logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
brand kue kering

Enak! Oreo Jadi No 1 Rekomendasi Brand Kue Kering Terfavorit 2022

Author: Salsabila

Compas.co.id – Makanan ringan seperti brand kue kering dan biskuit selalu menjadi incaran konsumen untuk menemani hari-harinya. Ketika kerja atau belajar pun pastinya lama kelamaan terasa bosan, jika tidak tidak ada kue kering atau biskuit apapun untuk dimakan.

Makanan ringan ini dipersepsikan fun oleh konsumen karena dikonsumsi saat melakukan kegiatan yang menyenangkan dan kumpul bersama keluarga dan teman. Atau saat sedang melakukan hal yang serius, lalu ada yang menawarkan biskuit atau kue kering. Maka keseriusan tersebut akan mencair dan orang itu menjadi lebih rileks. 

Hal-hal itu lah yang menjadikan kategori Makanan Ringan dalam FMCG ini tak ada matinya sepanjang zaman. Data tim Compas melihat kategori Makanan Ringan memiliki peluang berkembang sebesar 1:135. Artinya jika sebuah brand baru ingin masuk ke pasar Makanan Ringan dan menguasai pasar, maka brand tersebut hanya perlu mengambil alih Addressable Market dari 135 brand saja.

Angka perbandingan tersebut adalah yang paling kecil dibandingkan kategori lain. Contohnya kategori Makanan Segar dan Beku serta kategori Susu Olahan mempunyai peluang berkembang sebesar 1:271 dan 1:170 secara berurutan.

Minat mengetahui rincian angka-angka pada data pasar tersebut? Kabar bagus di awal tahun 2023 ini, data riset pasar bisa Anda baca sekarang di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini.

Bingung mau memakan camilan apa saat rapat awal tahun untuk membuat perencanaan strategis 2023? 5 rekomendasi brand kue kering ini bisa Anda coba sembari membaca ulasan data performanya pada periode 16-31 Desember 2022. 

Oreo X Blackpink Menjadi Raja dalam Rekomendasi Brand Kue Kering

brand kue kering

1. Oreo

Sudah dengar kabar kerjasama Oreo dengan mega girlband asal Korea Selatan? Kolaborasi antara Oreo dengan Blackpink bukan main hebohnya. Brand Oreo yang berada di bawah naungan PT Mondelez Indonesia sukses viral di semua media sosial tanah air. 

Tak hanya membawa ‘kado’ akhir tahun 2022 dengan menjadi viral luar biasa, tapi juga mengecap manisnya menjadi top nomor 1 rekomendasi brand kue kering. Berkat mega collaboration ini, 59.544 produk habis terjual dengan mengantongi sales revenue sekitar Rp724 juta.

Tak hanya itu, market share yang direbut Oreo menjadi yang terbesar. Nilai share tersebut yakni 28,31% dengan angka sales volume mencapai 40,20%!

Biskuit Oreo Blackpink hadir dengan varian rasa yang beragam. Salah satu rasa Oreo Blackpink yang paling banyak diserbu konsumen adalah Oreo dengan biskuit pink khas grup Blackpink dan krim coklat lembutnya.

Selain membuat warna biskuit menjadi pink yang menarik perhatian fans Blackpink dan konsumen lainnya, promosi yang disematkan brand ini adalah adanya photocard. Pada kemasan limited edition Oreo Blackpink yang berbentuk kotak/multipack, pilihan photocard yang dimaksud yaitu 2 photocard Lisa, 2 photocard Jenny, 2 photocard Jisoo, 2 photocard Rose, dan 2 photocard grup Blackpink.

Terlepas dari kolaborasinya dengan grup musik kelas dunia, Oreo memang sudah terkenal sejak tahun 1900an sebagai camilan manis yang selalu diingat konsumen. Oleh sebab itu tidak sulit juga bagi Oreo untuk merebut pasar dalam negeri, termasuk di e-commerce Indonesia.

2. Roma

Akhir tahun 2022 Roma menjajaki posisi ke 2 dalam rekomendasi brand kue kering Terfavorit. Data Compas Dashboard melihat brand di bawah payung PT Mayora Indah merengkuh sales revenue sebesar Rp91.1 juta pada periode 16-31 Desember 2022.

Angka pendapatan tersebut setara dengan 6.8K unit produk terjual dengan share yang diambil sebesar 3,56%. Compas juga melaporkan sales volume Roma ada di jajaran 4%.

Roma sendiri merupakan jenis kue kering atau bisa juga disebut sebagai biskuit legendaris. Sudah berdiri selama 4 dekade, tidak membuat kue kering favorit keluarga Indonesia ini ditinggalkan konsumennya. Malah posisi ke 2 ini membuktikan Roma masih berkuasa di pasar Makanan Ringan dalam FMCG Indonesia.

Varian produk andalan Mayora ini yang paling kuno dan terkenal adalah Roma Biskuit Kelapa. Terbuat dari kelapa asli dan berbentuk biskuit renyah nan manis, camilan ini menjadi paduan sempurna untuk bersantai sambil menikmati teh, kopi, atau susu bersama teman dan keluarga.

Roma sendiri menjadi “Top of Mind” atau merek biskuit yang diingat oleh konsumen dari sisi brand awareness. Lahir sejak tahun 1970an, Roma konsisten menjaga kualitas produknya tiap dasawarsa.

