logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Top Brand Body Lotion

Compas Data Market Insight: Penjualan Berkelas dari Pasar Perawatan Tubuh di E-commerce: Siapa 5 Top Brand Body Lotion?

Compas Data Market Insight: Penjualan Berkelas dari Pasar Perawatan Tubuh di E-commerce: Siapa 5 Top Brand Body Lotion?

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id – Pasar perawatan tubuh di e-commerce terus berkembang pesat. Di tengah persaingan yang ketat, penjualan body lotion terus menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan.  Pantauan dari Compas Dashboard—FMCG E-commerce Market Insight Tool—menunjukkan bahwa Body Lotion mendominasi penjualan produk perawatan tubuh di Shopee & Tokopedia!

Subkategori Body Lotion memimpin pasar perawatan tubuh dengan market share sebesar 45,8% di Shopee & Tokopedia dalam periode 1–15 Mei 2023. Tepat dibelakangnya, subkategori Sabun Mandi mencapai market share 23,5%. Subkategori perawatan tubuh lainnya ikut menyusul mendominasi pasar seperti Deodoran dan Scrub Peel Tubuh. Selain mereka, ada subkategori apa saja dan berapa market share mereka?

Melalui artikel ini, tim Compas akan membahas persaingan di antara top brand body lotion. Data penjualan dari lima top brand terkemuka, yaitu Nivea, Vaseline, Scarlett, Precious Skin, dan Somethinc akan dibahas. Untuk mendapatkan data ini, tim Compas menggunakan fitur top brand, fitur periode waktu yang bisa diatur sesuai keinginan, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type di Compas Dashboard.

5 Top Brand Body Lotion dengan Angka Penjualan yang Melejit di Shopee & Tokopedia

Top Brand Body Lotion

1. Nivea

Begitu namanya disebut, Nivea langsung terbayang sebagai ikon perawatan kulit. Merek ini memperkuat dominasinya dengan penjualan 77.3 ribu produk body lotion dan pendapatan mencapai Rp5.7 miliar. Dalam periode dua minggu, market share Nivea mencapai 28,16%.

Nivea tidak hanya menawarkan kelembapan yang tahan lama, tetapi juga terus melakukan inovasi dengan menyasar ke berbagai segmen pasar, termasuk produk khusus untuk kulit sensitif, formulasi alami, dan aroma yang menarik. Selain itu, strategi bundling yang selalu digunakan oleh Nivea juga menjadi salah satu alasan konsumen tertarik dengan produk Nivea.

2. Vaseline

Menyusul di posisi kedua dengan pangsa pasar 18,30%, Vaseline membuktikan diri sebagai pesaing tangguh. Meskipun penjualan sebesar 56.6 ribu produk, mereka berhasil mencatatkan pendapatan sekitar Rp3.7 miliar. 

Kualitas produk yang diandalkan dan kampanye pemasaran yang cerdas membantu Vaseline mempertahankan posisinya di pasar. Merek ini berhasil menarik perhatian konsumen dengan formula pelembap ikoniknya. Selain itu, Vaseline juga menghadirkan berbagai varian seperti lotion dengan UV protection, aloe vera, dan vitamin E untuk memenuhi kebutuhan khas konsumen.

Banner Insight

3. Scarlett

Tampil dengan keunikan yang memikat, Scarlett merekam penjualan 19.4 ribu unit dan berhasil mengumpulkan pendapatan Rp1.9 miliar. Angka ini setara dengan market share sebesar 9,20%.

Merek ini tidak hanya menawarkan produk berkualitas tinggi, tetapi juga menggabungkan estetika dan brand image yang menarik. Dalam upaya untuk terus mengeksplorasi pasar, Scarlett menawarkan berbagai varian aroma yang menggoda selera. Selain itu, bekerja sama dengan berbagai selebriti ternama nampaknya juga sangat membantu keberhasilan Scarlett. Keberhasilan Scarlett terletak pada fokus mereka pada segmentasi pasar dan inovasi produk yang terus-menerus.

4. Precious Skin

Denganmarket share 4,08%, Precious Skin menarik perhatian dengan penjualan sebesar 15.1 ribu produk dan menghasilkan revenue senilai Rp823.4 juta. Dalam upaya untuk terus berkembang, Precious Skin telah menargetkan pelanggan yang sadar akan bahan alami dan ramah lingkungan.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dipilih secara selektif, merek ini berhasil menarik minat konsumen yang lebih memperhatikan aspek keberlanjutan dan etika dalam produk perawatan kulit.

5. Somethinc

Terakhir dalam daftar ini, Somethinc memegang market share sebesar 1,48% dengan penjualan sekitar 3.9 ribu produk, dan revenue mencapai Rp298.8 juta. 

Somethinc yang identik dengan produk perawatan wajahnya turut bermain di pasar body lotion. Di sosial media mereka, tidak terlalu banyak unggahan mengenai produk body lotion Somethinc. Namun, perlahan tapi pasti, Somethinc menunjukkan potensi untuk berkembang di pasar ini.

Banner E-Commerce Report

Kesimpulan

Pasar body lotion terus menawarkan tantangan dan peluang. Top brand yang berhasil merajai pasar mengerti pentingnya inovasi tanpa batas untuk tetap relevan dan berada di garis depan persaingan. 

Dengan fokus pada kualitas produk, segmentasi pasar yang cerdas, dan kesadaran akan preferensi konsumen, 5 top brand body lotion ini terus menunjukkan keberhasilan mereka dalam memikat hati konsumen dan memimpin pasar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.