logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
penjualan primer

Meroket Nomor 1: Penjualan Primer Studi Tropik Kalahkan 4 Brand Lokal Lainnya

Meroket Nomor 1: Penjualan Primer Studi Tropik Kalahkan 4 Brand Lokal Lainnya

Author: Salsabila

Compas.co.id Tren skincare dan makeup di Indonesia terus berkembang mengikuti perkembangan fashion dan kebutuhan pasar. Di tengah meningkatnya popularitas makeup dan skincare di Indonesia, primer semakin menjadi pilihan utama bagi konsumen sebelum mengaplikasikan makeup di wajahnya. 

Primer yang awalnya hanya digunakan sebagai produk pendamping makeup, kini seakan menjadi wajib digunakan karena banyak wanita yang menghabiskan aktivitas di luar rumah sehingga harapannya makeup yang digunakan tetap “on” hingga berjam-jam. Banyak brand kecantikan dan perawatan kulit di Indonesia yang meluncurkan berbagai macam jenis primer untuk memenuhi permintaan market.

Banner Insight

Berdasarkan data Compas Dashboard, artikel ini akan memaparkan brand-brand Beauty & Care mana saja yang produk primernya menjadi incaran para beauty enthusiast tanah air di e-commerce. Kemudian akan  dibahas juga mengenai strategi pemasaran jajaran top brand ini.

Penjualan Primer Studio Tropik Juara 1 di Periode Maret 2023, Cek Performa Keempat Brand Primer Lainnya 

penjualan primer

1. Studio Tropik

Jika dilihat dari data Compas Dashboard untuk periode Maret 2023 pada subkategori Primer, maka terpampang Studio Tropik menduduki peringkat 1 dengan sales quantity terbanyak yakni 4.7 ribu item. Penjualan primer tersebut membuatnya mendapatkan Rp232.6 juta revenue. Dengan harga yang tidak membuat kantong konsumen kering seketika, Studio Tropik berhasil mendapatkan market share primernya di angka 13,83%.

Banner E-Commerce Report

Brand lokal yang sudah berdiri sejak 2017 ini berulang kali memenangi penghargaan kecantikan di Female Daily dan Sociolla Award karena produk primer dan setting spraynya yang berkualitas juara. Selain dari pembuatan produk skincare yang sempurna dan terbukti mampu menjaga makeup tidak luntur, strategi marketing Studi Tropik ikut berperan besar di sini.

Beberapa yang strategi yang dilancarkan oleh studio Tropik adalah berpartisipasi dalam berbagai event kecantikan offline yang sudah normal kembali dilaksanakan setelah pandemi Covid-19. Dengan eksis di perhelatan event seperti itu, Studio Tropik dapat menjangkau banyak konsumen karena banyak memberikan banyak diskon, product bundling dan tukar produk Studio Tropik yang sudah habis (empties) untuk mendapatkan produk gratis, ini sekaligus mengkampanyekan brand ramah lingkungan karena mengolah sendiri sampah packagingnya. 

Selain partisipasi dalam beauty event, ketika bulan puasa kemarin Studio Tropik diketahui membuat banyak diskon, product bundling edisi Ramadhan yang eksklusif dan giveaway yang berkolaborasi dengan brand lain.

2. Make Over

Make Over menyusul Studio Tropik di peringkat ke 2 dengan market share 33,77%. Jumlah penjualan primer sekitar 4.5 ribu item yang terjual dari official storenya di Shopee dan Tokopedia. Penjualan primer tersebut membuat Make Over meraup revenue yang lebih tinggi daripada Studio Tropik yaitu Rp567.7 juta

Revenue Make Over lebih tinggi daripada Studio Tropik, mengapa hal itu bisa terjadi? Compas Dashboard memantau harga jual primer Make Over lebih tinggi daripada harga yang dibanderol Studio Tropik di e-commerce. Oleh karena itu walaupun sales quantity Make Over lebih sedikit, tapi revenuenya lebih tinggi.

Banner Insight

Make Over merupakan salah satu brand kecantikan yang terus berinovasi berdasarkan perkembangan trend kecantikan. Selain dari kualitas dan variasi produknya yang mengikuti kebutuhan pasar seperti jenis kulit dan warna kulit konsumen Indonesia yang beragam, trend teknologi kecantikan seperti Virtual Try-On pun dieksekusinya agar konsumen mendapat pengalaman belanja yang lebih baik dan memuaskan.

