logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
top produk lip tint

5 Top Produk Lip Tint di E-commerce: Kali Ini, Dazzle Me Juaranya!

5 Top Produk Lip Tint di E-commerce: Kali Ini, Dazzle Me Juaranya!

Author: Lia Sutiani

 

Compas.co.id – Sebagai bagian dari produk kosmetik, lip tint termasuk yang paling digemari sebagai penghias bibir. Data Report Compas Dashboard menunjukkan, lip tint menjadi produk kosmetik bibir urutan kedua paling laris dengan sales quantity sekitar 952.3K sepanjang semester I – 2022 di e-commerce

Menariknya, beberapa pemain lokal diketahui memimpin penjualan produk lip tint di e-commerce selama semester I – 2022. Sederet brand kosmetik lokal yang pastinya tidak asing ini di antaranya Madame Gie, Emina, dan Somethinc. 

Kendati demikian, produk lip tint terlaris pada periode 1-15 September 2022 justru tidak diraih oleh salah satu brand tersebut. Ada sejumlah nama baru yang ternyata berhasil menduduki top 3 produk lip tint terfavorit periode ini. Rangkum info selengkapnya berikut ini. 

Data Penjualan 5 Top Produk Lip Tint di Shopee dan Tokopedia 

top produk lip tint

1. Dazzle Me Ink-Licious Lip Tint

Dazzle Me mengawali top produk lip tint di Shopee dan Tokopedia dengan sales volume 31,61%. Dengan pencapaian tersebut, produk Dazzle Me Ink-Licious Lip Tint berhasil mencetak sales quantity hingga 43 ribu produk lebih.

Ini termasuk kesuksesan yang cukup fantastis mengingat puluhan ribu produk lip tint mampu terjual hanya dalam 2 minggu saja. Menurut pantauan Tim Compas, penjualan terlaris tersebut diraih Dazzle Me di official store-nya di Shopee. 

Secara harga, sebenarnya Dazzle Me Ink-Licious Lip Tint ini nilai jualnya sama saja baik di Shopee dan Tokopedia, yakni dibanderol dengan average price Rp19.900* per produk. Lantas, mengapa produk lip tint lebih laris terjual di Shopee? 

Tim Compas menemukan fakta bahwa Dazzle Me hanya mencantumkan link official store-nya di Shopee dalam bio Instagram @dazzleme_id. Atau, memang Dazzle Me telah menandai jika Shopee sebagai pasar di e-commerce lebih potensial ketimbang Tokopedia.

2. Focallure #SwitchMode Matte Lip Tint 

Menemani Dazzle Me, Focallure juga sukses membawa salah satu produk kosmetiknya sebagai juara kedua top produk lip tint di e-commerce. Namun, performa produk Focallure #SwitchMode Matte Lip Tint ini tak secemerlang kompetitor sebelumnya. 

Produk lip tint Focallure ini meraih peringkat kedua dengan sales volume mencapai 6,05%, sementara sales quantity-nya meraih angka 8 ribuan produk. Tim Compas menelusuri, produk-produk Focallure ini dikenal akan harganya yang terjangkau. Realitanya, data Compas Dashboard membuktikan bahwa average price pada produk lip tint Focallure justru lebih mahal ketimbang Dazzle Me. 

Satu produk Focallure #SwitchMode Matte Lip Tint tersebut dibanderol dengan average price senilai Rp41.659* di Shopee dan Rp37.842* di Tokopedia pada periode 1-15 September 2022. Namun, sebenarnya harga tersebut masih standar jika dibandingkan dengan beberapa brand lip tint lainnya seperti BNB Barenbliss dan Somethinc yang harganya berkisar Rp59.000 – Rp66.630*.

Focallure juga mengklaim produk kosmetiknya hadir dengan harga yang affordable, tapi tetap berkualitas. Hal ini sejalan dengan mottonya, “Beauty is not luxury, love has no borders.” Sebuah pencitraan yang berhasil menguatkan brand positioning Focallure di mata beauty enthusiast

Di satu sisi, brand kosmetik ini juga sudah populer di beberapa negara khususnya di kawasan ASEAN seperti Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Sebab itu, tak begitu sulit bagi Focallure untuk memikat pasar dalam negeri karena namanya sudah duluan tenar di mancanegara. 

3. BNB Barenbliss Peach Makes Perfect Lip Tint

Bergeser dari Negeri Tirai Bambu, kali ini ada produk lip tint asal Korea Selatan yang menempati peringkat ketiga dengan sales volume 4,24%. Brand ini pertama kali tiba di Indonesia pada 2021 dengan menghadirkan beragam produk kosmetik dan skincare

Dengan mengusung tagline “Beauty in Joy”, BNB berupaya menguatkan citra produknya. BNB Barenbliss Peach Makes Perfect Lip Tint ini terbukti berhasil menarik atensi konsumen lokal dengan penjualan sekitar 5.700 produk lebih. 

