Ini 10 Top Brand Lip Cream Lokal Terlaris, Implora yang Jadi Primadona!

10 Top Brand Lip Cream Lokal Terlaris, Implora yang Jadi Primadona!

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Beberapa tahun belakangan, banyak bermunculan beauty brand lokal yang berlomba-lomba memberikan produk kecantikan terbaik. Sebut saja Implora, Wardah, Madame Gie, Emina, dan masih banyak lagi! Salah satu jenis produk kecantikan yang sedang happening adalah lip cream. Dilansir dari JawaPos.com, tren penggunaan lipstik atau lip cream kembali hidup setelah kasus Covid-19 semakin menurun. Terlebih, mengingat pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker di area terbuka.

 

Untuk periode 16—30 Mei 2022, tim internal Compas dengan metode crawling berhasil menemukan data penjualan 10 top brand dengan penjualan lip cream lokal terlaris di Shopee dan Tokopedia. Yuk, intip data penjualan dan analisa strategi marketing-nya di bawah ini!

 

10 Top Rank Produk Lip Cream Lokal Terlaris, Intip Data Penjualannya per Periode 16—30 Mei 2022!

top brand lip cream lokal terlaris 2022

 

1. Implora 

Di urutan nomor satu produk lip cream lokal terlaris, ada brand Implora. Dengan sales volume yang mencapai 67,03%, brand lokal yang satu ini berhasil mengalahkan para kompetitornya di kategori produk serupa. Mengusung campaign #ApprovedByMe, Implora secara konsisten membagikan konten-konten bermanfaat seputar tips make up di akun media sosialnya.

Baru-baru ini, Implora juga bekerjasama dengan Relaxa untuk membentuk kolaborasi produk lip cream Implora x Relaxa edisi terbatas. Kolaborasi ini rupanya berhasil menaikkan pamor Implora. Terbukti, lip cream unggulannya yaitu Implora Urban Lip Cream Matte menjadi produk lip cream terlaris di Shopee dan Tokopedia!

 

2. Wardah

Urutan kedua ditempati oleh Wardah. Beauty brand yang mengusung tagline “Feel the Beauty” ini sukses memasuki top brand lip cream lokal terlaris dengan capaian sales volume sebesar 18,95%. Wardah yang sebelumnya terkenal dengan slogan “Inspiring Beauty” mengambil langkah berani untuk mengganti slogannya. Dilansir dari Cantika, Brand Manager Wardah Cosmetics, Shabrina Salsabila mengatakan slogan baru “Feel the Beauty” diusung dengan tujuan untuk meningkatkan kedekatan brand tersebut dengan gaya hidup wanita modern. 

Langkah berani tersebut diiringi dengan strategi marketing yang tepat sasaran membuahkan hasil memuaskan. Terbukti, produk lip cream andalannya yaitu Wardah Colorfit Last All Day Lip Cream varian 01 Peach Till Drop berhasil menduduki top rank kedua dalam kategori lip cream lokal terlaris di periode 16—30 Mei 2022.

 

3. Madame Gie

Meski bukan termasuk pemain lama, Madame Gie tetap bisa menyabet juara tiga untuk kategori lip cream lokal terlaris periode 16—30 Mei 2022. Beauty brand dengan tagline “Cantik Ekonomis” ini sukses mencapai sales volume di angka 3,86%.

Tagline “Cantik Ekonomis” yang sering dikampanyekan Madame Gie melalui akun media sosialnya ternyata berhasil menarik hati konsumen Indonesia. Hal inilah yang akhirnya berimbas pada larisnya produk lip cream yang jadi andalan mereka di e-commerce, yakni Madame Gie Lip Matte Netizen +62.

 

4. Make Over

Selanjutnya, ada Make Over yang menempati peringkat empat. dengan sales volume yang mencapai 3,63% di Shopee dan Tokopedia. Brand yang satu ini ternyata masih berada di bawah naungan yang sama dengan Emina dan Wardah, yakni sama-sama keluaran PT Paragon Technology and Innovation.

Untuk strategi marketing dan penjualan produknya, Make Over lebih fokus dengan produk make up yang tahan lama. Makanya, banyak dari produk make over yang dilabeli dengan klaim transfer proof dan tahan hingga delapan jam. Tak heran jika strategi marketing mereka tepat membidik performa penjualan produk lip cream-nya yang “tahan banting”, yakni Make Over Intense Matte Lip Lip Cream ukuran 6,5gr. Lip cream yang satu ini memiliki klaim “last 8 hours long”.

