10 Top Brand Cushion Lokal Terlaris: Somethinc, Make Over, dan MS Glow Jadi Primadonanya!

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Dalam industri kosmetik, dikenal istilah “base makeup” yang berfungsi untuk menutupi ketidaksempurnaan pada permukaan wajah. Base makeup terdiri dari tiga jenis, yakni foundation (alas bedak), BB/CC cream, dan yang paling baru: cushion. Belakangan ini, banyak produk cushion yang bermunculan dari berbagai beauty brand lokal ternama. 

Dikutip dari beautynesia.id, cushion adalah base makeup portable yang bentuk kemasannya mirip seperti bedak, tetapi formulasinya cair layaknya foundation dan BB/CC Cream. Layaknya memakai compact powder biasa, kamu cukup menekan puff pada bantalan produk cushion, kemudian langsung bisa diaplikasikan secara merata ke seluruh wajah.

Menariknya, Tim Internal Compas melalui metode online crawling berhasil menemukan data penjualan cushion lokal terlaris 2022 untuk periode 17—31 di Shopee dan Tokopedia. Penasaran bagaimana posisi performa sales brand favoritmu? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

 

Data Penjualan Produk Cushion Lokal Terlaris 2022 Periode 17—31 Mei: Ada Brand Favoritmu, Tidak?

Data Penjualan Top Rank Produk Cushion Lokal Terlaris 2022

 

1. SOMETHINC Hooman Breathable UV Cushion Cover

SOMETHIC menduduki peringkat satu untuk kategori produk cushion lokal terlaris periode 17—31 Mei 2022. Beauty brand dengan tagline  “Be You, Be Somethinc!” ini berhasil mendongkrak performa penjualan produk cushion-nya hingga mencapai angka sales volume sebesar 58,11%. Adapun produk cushion yang menjadi unggulan brand lokal ini bernama SOMETHINC HOOMAN Breathable UV Cushion Cover SPF 35 PA+++.

Dengan mengusung branding produk cushion yang mempunyai matte finish dan tidak menyumbat pori-pori, cushion garapan SOMETHINC ini sukses menjadi pilihan utama beauty enthusiast.

Untuk strategi marketing-nya, SOMETHINC termasuk aktif membagikan konten di media sosialnya seputar tips, rekomendasi, dan tutorial makeup. Apalagi, SOMETHINC juga kerap menggunakan artis-artis Korea Selatan dalam mempromosikan produknya, seperti NCT Dream dan Han SoHee. Ramainya akun Instagram SOMETHINC turut dimeriahkan oleh event giveaway yang diadakan tiap kali ada peluncuran produk  baru.

 

2. MAKE OVER Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

MAKE OVER, “anak” dari PT Paragon ini menduduki peringkat kedua untuk kategori cushion terlaris dengan perolehan sales volume di angka 14,20%. Capaian sales volume tersebut tak lepas dari cushion jagoannya, yakni MAKE OVER Powder Stay Demi-Matte Cover Cushion.

Dengan branding “Cushion for Normal to Oily Skin”, Powder Stay Demi-Matte Cover Cushion ini diklaim paling cocok untuk kulit berminyak karena diformulasi dengan kemampuan oil control yang terbukti dapat mempertahankan makeup hingga 24 jam. Selain itu, cushion ini juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebih karena dilengkapi dengan SPF 50/PA++++. 

Tersedia dalam 20 shades yang beragam, pilihan warna milik MAKE OVER Powder Stay Demi-Matte Cover Cushion dipilih berdasarkan riset dari warna dan undertone kulit wanita Indonesia, mulai dari  Sumatra  hingga  Papua. Tak heran, cushion yang dijagokan MAKE OVER ini jadi favorit wanita Indonesia!

 

3. MS Glow Ultra Moist Cushion

MS Glow lagi, MS Glow lagi! Siapa tidak kenal brand satu ini? Merek dagang lokal MS Glow berhasil memasuki top rank daftar brand dengan produk cushion terlaris 2022. Dengan sales volume yang sebesar 9,24%, beauty brand ini resmi menduduki peringkat ketiga. 