3. Luxcrime

Luxcrime meluncur sebagai juara 3 primer terbaik berdasarkan data real time dari Compas Dashboard. Performa bisnis Luxcrime untuk subkategori Primer bulan Maret 2023 ini, tercatat sebanyak 2.9 ribu produknya menjadi incaran konsumen di e-commerce. Pendapatannya dari penjualan primer tersebut kurang lebih di angka Rp224.8 juta dengan pangsa pasar 13,37%.

Tak mau kalah saing dengan kompetitornya, salah satu cara Luxcrime meningkatkan brand awareness dan mempertahankan pelanggan lama adalah ikut serta dalam festival Beauty and Care offline di berbagai daerah di Indonesia. Konsumen yang mendatangi event-event offline seperti itu cenderung lebih impulsif berbelanja karena biasanya penawaran diskon produk lama maupun baru atau product bundling hanya ada di saat event berlangsung. Konsumen pun cenderung tidak pikir panjang ketika berbelanja di event itu.

Oleh karena itu kondisi psikologis konsumen ketika berlangsungnya event kecantikan seperti ini sangat dimanfaatkan oleh Luxcrime untuk meningkatkan brand awareness dan mendongkrak penjualan. 

4. Pixy

Produk primer terlaris keempat diketahui dari brand lokal Pixy. Brand lokal yang berada di bawah lisensi Mandom Corporation Japan ini tercatat menjual 1.9 ribu primer atau sekitar Rp114.5 juta revenue. Dan sebanyak 6,81% pangsa pasarnya di Indonesia pada bulan Maret 2023.

Banner E-Commerce Report

Pixy mengincar segmen anak muda usia 15-25 tahun karena harga jual produknya relatif terjangkau oleh kelompok ini. Selain Pixi memiliki sebuah komunitas bernama Pixy Beauty Community. Untuk meraih minat anak muda, Pixy membuat challenge design container Pixy Perfect Fit Two Way Cake sekreatif mungkin dimana banyak hadiah menarik menanti para pemenang.

Brand ini juga mengadakan event kecantikannya sendiri dengan proaktif mendatangi kampus-kampus di Indonesia untuk semakin menarik segmen anak kuliahan yang biasanya baru mulai belajar skincare dan makeup. Oleh karena itu Pixy dikenal sangat cocok digunakan untuk para beginner dalam dunia kecantikan.

5. Emina

Terakhir ada Emina atau yang biasa disebut produk kecantikan sejuta umat karena produknya yang berkualitas namun harganya sangat terjangkau, bahkan oleh anak sekolahan. Penjualan primer dari brand lokal ini terpantau dalam Compas Dashboard sukses menjual 1.2 ribu produknya dengan market share 3,74%. Pendapatan dari penjualan primer tersebut sekitar Rp62.8 juta di bulan Maret 2023 ini.

Produk-produk Emina juga cukup banyak memiliki variasi produk sehingga ini cukup menarik perhatian konsumen muda untuk mencoba berbagai macam produknya dengan harga yang murah.

Target market Emina adalah kalangan anak-anak muda usia 15-25 tahun sehingga brand perlu kreatif dan aktif untuk terus melibatkan konsumen. Beberapa strategi yang dilakukan Emina untuk melakukan hal tersebut adalah mengadakan Emina Girl Gang Ambassador, melakukan school roadshow di beberapa SMP di Indonesia, mengadakan business competition. Event-event tersebut ditujukan untuk anak muda usia 13-25 tahun, sesuai dengan target market Emina itu sendiri. 

Tak mau kalah saing dengan kompetitornya, Emina juga terpantau rajin berpartisipasi dalam berbagai festival kecantikan offline yang dihelat di beberapa daerah di indonesia.

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa 2 brand terbawah yakni Pixy dan Emina fokus pada segmen anak muda yang berada dalam fase belajar makeup dan skincare. Oleh sebab itu bagi brand yang memiliki target market demikian harus bisa lebih kreatif dan proaktif mendekati dan melibatkan anak-anak muda tersebut misalnya dengan cara membuat beauty event dan mendatangi sekolah atau kampus. Karena walaupun jumlah anak muda saat ini banyak, tapi kemampuan beli mereka masih terbatas.

Berbeda dengan 3 brand teratas, yakni Studio Tropik, Make Over, dan Luxcrime dimana target market dimulai usia 23 tahun ke atas atau masuk dalam kategori young worker dan profesional. Kategori tersebut lebih fleksibel dalam berbelanja karena sebagian besar sudah mulai bekerja dan punya uang sendiri. Brand-brand kecantikan perlu merencanakan strategi jitu agar bisa mendongkrak sales melalui event offline karena konsumen cenderung impulsif berbelanja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.