logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
paket diskon shopee

Memaksimalkan Keuntungan Brand FMCG di E-commerce dengan 3 Jenis Paket Diskon Shopee

Memaksimalkan Keuntungan Brand FMCG di E-commerce dengan 3 Jenis Paket Diskon Shopee

Author: Nimas Cemara

Compas.co.id – Sebagai pemain di pasar FMCG, memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee adalah langkah cerdas untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan. Kharisma potensi besar yang ditawarkan Shopee tidak dapat lagi diabaikan.

Salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian konsumen adalah melalui pilihan paket diskon yang menarik dan sesuai dengan karakteristik produk yang ditawarkan. Selain menggunakan strategi paket diskon, penting juga memantau strategi diskon yang dilakukan oleh kompetitor di e-commerce. Memantau kompetitor dapat dilakukan dengan menggunakan FMCG E-commerce Market Insight Tool seperti Compas Dashboard.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tiga jenis pilihan paket diskon Shopee yang dapat memberikan dorongan bagi FMCG brands untuk mencapai keberhasilan. Apa saja tiga jenis paket diskon Shopee yang bisa brand Anda terapkan?

Ketahui 3 Jenis Paket Diskon Shopee untuk FMCG Brands

paket diskon shopee

1. Persentase Diskon: Cocok untuk Produk Berharga Rendah

Pilihan paket diskon dengan persentase diskon merupakan strategi yang efektif untuk menarik perhatian konsumen pada produk berharga rendah. Diskon dengan persentase tertentu dapat memberikan kesan penawaran istimewa yang menarik minat pembeli potensial untuk mencoba produk Anda. 

Konsumen akan merasa tertarik dengan penawaran harga yang lebih rendah dan merasa bahwa mereka mendapatkan nilai yang lebih baik untuk uang mereka. Dalam situasi di mana banyak pesaing menawarkan produk serupa, persentase diskon yang signifikan dapat menjadi pembeda yang menentukan.

Contoh penerapan strategi ini adalah sebagai berikut: FMCG brands yang menjual produk-produk dengan harga terjangkau seperti permen, makanan ringan, atau barang-barang sehari-hari lainnya dapat menawarkan diskon sebesar 15% atau 20% untuk menarik konsumen dan meningkatkan volume penjualan.

2. Nominal Diskon: Lebih Sesuai untuk Produk Berharga Tinggi

Pilihan paket diskon dengan nominal diskon sangat sesuai untuk produk dengan harga tinggi. Diskon dengan jumlah nominal tertentu memberikan kesan penawaran yang lebih nyata dan memberikan potongan harga yang signifikan bagi konsumen. 

Hal ini akan memberikan dorongan bagi konsumen untuk segera melakukan pembelian produk Anda. Terutama untuk produk-produk berharga premium, pilihan ini dapat memberikan dorongan signifikan bagi konsumen untuk segera mengambil tindakan pembelian jika mereka memang membutuhkan produk tersebut.

Contoh penerapan strategi ini adalah sebagai berikut: Jika B2B FMCG brands menjual produk-produk seperti kosmetik premium atau produk-produk kecantikan mahal, pilihan diskon dengan nominal seperti “Potongan Rp 500.000” atau “Hemat Rp 1.000.000” dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang mencari produk dengan kualitas tinggi.

Banner Insight

3. Harga Paket Diskon: Ideal untuk Produk yang Bisa Dipakai Bersamaan seperti Paket Skincare

FMCG brands yang menjual produk dalam bentuk paket, contohnya paket skincare, dapat menggunakan strategi harga paket diskon. Pilihan paket diskon dengan harga paket adalah strategi yang efektif untuk produk yang dapat dipakai bersamaan. Strategi ini menggabungkan beberapa produk terkait dalam satu paket dengan harga lebih murah daripada jika konsumen membeli produk-produk tersebut secara terpisah. 

Dengan cara ini, Anda tidak hanya mendorong penjualan satu produk tetapi juga menggiatkan penjualan produk lain yang terdapat dalam paket. Penawaran harga paket diskon ini akan menarik konsumen karena mereka dapat membeli beberapa produk sekaligus dengan harga yang lebih rendah.

Contoh penerapan strategi ini adalah sebagai berikut: B2B FMCG brands yang menjual paket skincare, misalnya, dapat menawarkan “Paket Perawatan Wajah Lengkap” yang berisi facial wash, toner, pelembap, dan masker wajah dengan harga yang lebih murah daripada jika produk-produk tersebut dibeli terpisah.

Banner E-Commerce Report

Kesimpulan

Pilihan paket diskon yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan daya tarik FMCG brands di platform e-commerce seperti Shopee. Memahami karakteristik masing-masing pilihan paket diskon adalah kunci keberhasilan dalam menarik perhatian konsumen. 

Persentase diskon cocok untuk produk berharga rendah, sementara nominal diskon lebih sesuai untuk produk berharga tinggi. Untuk produk dalam bentuk paket, seperti paket skincare, strategi harga paket diskon dapat meningkatkan daya tarik produk dan mendorong penjualan lebih banyak produk sekaligus. 

Dengan menggabungkan ketiga strategi ini secara cerdas, FMCG brands dapat memperkuat posisi mereka di pasar dan menarik lebih banyak konsumen untuk mencoba dan membeli produk mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.