logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Strategi Penjualan Online 3 Seller Brand Kesehatan Untuk Menaikkan Sales Growth

Strategi Penjualan Online 3 Seller Brand Kesehatan Untuk Menaikkan Sales Growth

Author: Salsabila

Compas.co.id – Laporan dari IMARC Group 2022 menyatakan Health dan Wellness market bernilai $3.4 miliar pada tahun 2022. Angka tersebut diproyeksikan akan merangkak naik hingga $4.4 miliar pada 2028. Perkiraan persentase pertumbuhan per tahunnya sekitar 3,99% dalam periode 2023-2028.

Salah satu key factor majunya industri kesejahteraan ini adalah meningkatnya jumlah penderita penyakit kronis akibat lifestyle yang tidak banyak bergerak. Lalu timbulnya kesadaran dalam diri individu untuk hidup lebih sehat secara emosional, fisik, dan mental.

Brand-brand yang berkompetisi dalam kategori kesejahteraan atau wellness ini berlomba membuat strategi penjualan online terbaik untuk menarik minat konsumen. Channel marketing lebih difokuskan ke online karena sejak pandemi Covid-19 angka transaksi online meningkat tinggi.

Di Indonesia sendiri, data dari Indonesia FMCG E-commerce Report 2022 mencatat revenue kategori Health sebesar Rp13 triliun. Penjualan produk keseluruhan sepanjang tahun 2022 sebanyak 217 juta pieces. Adapun subkategori Kesejahteraan raih market share tertinggi 22%.

Banner Insight

Artikel ini akan memaparkan bagaimana 3 seller kesejahteraan ini melakukan strategi penjualan online sehingga sales growth-nya naik cukup tinggi. Data-data market insight dalam artikel ini didapatkan dari Compas Dashboard dengan menggunakan fitur-fitur unggulan sehingga bisa melihat sales growthnya.

Sales Growth 3 Seller Kesejahteraan ini Meroket Berkat Strategi Penjualan Online 

strategi penjualan online

1. Sido Muncul Official Store

Compas DashboardFMCG  e-commerce market insight tools–melihat performa bisnis Sido Muncul tahun 2023 ini. Menggunakan filter tanggal, tim internal Compas melihat dari periode 16-30 Mei ke 1-15 Mei 2023 terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

Penjualan Sido Muncul pada periode 16-30 Mei 2023 sebanyak 4.3 ribu pieces atau sekitar Rp166.9 juta revenue. Periode selanjutnya, yaitu 1-15 Mei 2023 penjualan produknya meningkat hingga 5.8 ribu pieces. Penjualan tersebut membuat Sido Muncul meraup revenue Rp227.6 juta. Dari data market insight di atas, didapat sales growth Sido Muncul sebesar 34,56%.

Konsumen masih loyal kepada Sido Muncul sampai sekarang karena produk legendaris Tolak Angin. Akan tetapi semakin berkembangnya zaman, terutama setelah pandemi Covid-19, ada peningkatan kebutuhan konsumen untuk lebih sehat tubuhnya. Bergantung hanya pada 1 produk tidak terlihat bisa menyelamatkan loyalitas konsumen.

Sido Muncul yang memahami dinamika ini melakukan riset dan menciptakan inovasi-inovasi baru. Selain Tolak Angin, Sido Muncul sekarang memiliki berbagai produk suplemen kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Selain inovasi produk, inovasi menarik lainnya adalah dibangunnya Sido Muncul Herbal Corner, sebuah cafe jamu dimana konsumen bisa mendapatkan experience minum jamu ala cafe kekinian. Minum jamu sekarang menjadi lebih modern.

Inovasi-inovasi tersebut menjadi bagian strategi penjualan online nya, karena Sido Muncul berusaha memperkuat citra brand dari inovasi produk dan cafe. Kehadiran online Sido Muncul di media sosial juga cukup aktif dengan cara sharing edukasi, giveaway, dan kuis. Kolaborasi dengan selebriti seperti Ade Rai dan Darius Sinathrya juga menambah kepercayaan konsumen terhadap produk.

Banner E-Commerce Report

2. Century Health Official Shop

Seller produk-produk kesejahteraan selanjutnya adalah Century yang sukses menjual 4.4 ribu produk. Century raih pendapatan Rp490 juta pada periode 16-30 April 2023

Kemudian dari official storenya tersebut, pada periode 1-15 Mei 2023 penjualannya meningkat hingga 7.4 ribu produk. Revenue yang didapatnya Rp769.5 juta. Dari dashboard market insight ini, diketahui sales growth Century sekitar 66,01%.

Sebagai toko retail kesehatan yang menjual 3000+ produk, strategi penjualan online Century adalah tetap aktif menghadirkan diri secara online. Century juga banyak membuat konten-konten reels agar audiens lebih terlibat dengannya. 

Di media sosial pun Century terus mengedukasi audiens terkait masalah kesehatan dan rekomendasi produk terbaik sebagai solusi. Disamping konten edukasi, ada juga konten entertainment yang lebih banyak mendapat respon dari audiens seperti konten giveaway, competition, kuis.

3. Flimty Official Shop

Compas Dashboard juga melihat adanya kenaikan sales growth yang cantik dari Flimty. Sales quantity Flimty sebanyak 700 produk pada 16-30 April 2023. Kemudian meningkat hingga 1.3 ribu produk di periode 1-15 mei 2023. Artinya sales growth Flimty sebesar 82,10%.

Sebagai brand lokal yang terbilang baru di antara kedua kompetitornya, sepak terjang Flimty cukup luar biasa. Strategi penjualan online nya sangat menarik karena banyak proaktif melibatkan konsumen. Strategi penjualan online-nya mulai dari kerjasama dengan Deddy Corbuzier dan pasangan Raffi-Nagita untuk boost up hype masyarakat yang berujung pada peningkatan brand awareness dan sales. Challenge diet 6 minggu menggunakan produk Flimty juga menarik minat banyak masyarakat. 

Baru-baru ini juga Flimty berkolaborasi dengan brand-brand lokal ternama seperti Somethinc dan Scarlett. Berdasarkan market insight dari Compas Dashboard, Somethinc dan Scarlett sering masuk ke jajaran top 5 brand. Flimty X Somethinc membuat produk bundling berisi Flimty Fiber dan Low PH Gentle Jelly Cleanser.

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas mengenai strategi penjualan online dari 3 brand kesejahteraan Sido Muncul, Century Health, dan Flimty, ketiganya memiliki pendekatan yang berbeda tapi secara keseluruhan strategi mereka adalah melakukan diversifikasi produk untuk memenuhi kebutuhan pasar yang beragam sesuai trend dan permintaan konsumen. 

Ketiganya juga memperkuat kehadirannya secara online dengan rutin membuat konten-konten edukasi dan entertainment di media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan keterlibatan audiensnya.

Kolaborasi dengan selebriti, influencer dan brand-brand lain juga dapat menciptakan hype dalam masyarakat dan berpeluang meningkatkan loyalitas konsumen, penjualan serta brand awareness.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.