Dikupas lebih lanjut, BNB dirilis bukan tanpa tujuan karena brand ini memiliki visi untuk memberikan perasaan bahagia bagi para pengguna kosmetiknya. Hal tersebut sejalan dengan filosofi yang tercantum dalam nama BNB, yakni Bare Essentials, No Harm, dan Bliss Moments. 

Dengan embel-embel sebagai brand makeup asal Negeri Ginseng, BNB mencoba untuk menargetkan pecinta K-beauty di Indonesia. Harga produknya pun dijual cukup ramah di kantong masyarakat lokal, seperti pada produk lip tintnya yang dijual Rp66.630* di Shopee dan Rp65.550* di Tokopedia. 

4. Madame Gie Madame LiPill

Peringkat keempat top produk lip tint akhirnya diraih oleh pemain lokal, Madame Gie. Brand kosmetik sekaligus skincare dari Gisella Anastasia ini termasuk nama baru dalam industri Beauty & Care. 

Baru diluncurkan pada tahun 2018, Madame Gie menunjukkan mampu unjuk gigi di tengah ketatnya persaingan bisnis kosmetik di Indonesia. Tampil sebagai juara ke-4, Madame Gie Madame LiPill jadi produk yang berhasil mencetak sales volume sebesar 4,21% dan sales quantity sekitar 5.700 pcs. Angka yang cukup tipis bedanya dengan performa brand kosmetik asal Korea Selatan, BNB. 

Berdasarkan riset Tim Compas, lagi-lagi, harga jadi keunggulan Madame Gie agar bisa menguasai market di e-commerce. Hal ini dapat dilihat dari produk lip tint-nya yang dijual dengan average price Rp17.393* di Shopee, sedangkan di Tokopedia ditawarkan senilai Rp17.714* sepanjang periode 1-15 September 2022.

Harga tersebut menjadikan lip tint Madame Gie sebagai produk paling termurah dalam daftar top product ini. Wajar saja, mengingat brand ini hadir dengan tagline “Cantik Ekonomis” sehingga harga produknya pun murah meriah. 

5. Somethinc Ombrella Lip Totem Tint

Rilis sejak tahun 2019, Somethinc tidak hanya membawa kesuksesan pada produk skincare-nya saja. Melalui Somethinc Ombrella Lip Totem Tint, brand ini membuktikan produk kosmetiknya juga unggul di e-commerce. Pencapaian ini berhasil Somethinc raih berkat lip tint-nya yang mampu meraih sales volume 3,05%.

Dari segi harga, produk lip tint Somethinc ini tidak jauh beda dengan BNB. Dijual seharga Rp59.000* baik di Shopee maupun Tokopedia, produk tersebut laris terjual hingga 4 ribuan produk selama periode 1-15 September 2022. 

Secara branding, Somethinc mempopulerkan tagline “Be You, Be Somethinc” dan berkolaborasi dengan sederet public figure Indonesia, bahkan idol K-pop seperti NCT Dream. Ditinjau secara marketing, hal ini memang mendongkrak popularitas Somethinc khususnya di mata fans NCT Dream. 

Kesimpulan

Data penjualan top produk lip tint ini kian menunjukkan bahwa harga masih menjadi pertimbangan utama konsumen lokal dalam membeli produk di samping memperhatikan kualitasnya. Lihat saja performa penjualan lip tint Dazzle Me dan Madame Gie yang ludes terjual ribuan hingga puluhan ribu di Shopee dan Tokopedia. 

Namun, Tim Compas juga menemukan fakta menarik bahwa sebenarnya Madame Gie meraih juara kedua sebagai top brand lip tint pada 1-15 September 2022 di e-commerce. Sementara pemain lokal seperti Somethinc, justru digeser oleh brand lokal lainnya dalam penjualan produk lip tint secara keseluruhan. 

Siapakah brand lokal tersebut? Dapatkan data penjualan selengkapnya melalui riset pasar di Compas Dashboard. 

Akses datanya segera dengan menghubungi Team Compas atau DM Instagram Compas dan coba GRATIS 30 menit Demo Compas Dashboard dengan cara KLIK DI SINI

Bersama Compas Dashboard, semua data tervalidasi dengan cepat dan akurat. 

Source: Dashboard Compas.co.id

*Perbandingan harga pada Shopee dan Tokopedia dilakukan antara product listing yang sama dengan penjualan tertinggi di masing-masing marketplace-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.