Author: Nabila Suci Andini
Compas.co.id – Industri perawatan dan kecantikan di Indonesia menunjukkan peningkatan penjualan dengan kategori lipstik menjadi salah satu produk yang paling diminati. Hal ini membuka peluang bisnis yang menjanjikan bagi para pengusaha atau pun brand owner yang ingin mencoba melakukan inovasi, sehingga dapat menghasilkan produk-produk lipstik terbaru.
Dominasi Wardah di Pasar Lipstik Lokal: Peluang dan Strategi bagi Pengusaha
Dalam data terbaru yang diperoleh melalui Compas Market Insight Dashboard pada periode 1 – 30 Juni 2024, menunjukkan eksistensi brand Wardah yang berhasil memimpin pasar lipstik lokal dengan market share tertinggi yang tembus hingga 10,5%. Kesuksesan brand Wardah dapat berasal dari beberapa faktor, seperti:
1, Inovasi Produk:
Brand Wardah terus berinovasi dengan meluncurkan produk-produk baru yang sesuai dengan tren dan kebutuhan konsumen.
2. Kampanye Pemasaran:
Kampanye pemasaran yang efektif dan memanfaatkan berbagai platform digital untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
3. Distribusi:
Ketersediaan produk Wardah di berbagai kanal distribusi, termasuk e-commerce seperti Shopee memudahkan konsumen untuk membeli produk mereka.
Brand lain yang menyusul Wardah dengan menempati posisi 3 teratas adalah Make Over dengan market share 6,9% dan Hanasui dengan market share 5,4%. Brand-brand lain, seperti Oh My Glam, Madame Gie, Purbasari, Something, Implora, Sea Makeup, dan Mother of Pearl (MOP) juga menunjukkan performanya dengan mencatatkan perolehan market share masing-masing 4,9%, 4,3%, 3,3%, 3,1%, 1,9%, 1,3%, dan 1%.
Data di atas menunjukkan bahwa brand lokal lipstik di Indonesia memiliki pangsa pasar dan peluang yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa industri kosmetik lokal, khususnya kategori lipstik memang memiliki potensi yang besar dan dapat terus dikembangkan.
Peluang Bisnis
Bagi para pengusaha, brand owner, manager data di atas dapat menjadi acuan untuk membidik peluang bisnis yang menjanjikan dalam industri perawatan dan kecantikan lokal. Berikut adalah beberapa peluang bisnis yang dapat dipertimbangkan:
1. Membangun brand lokal lipstik baru
Dengan pangsa pasar yang masih terbilang besar, masih banyak peluang bagi pengusaha untuk membangun brand lokal lipstik baru.
2. Berkolaborasi dengan brand lokal lipstik yang sudah ada
Pengusaha dapat berkolaborasi dengan brand lokal lipstik yang sudah ada untuk menciptakan produk baru atau memperluas jangkauan pasar.
3. Menjadi distributor produk lipstik lokal
Pengusaha dapat menjadi distributor produk lipstik lokal untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
4. Membangun platform online untuk menjual produk lipstik lokal
Pengusaha dapat membangun platform online untuk menjual produk lipstik lokal secara online.
Stop Lakukan Penjualan Tanpa Strategi Pemasaran
Berikut adalah beberapa tips untuk meraih kesuksesan dalam industri kosmetik lokal:
1. Melakukan riset pasar
Penting untuk melakukan riset pasar untuk mengetahui tren dan kebutuhan konsumen.
2. Membangun brand yang kuat
Brand yang kuat akan membantu produk lipstik Anda menonjol di antara pesaing.
3. Menawarkan produk berkualitas tinggi
Kualitas produk adalah faktor kunci untuk meraih kesuksesan dalam industri perawatan dan kecantikan.
4. Membangun strategi marketing yang efektif
Strategi marketing yang efektif akan membantu Anda menjangkau lebih banyak konsumen.
5. Memanfaatkan platform online
Platform online seperti media sosial dan marketplace dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.
Kesimpulan
Industri perawatan dan kecantikan di Indonesia terus menunjukkan peningkatan penjualan dengan kategori lipstik menjadi salah satu produk yang paling diminati. Hal ini membuka peluang bisnis yang menjanjikan bagi para pengusaha dan brand owner yang ingin membuka dan/atau mengembangkan usaha di industri perawatan dan kecantikan.
Berdasarkan data Compas Market Insight Dashboard, hasilnya menunjukkan Wardah memimpin pasar lipstik lokal dengan market share tertinggi, yakni 10,5%. Keberhasilan Wardah dalam menjadi pemimpin pasar kategori lipstik berasal dari adanya inovasi produk yang disesuaikan dengan tren dan kebutuhan pasar, kampanye pemasaran efektif, dan distribusi luas termasuk di e-commerce. Data ini menunjukkan bahwa brand lokal lipstik di Indonesia memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Para pengusaha dapat mempertimbangkan untuk membangun brand lokal baru, berkolaborasi dengan brand yang sudah ada, menjadi distributor, atau membangun platform online untuk penjualan produk lipstik.