3. Ritz

Juara 3 brand kue kering akhir tahun 2022 diraih oleh Ritz yang mengantongi Rp92 juta. Ritz membuktikan diri dengan perolehan market share sebesar 3,59% dan penjualan 6K produk kue keringnya. Menurut pantauan data Compas, sales volume yang dicapai Ritz sekitar 4%.

Ritz terkenal dan diingat dengan produk crackers tipis berbahan dasar keju. Karena berasal dari keju, Anda akan merasakan asin dan gurih ketika mengunyahnya. Ritz cocok bagi konsumen yang lebih suka makanan ringan dengan cita rasa gurih asin daripada yang manis-manis.

Jika ditelusuri sejarahnya, crackers yang sudah berusia sekitar 80 tahunan ini tetap tidak bisa dilupakan oleh pasar FMCG yang terkenal ketat kompetisinya. Makanan Ringan ini sangat cocok dinikmati oleh Anda saat bersantai.

Tertarik dengan data riset pasar Makanan Ringan? Detail data tersebut bisa Anda dapatkan di Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau coba dulu GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini.

4. Monde

Siapa yang tak kenal brand kue kering andalan keluarga ini? Terutama saat hari besar nasional, Anda akan banyak melihatnya di rumah orang ketika datang berkunjung. Monde butter cookies adalah produk yang paling terkenal, terdiri dari kue beraneka bentuk yang renyah dan lembut. Rasa manisnya yang tidak berlebihan membuat produk ini bisa bertahan dalam kategori Makanan Ringan.

Mengacu pada data Compas Dashboard, Monde membuktikan kinerja baiknya melalui market share sebesar 3,08%. Di periode 16-31 Desember 2022, brand di bawah naungan PT Nissin Indonesia berpendapatan Rp78 juta atau setara dengan 4.6K produk terjual. Sales volume yang dicapai sebesar 3,15%

Lahir sejak tahun 1980, Monde tak hanya memproduksi varian classic butter cookiesnya saja. Tapi juga aneka ragam makanan ringan yang sesuai dengan selera konsumen Indonesia seperti Monde Egg Drops, Egg Rolls, Genji Pie yang rata-rata bercita rasa manis di lidah. 

Selain yang manis-manis, untuk menjangkau konsumen yang tidak begitu menyukai kue manis, Monde juga memasarkan Serena Snack Gold yaitu camilan asin berbentuk persegi panjang yang terbuat dari beras, jagung, bubuk kedelai, dan telur. Teksturnya sangat renyah, ringan, serta lembut di mulut. 

5. Chocolatos

Selain Oreo, Chocolatos merupakan brand kue kering yang cukup aktif di media sosialnya. Bisa jadi hubungan baik yang dibangun oleh Chocolatos dengan konsumennya berkontribusi menjadikan brand cokelat ini tembus 5 besar.

Masyarakat mengenal dan mengingat brand ini karena mayoritas produknya memiliki cita rasa cokelat yang elegan. Diluncurkan pada tahun 2008 di bawah produksi Garudafood, produk unggulannya adalah stick wafer berisikan cream cokelat yang padat.

Berdasarkan laporan tim data Compas, Chocolatos menutup tahun 2022 dengan perolehan market share 2,54%. Sales volumenya mencapai 2,92% serta mengantongi pendapatan sebanyak Rp65 juta. Angka pendapatan tersebut kira-kira sebanyak 4.3K produknya terjual.

Senantiasa mengikuti trend pasar Food and Beverage yang cepat berubah, Chocolatos tak hanya memproduksi varian rasa cokelat saja. Ada juga varian chocolate hazelnut, dark chocolate, dan sweet cheese. Nikmatnya cokelat khas Italia, saat ini inovasi Chocolatos tidak sebatas stick wafer tapi juga wafer cream.

Kesimpulan

Chocolatos yang berusia muda tidak mau kalah dengan empat brand seniornya dalam kategori Makanan Ringan. Buktinya meskipun belum berusia 20 tahun, brand yang terkenal dengan produk rasa cokelat tersebut mampu bersaing serta masuk top 5 rekomendasi brand kue kering di e-commerce tanah air.

Di tahun 2023 kategori Makanan Ringan masih punya ruang untuk bertumbuh dan berkembang mengambil alih market share, asal memiliki data riset yang akurat dan tepat. Anda bisa memanfaatkan data riset Compas mengenai performa industri FMCG 2022 di awal tahun ini sebagai acuan membuat strategi bisnis 2023.

Dengan memiliki Indonesia FMCG E-commerce Report 2022, Anda tahu betul e-commerce mana yang paling cocok dengan kategori brand. Pun Anda bisa memfokuskan inovasi seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen. Jika bisa menjadi brand kepercayaan dan pilihan masyarakat, bukannya tidak mungkin nama brand Anda yang masuk list top brand 2023.

Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 bisa Anda baca sekarang secara GRATIS dengan KLIK DI SINI. Atau langsung coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard di link ini. Anda juga bisa bertanya di DM Instagram Compas atau hubungi Team Compas.

Compas siap mendampingi Anda menjadi brand pilihan kepercayaan konsumen di e-commerce tahun 2023!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.