logo-compas-biru-kecil-v1-156x40

Yuk, Intip Data Penjualan 10 Top Brand Penjualan Treatment Rambut Terlaris 2022!

Bikin Tambah Badai, Intip 10 Top Brand Penjualan Treatment Rambut Terlaris 2022 di e-Commerce!

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Ada ungkapan bahwa “rambut adalah mahkota”. Bahkan, dilansir dari merdeka.com, rambut merupakan bagian dari kepercayaan diri. Tak heran, banyak orang memilih untuk berinvestasi pada berbagai perawatan rambut untuk membuat rambut mereka menjadi tampak indah.

Perawatan rambut di salon memang mengasyikkan, tetapi tak jarang membuat dompet jadi boncos. Solusinya, kerjakan treatment rambut sendiri di rumah. Selain lebih murah, melakukan perawatan rambut sendiri juga tak kalah mengasyikkan, kok!

Omong-omong soal treatment rambut, Tim Internal Compas menemukan data penjualan 10 top brand produk treatment rambut terlaris 2022 di e-commerce. Pada periode 1—15 Juni 2022, terdapat 3.390 product listing di kategori treatment rambut. 

 

Data Penjualan Produk Treatment Rambut Terlaris 2022 Periode 1—15 Juni


data penjualan 10 top brand treatment rambut terlaris 2022

1. Makarizo

Brand dengan penjualan produk treatment rambut tertinggi diduduki oleh Makarizo dengan capaian sales volume di angka 33,7%. Produk yang jadi jagoan Makarizo pada periode ini adalah produk creambath-nya, yakni Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath Aloe & Melon ukuran 15 mL.

Dibanderol seharga Rp3.080 per pcs, produk creambath garapan Makarizo ini bisa dibilang sangat affordable. Dengan harganya  yang terjangkau, bukan berarti Makarizo mengesampingkan kualitas.

Seperti namanya, Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath Aloe & Melon dikombinasikan dengan melon dan aloe vera yang berkhasiat untuk membantu mengurangi kerontokan rambut dan memperkuat akar. Selain itu, Makarizo Hair Energy juga diformulasi dengan pH-Balanced sehingga bebas dari iritasi.

 

2. Lae Sa Luay

Menyusul Makarizo, brand asal Thailand, yakni Lae Sa Luay menempati posisi kedua dengan perolehan sales volume di angka 7,8%. Hal ini tak lain merupakan hasil performa sales produk primadonanya, Lae Sa Luay Hair Spa Smooth Keratin yang berhasil terjual lebih dari 10.000 pcs di Shopee.

Di FemaleDaily, produk hair spa garapan Lae Sa Luay ini memperoleh rating 4,2 bintang dari 317 users. Sebagian besar users memberikan penilaian bahwa produk shampoo ini ampuh membuat tekstur rambut jadi lebih smooth dan terasa lebih tebal.

Testimoni dari para beauty enthusiast di Female Daily ini membuktikan kebenaran klaim produk yang diberikan oleh Lae Sa Luay, mengingat brand ini mengklaim bahwa Lae Sa Luay Hair Spa Smooth Keratin memiliki fungsi anti lepek, anti rontok, mampu memperbaiki rambut kering dan bercabang, dapat membuat rambut jadi berkilau natural, serta berkhasiat meluruskan rambut bergelombang hanya dalam 1 aplikasi pemakaian.

 

3. L’Oreal

Pada peringkat ketiga, ada L’Oreal dengan perolehan sales volume di angka 5,5%. Brand asal Amerika ini memiliki produk andalan bernama L’Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil Gold Hair Treatment Serum.

Sudah banyak strategi marketing yang telah dijajal L’Oreal hingga bisa berada di posisi berharga ini, mulai dari menciptakan inovasi produk baru, campaign hingga kolaborasi produk. Upaya ini tentu membuahkan hasil di mana produk-produk L’Oreal banyak yang jadi populer, salah satunya L’Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil Gold Hair Treatment Serum.

 

4. Miranda

Pada jajaran top brand kali ini, Miranda menduduki peringkat 4 untuk kategori treatment rambut terlaris dengan perolehan sales volume di angka 3,65%.

Banyak hal yang telah dilakukan Miranda untuk bertahan sebagai brand hair care terlaris. Strategi marketing yang sering digunakan, antara lain diskon produk, acara giveaway, dan menggaet para beauty influencer untuk mempromosikan produknya di media sosial. Strategi tersebut terbukti sukses dengan menghasilkan salah satu produk terlaris di kategori treatment rambut, yakni Miranda Keratin Smoothing Spray.

 

5. Natur

Selanjutnya, ada brand lokal Natur yang berhasil menduduki peringkat kelima dalam daftar top brand kondisioner terlaris dengan capaian sales volume sebesar 3,62%.

Bisa dibilang bahwa brand lokal ini sudah sangat legendaris. Bahkan, sejak tahun 2007 hingga 2020, Natur selalu mendapatkan top brand award.

Kesuksesan Natur tentu dibarengi dengan penerapan berbagai strategi marketing jitu, mulai dari menggunakan brand ambassador artis terkenal hingga melakukan kolaborasi ciamik dengan brand lain. 

