Melirik manisnyapenjualan susu formula Oktober 2020

Melirik Penjualan Susu Formula di Bulan Oktober 2020

Produk susu formula merupakan salah satu kebutuhan utama bagi keluarga yang memiliki bayi atau anak kecil. Susu formula, salah satu kebutuhan asupan gizi tambahan bagi buah hati, tentunya menjadi produk yang dibutuhkan sehari-hari.

Di tengah kondisi pandemi di Indonesia, tentunya banyak seller dan pembeli yang beralih dari offline ke online dalam melakukan transaksinya. Termasuk dalam kategori susu yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

Berangkat dari latar belakang tersebut, Compas tertarik untuk menelusuri lebih dalam mengenai data-data penjualan produk susu formula di beberapa e-commerce pada bulan-bulan terakhir.

Katakan saja di bulan Oktober 2020, selama kurun waktu satu bulan, penjualan susu formula di e-commerce berdasarkan jumlah transaksi keseluruhan mencapai 18.817 item. Sementara itu, bila dilihat dari sudut pandang total penjualan, penjualan susu formula di e-commerce pada kurun waktu yang sama meraih angka hingga Rp2 miliar.

Brand Susu Formula Terlaris di Marketplace

Infografis Susu Oktober

1. Bebelac

Dari dashboard Compas.co.id total jumlah transaksi yang ada, produk susu Bebelove 1 (200gr) dengan harga kisaran Rp35.000 dari Nutricia memenangkan persaingan dengan total kuantitas sebanyak 8.397 item dan total penjualan sebesar Rp242.643.599.

2. Enfagrow

Sementara dari segi total penjualan susu formula, produk susu Enfagrow 3 Vanila (2400gr) dengan harga jual di kisaran Rp700.000 per kemasannya memenangkan persaingan dengan total penjualan hingga Rp428.296.457 untuk jumlah transaksi sebanyak 546.

Bila dilihat perbandingannya antara kedua produk susu formula tersebut, berdasarkan total penjualan, susu Enfagrow 3 Vanila dengan kemasan 2400 gram bisa mencapai omset hingga Rp400 juta dari transaksi yang hanya 546 item. Sedangkan susu Bebelove 1 dengan kemasan 200 gram meraih total penjualan sebesar Rp200 juta dengan transaksi hingga 8.397 item. 

Baca juga :

Faktor yang Mempengaruhi Penjualan Online

Apabila dicermati, terlihat bahwa ukuran kemasan pada susu formula mempengaruhi jumlah penjualan dan transaksi dalam masyarakat. Susu dengan kemasan kecil, (seperti pada contoh susu Bebelac ukuran 200 gram yang dibanderol harga Rp35.000-an) mampu mendatangkan kuantitas transaksi yang banyak.

Melihat dari sudut pandang lain, penjualan susu dengan kemasan yang besar juga mendatangkan keuntungan yang tak kalah menarik. Berkaca dari penjualan Enfagrow di bulan Oktober, tak perlu menjual hingga ribuan box, omset yang didapat jauh lebih besar, bila dibandingkan dengan mengandalkan jumlah transaksi dari susu formula kemasan kecil.

Untuk terus mengetahui real data insight seputar brand Anda, agar bisa mengetahui eksisting kompetitor berdasarkan real data kamu bisa menggunakan dashboard market insight Compas sepeti data penjualan susu di atas!

Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas di https://compas.co.id/contact-us/


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Get Your Market Insight Now

Related Post

1 Comment

Leave a Comment

Want to grow your online business with data-driven insights? Reach us now!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Comprehensive price and analytics system

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Need Help? Chat with us