 

5. Emina

Produk lip cream kepunyaan brand Emina, yakni Emina Creamatte Lip Cream yang tak ketinggalan masuk peringkat lima besar. Satu company dengan Wardah dan Make Over, buah hati dari PT Paragon ini juga berhasil mencapai performa penjualan yang memuaskan dengan angka sales volume sebesar 1,35%.

Menargetkan kawula muda, Emina sukses berada di urutan kelima untuk kategori lip cream lokal terlaris melalui penjualan produknya, yakni Emina Poppin Matte dengan ukuran 4,5gr.

 

6. PIXY

Siapa tak tahu PIXY? Berdiri sejak tahun 1969, beauty brand yang berada di bawah naungan PT Mandom Indonesia ini berhasil menjadi merek produk dengan lip cream terlaris yang sales volume-nya mencapai 0,70% per periode 16—30 Mei 2022.

Dari sisi strategi marketing-nya, PIXY Cosmetics memang tak terlihat menggenjot promosi produknya melalui akun media. Meski demikian, produk lip cream dari PIXY, yakni PIXY Lip Cream Gaudy Orange tetap mampu menempati peringkat keenam di kategori lip cream lokal terlaris.

 

7. WCKD

Pada peringkat selanjutnya, ada WCKD dengan capaian sales volume sebesar 0,36%. Pada akun instagramnya, brand beauty yang satu ini kerap berbagi video-video tips dan tutorial make up menggunakan produk-produk keluaran mereka. Hasilnya, brand yang identik dengan warna merah ini berhasil menjadikan salah satu lip product-nya, yakni WCKD Lip Envy Matte Lip Cream menjadi peringkat ketujuh untuk kategori lip cream lokal terlaris.

 

8. Mizzu Cosmetics

Di urutan kedelapan, ada Mizzu Cosmetics yang sukses dengan capaian sales volume sebesar 0,07%. Melalui perolehan angka sales volume tersebut, Mizzu Coffee Break Lip Cream Espresso resmi masuk 10 top brand lokal dengan penjualan produk lip cream terlaris untuk periode 16—30 Mei 2022!

Kesuksesan ini tentu tak terlepas dari tagar yang mereka naikkan, yakni #BeautifulYouth. Campaign tagar ini sukses menarik hati para kawula muda untuk tampil pede dan berani dengan penampilan masing-masing!

 

9. Mineral Botanica

Berikutnya, ada beauty brand Mineral Botanica yang berhasil menduduki peringkat ketujuh dengan angka sales volume yang mencapai 0,04%. Merek dagang lokal yang satu ini mengusung produk beauty dengan kandungan halal, natural, paraben free, dan animal cruelty free

Dari campaign-nya saja, dapat ditebak bahwa produk-produk make up garapan Mineral Botanica sudah terjamin aman. Dengan campaign yang menenangkan seperti ini, tak heran jika produk lip cream-nya, yakni Soft Matte Lip Cream berhasil membawa Mineral Botanica masuk 10 besar brand lokal dengan penjualan lip cream paling laris!

 

10. Rabbit Habit

Di urutan kesepuluh, terdapat brand Rabbit Habit sebagai penutup. Meski bisa dibilang anyar, merek dagang kecantikan yang satu ini berhasil mengalahkan kompetitor dengan capaian sales volume yang berada di angka 0,01%. Mengusung tagar #RabbitHabitBeautyHabit, produk lip cream dari brand yang satu ini, yakni Rabbit Habit Whipped Lip Cream varian #04 Head Ochre Heels sukses menjadi yang terlaris nomor sepuluh di Shopee dan Tokopedia!

 

Kesimpulan

Berdasarkan data yang didapat oleh tim internal Compas, dapat disimpulkan bahwa ketiga beauty brand garapan PT Paragon, yakni Wardah, Make Over, dan Emina berhasil mengisi top brand produk lip cream lokal dengan penjualan terlaris. Meskipun cabang brand-nya menargetkan pasar konsumen yang berbeda, ketiga merek dagang Paragon tersebut menjadi yang terbaik di kategorinya masing-masing karena didukung oleh strategi marketing yang tepat.

Perlu diingat, perencanaan strategi marketing yang tepat hanya dapat direalisasikan dengan data penjualan dan market insight yang tepat pula. Kabar baik bagi kamu yang ingin mendapatkan e-commerce market insight dari brand-mu, Compas Dashboard bisa memberikannya!

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

Source: Dashboard Compas.co.id kategori kosmetik bibir lainnya untuk periode 16—30 Mei 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2025 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.