Brand Experience yang Mengesankan: Hanasui, NPure, dan Nivea Membuat Jejak yang Tak Terlupakan dengan Konsumen
Author: Salsabila
Compas.co.id – Data market insight dari Indonesia FMCG E-commerce Report 2022, industri Beauty & Care menempati posisi pertama sebagai industri berpendapatan tertinggi di Shopee dan Tokopedia. Revenuenya mencapai angka Rp55.1 triliun sepanjang tahun 2022 kemarin. Sedangkan data dari Tokopedia WIB Februari 2023, menyatakan kategori Beauty & Care sukses menjual 453.9 ribu produknya.
Brand-brand dalam industri Beauty & Care telah menyadari betapa pentingnya memberikan brand experience yang tak terlupakan kepada konsumen. Dengan menjaga konsistensi dalam setiap interaksi, brand-brand tersebut berhasil membangun hubungan yang kuat dengan konsumen.
Brand experience adalah segala interaksi dan kontak langsung maupun tidak langsung antara konsumen dan brand. Hal ini melibatkan pengalaman menyeluruh yang dikomunikasikan oleh brand kepada konsumen melalui produk, layanan, content marketing, desain packaging, komunitas, event, titik kontak fisik atau online, dan setiap interaksi lainnya yang melibatkan brand tersebut.
Brand experience dimulai dari memproduksi produk yang inovatif hingga menciptakan pengalaman konsumen yang personal, brand-brand Beauty and Care banyak mengeksekusi langkah-langkah kreatif demi menciptakan kesan yang mendalam dalam pikiran dan hati konsumen.
Dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, brand-brand ini berhasil menempatkan diri sebagai market leader yang dipercaya konsumen. Mengukuhkan reputasi mereka sebagai brand terpercaya untuk kecantikan dan perawatan diri.
Berikan Brand Experience yang Memorable, 3 Brand Beauty & Care Ini Berhasil Memenangkan Hati Para Beauty Enthusiast
1. Hanasui
Pada periode 1-30 April 2023, data Compas Dashboard menunjukkan penjualan Tintdorable Lip Stain menempati urutan ke 3 di kategori lip tint. Dijual dengan harga Rp22.227 saja, sebanyak 9 ribu pieces produk kosmetik bibir ini laris di Shopee. Penjualan tersebut membuat brand lokal ini mengantongi Rp188.6 juta.
Brand experience nya dimulai dari content marketing yang memberikan penjelasan mengenai bahan dan bagaimana teksturnya ketika diaplikasikan di bibir. Lip tint Hanasui sempat menjadi viral di media sosial dan dibuat video swatch oleh banyak beauty influencer tanah air di Youtube.
Tak hanya dipromosikan di Instagram, tapi juga Tiktok yang tipenya adalah video pendek sehingga konsumen bisa langsung melihat sendiri bagaimana warna dan tekstur produk tersebut. Lip tint Hanasui membuktikan dirinya dengan mendapat penghargaan The Best Lip Tint dari Female Daily Award 2022. Kualitas bahan, tekstur, warna, dan ketahanannya terbukti nyata sehingga menjadi kosmetik bibir favorit konsumen dengan ribuan produk terjual.
2. NPure
Selain produk makeup, Compas Dashboard pun melihat performa bisnis brand skincare seperti NPure. Pada periode 1-30 April 2023, NPure menjadi juara 1 brand toner terfavorit dengan pendapatan nyaris Rp1 miliar atau tepatnya Rp937.4 juta. Dan sebanyak 27.5 ribu tonernya dicheck out oleh konsumen dari official storenya di Shopee.
Berkaitan dengan brand experience, NPure memberikan pengalaman dan penyampaian komunikasi marketing yang konsisten kepada konsumennya. Dimulai dari klaim penggunaan bahan alami premium sehingga tercermin dari warna hijau sebagai brand colornya. Dan warna tersebut konsisten digunakan untuk sebagian besar packaging produk NPure, termasuk packaging tonernya.
Brand experience lain yang ditawarkan NPure adalah program konsultasi kulit gratis bersama skin medical advisor nya sehingga konsumen bisa mendapat review kondisi kulitnya dan menggunakan skincare yang tepat untuk mengatasi permasalahan kulitnya.
#GenerasiKulitSehat dikampanyekan oleh NPure agar konsumen aware dengan kondisi kulitnya dan menggunakan produk yang tepat, karena bagaimanapun untuk mendapatkan kulit yang sehat tidak terjadi begitu saja. Beberapa rangkaian produk harus diaplikasikan untuk menjaga kecerahan, kemulusan, kelembaban kulit.
3. Nivea
Untuk urusan pelembab kulit, produk body lotion Nivea memang tak pernah salah. Compas Dashboard mengaminkan kualitas Nivea yang terbukti dari penjualannya yang mencapai angka 9.8 ribu pieces untuk produk Nivea Body Serum Extra White Day & Night – Care & Protect + Night Nourish. Penjualan produk ini membuat Nivea meraup Rp647.4 juta. Produk ini juga diketahui berada di posisi 1 dalam top 5 product listing.
Selain itu, Nivea Extra White Care & Protect Body Serum 180 mL Triplepack menyusul di posisi ke 2 dalam top 5 product listing. Penjualannya sekitar 6.8 ribu pieces atau Rp543.8 juta meraih pendapatan dari official store di Shopee.
Brand experience yang diberikan Nivea dimulai dari marketing communication-nya yang berfokus pada kualitas produk yang menggunakan bahan-bahan pilihan hasil riset sehingga dapat menimbulkan rasa percaya diri maksimal ketika konsumen rutin menggunakan produk Nivea. Produknya pun semakin inovatif yang tak hanya fokus di body lotion, tapi merambah ke deodorant, body serum, micellar water, dan serum perawatan dark spot di wajah.
Packaging yang khas pun seperti milik Nivea bisa menjadi experience yang baik juga karena konsumen sudah familiar dengan desainnya. Aroma yang digunakan oleh Nivea juga konsisten hingga kualitas tekstur produknya yang tak mengecewakan konsumen.
Kesimpulan
Merencanakan dan mengeksekusi jalannya brand experience yang tak terlupakan sangat penting bagi konsumen. Brand experience yang baik dapat menciptakan hubungan yang kuat antara brand dan konsumen, membangun kepercayaan, dan meningkatkan loyalitas konsumen.
Brand experience dimulai dari content marketing yang konsisten untuk disajikan di media sosial seperti NPure. Konsisten di sini artinya brand menggunakan warna yang sama baik di konten, packaging, warna booth offline ketika ikut event. Kemudian informasi benefit yang digaungkan juga terbukti, informasi penggunaan bahan baku yang sama, dan campaign yang sama jika disebar luaskan di berbagai media sosial.
Hanasui sukses memasukkan Tindorable nya dalam top product listing karena kualitas produknya secara nyata konsisten dengan deskripsi yang dipromosikan di media sosial. Kualitasnya juga diakui oleh banyak beauty influencer dan dipercaya oleh beauty enthusiast yang terbukti dari ribuan pieces ludes di e-commerce.
Nivea sampai saat ini tetap bertahan di e-commerce bahkan produknya berada di puncak top product listing karena memberikan experience yang baik. Mulai dari desain packaging yang khas Nivea, aroma wangi khas Nivea, tekstur produk yang cepat kering tapi tetap melembabkan.