Di urutan kedelapan, Ustraa memiliki angka sales volume sebesar 4,7%. Dilansir dari Kontan, Ustraa sendiri merupakan brand asal India yang berhasil memasuki pasar lokal dengan dengan lisensi eksekutif yang didapatkan oleh brand lokal bernama Gamal Men.

Salah satu produk terlaris dari Ustraa adalah Ustraa Face Wash Neem & Charcoal yang berguna untuk mencegah jerawat dan kulit kering. Melalui akun Instagram, mereka sering membagikan info-info menarik seputar perawatan wajah dan kulit. Terkadang, Gamal Men membuka kesempatan testing produk secara gratis sehingga konsumen tertarik dengan produk mereka.

9. Biore

Biore hadir di peringkat kesembilan dengan sales volume sebesar 3,9% dengan menghadirkan produk skincare yang dapat membuat kondisi kulit pria berada di kondisi terbaik

Salah satu produk terlaris dari brand ini adalah Men’s Biore Double Scrub Facial Foam Cool Oil Clear yang dapat mengangkat sel kulit mati di wajah sehingga pori-pori dapat bernafas dengan lega. Dengan melakukan strategi diskon produk dan twin pack, produk ini berhasil menjadi favorit konsumen. Selain itu, Biore pun kerap menggunakan Instagram untuk berkomunikasi dengan konsumen. Salah satunya adalah dengan membuat filter story Instagram yang interaktif. 

10. Vaseline

Di urutan sepuluh, Vaseline hadir dengan sales volume sebesar 2,6%. Tidak hanya kulit bersih, Vaseline pun berkomitmen untuk membantu merawat kulit menjadi lebih sehat.

Tim Compas pun menemukan bahwa dengan strategi potongan harga dan penjualan twin pack, produk Vaseline Men Face Wash Healthy Bright menjadi produk terlaris dari brand ini. Dengan kandungan vitamin B3 dan vitamin E, produk ini dapat menyehatkan kulit wajah dan cocok untuk segala jenis tipe kulit. 

Baca Juga : Top Brand Pembersih Wajah Pria Terlaris: Berkat Strategi Twin Pack, Garnier Berhasil Menduduki Peringkat Pertama !

Kesimpulan 

Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa performa brand lokal Clorismen sangat baik sehingga berhasil menjuarai daftar top rank pembersih wajah pria periode 1-14 Maret 2022. Tim Compas menemukan fakta menarik bahwa Clorismen sempat melakukan sale sebesar 33% di event Shopee 3.3 lalu sehingga sabun muka batang berukuran travel size 40gr dan 80gr ini penjualannya semakin meningkat. Tentu hal tersebut membuat clorismen menjadi raja di daftar top rank pembersih wajah terlaris.

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! Kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

Source : Dashboard Compas.co.id kategori kecantikan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.