Upaya-upaya tersebut melahirkan salah satu produk terlaris di kategori treatment rambut, yaitu Natur Hair Fall Treatment yang menjagokan khasiat perawatan maksimum untuk rambut rontok.

 

6. Kelaya 

Brand Kelaya menempati posisi keenam dalam daftar produk treatment rambut terlaris dengan angka sales volume di 3,31%. Adapun produk perawatan rambut yang jadi andalannya adalah Kelaya Hair Treatment Shampoo.

Produk treatment shampoo garapan Kelaya ini dibanderol seharga 125.000 per pcs. Namun, produk tersebut juga tersedia dalam paket bundling berisi 2 pcs yang dihargai Rp185.000 saja. Jika membeli bundling-nya, maka bisa berhemat hingga Rp65.000 dibanding membeli secara satuan.

Siapa sangka, paket bundling dengan harga hemat tersebut justru jadi yang terlaris dari semua produk Kelaya di Shopee dan Tokopedia. Menurut penelusuran Compas, Kelaya Hair Treatment Shampoo bundling 2 pcs ini terjual lebih dari 1.000 pcs per bulannya di Shopee Mall. 

 

7. Dove

Menyusul Kelaya, ada brand Dove di peringkat 7. Brand yang ikonik dengan logo burung merpatinya ini berhasil mendapat tempat dalam daftar top brand treatment rambut terlaris. Di periode ini, Dove mencapai jumlah sales volume di angka 3,26%. 

Jagoan Dove dalam kategori ini adalah produk Dove Creambath – Hair Growth Ritual ukuran 30g yang hanya dibanderol seharga Rp3.800.

Meski terjangkau, produk dari Dove ini tetap diformulasikan secara istimewa dengan memadukan bahan-bahan alami, seperti coneflower dan white tea. Diproduksi menggunakan kandungan terbaik, tak heran jika Dove Hair Growth Ritual Creambath diklaim mampu menutrisi, memperkuat, dan membuat rambut indah wangi sejak pemakaian pertama.

 

8. Grace and Glow

Untuk peringkat 8, ada brand Grace and Glow dengan perolehan sales volume di angka 2,99%. Produk treatment rambut andalannya, yakni Grace and Glow Daisy Hair Mist Sweet Scented and Silk Hair terjual lebih dari 1.000 pcs per bulannya di Shopee Mall.

Harum mewangi, Grace and Glow Daisy Hair Mist berhasil mendapatkan review yang “semerbak” dari para user Female Daily dengan capaian rating di 4,7 bintang!

 

9. NR

Dengan angka sales volume sebesar 2,07%, NR berhasil jadi brand nomor sembilan untuk produk treatment rambut terlaris 2022. Produk yang jadi unggulannya adalah NR Reactive Tonic.

Di Shopee Mall Watson Indonesia, NR Reactive Tonic ukuran 200 ml rata-rata terjual 1000+ pcs di Watson Indonesia Official Store tiap bulannya.

Memperoleh rating 4,9 bintang di Shopee. Customer-nya seringkali membeberkan khasiat yang mereka rasakan dari penggunaan rutin produk ini. Bagaimana tidak? NR Hair Reactive Tonic 200ml diklaim memiliki formulasi yang secara khusus diperuntukkan agar produknya mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh akar rambut. Dengan begitu, rambut pun jadi sehat dan kuat, mulai dari akar hingga ke pangkal.

 

10. Cultusia

Cultusia menjadi brand urutan kesepuluh— sekaligus jadi penutup— untuk kategori top brand treatment rambut terlaris 2022. 

Sales volume yang dicapai berada di angka 2,05%.

Produk jumbo garapannya, yakni Cultusia Creambath Strawberry 1000ml berhasil jadi salah satu favorit pada kategori treatment rambut di Shopee dan Tokopedia. Bahkan, di Shopee Mall-nya sendiri sudah terjual lebih dari 10.000 pcs.

Memiliki harum strawberry yang manis, Cultusia Creambath Strawberry ini mengandung ekstrak strawberry asli dengan cream yang lembut dan bermanfaat untuk menjaga rambut tetap sehat, serta dapat membantu menutrisi rambut kering dan kasar.

 

Kesimpulan

Berdasarkan data yang didapat oleh tim internal Compas, dapat disimpulkan bahwa Makarizo berhasil menjuarai jajaran 10 top brand treatment rambut terlaris 2022 berkat “menjual” produk berkualitas yang affordable

Uniknya, ada satu brand yang menggunakan strategi paket bundling untuk menggaet konsumen. Brand yang sukses memanen buah dari hasil penerapan strategi tersebut adalah Kelaya.

Meskipun demikian, alih-alih promosi dengan paket bundling, terdapat juga beberapa top brand (seperti: Makarizo dan Dove) yangjustru menjagokan produk dengan kemasan ekonomis dibanding yang berukuran jumbo. Hal ini ada kaitannya dengan kondisi psikologis manusia, di mana kemasan sachet dengan harga yang lebih rendah akan terasa “murah” daripada membeli produk kemasan besar.

 

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.