Di balik ketenaran Ms Glow di pasar kosmetik, ada berbagai strategi marketing yang mereka gunakan untuk menggapai target konsumennya, mulai dari menggaet banyak influencer terkenal hingga strategi mempromosikan produknya lewat Times Square New York.

Buah dari usaha dan strategi marketing-nya, kini produknya yaitu MS Glow Ultra Moist Cushion jadi salah satu produk cushion lokal terlaris 2022 selama periode 17—31 Mei.MS Glow Ultra Moist Cushion sendiri memiliki tekstur produk yang ringan, tetapi tetap memiliki coverage yang baik. Terdiri dari tiga piihan warna, cushion garapan MS Glow ini juga dilengkapi dengan SPF 20 untuk melindungi kulit dari pengaruh jahat radiasi sinar matahari.

 

4. Wardah Colorfit Perfect Glow Cushion SPF 33 PA++

Beken sebagai brand “halal”, popularitas brand  Wardah tak perlu diragukan lagi. Apalagi, brand keluaran PT Paragon ini juga berhasil menempati peringkat keempat dalam top rank brand cushion lokal terlaris 2022 dengan dengan jumlah sales volume sebanyak  7,73%. Cushion yang menjadi unggulan Wardah adalah Wardah Colorfit Perfect Glow Cushion SPF 33 PA++. Dengan berbagai pilihan shades, Wardah Colorfit Perfect Glow Cushion memberikan hasil makeup yang glow finish dan high coverage sehingga mampu menutupi noda hitam dan bekas jerawat pada wajah. Dilengkapi dengan Glow-Perfecting Pigment, produk cushion ini mampu memberikan sentuhan efek glow hingga 12 jam tanpa terkesan berminyak.

Selain menggunakan branding produk yang tajam, untuk bisa menjangkau target konsumennya, brand dengan tagline “Feel the Beauty” ini senantiasa berinovasi menciptakan produk-produk baru mengikuti tren kosmetik yang sedang happening.

 

5. PIXY Make It Glow Dewy Cushion

Pixy tidak terlalu aktif membagikan konten dalam mempromosikan produknya, tetapi produk-produknya diformulasi dengan kualitas premium sehingga jadi favorit para beauty youtuber seperti Suhay Salim dan Tasya Farasya. Bahkan, produk cushion PIXY Make It Glow Dewy Cushion menyentuh sales volume sebesar 4,85%.

Cushion best seller keluaran PIXY ini merupakan Base Makeup yang memiliki Formula Cair dan dipadukan dengan spons khusus untuk menciptakan high coverage makeup look. yang memiliki daya tutup optimal dan tampak cerah namun tetap terasa ringan saat digunakan. Kandungan Olive Oil, Jojoba Oil dan Yuzu Extract berfungsi sebagai pelembab. 

Selain itu, Pixy Dewy Cushion memiliki branding yang menonjolkan beberapa keunggulan. Diantaranya memiliki daya tutup optimal, tekstur yang sangat ringan, mudah diaplikasikan pada wajah, serta dilengkapi dengan kandungan Botanical Extract seperti Olive Oil, Jojoba Oil, dan Yuzu Extract yang bermanfaat membantu melembabkan kulit sehingga membuat wajah tampak sehat bercahaya.

 

6. Dear Me Beauty X KFC Primer + Foundation Breathable Cushion

Selanjutnya, di peringkat keenam ada brand  Dear Me Beauty dengan perolehan sales volume di angka 1,86% untuk kategori produk cushion lokal terlaris 2022. Meskipun Dear Me Beauty hanya merilis satu cushion, tidak membuat produk yang dikeluarkannya kalah oleh kompetitor. Bahkan, Dear Me Beauty X KFC Primer + Foundation Breathable Cushion SPF 46 PA++ terjual di Shopee sebanyak 418 pcs per bulan.

Dear Me Beauty X KFC Primer + Foundation Breathable Cushion adalah sebuah produk alas bedak berteknologi hybrid yang dapat digunakan sebagai primer sekaligus foundation. Dengan beberapa kandungan skincare seperti Hyaluronic Acid, Rosa Canina Fruit Oil, Vitamin E, dan Glycerin, cushion ini siap untuk membuat kulit tetap sehat dan terawat. Tidak lupa juga dilengkapi SPF46 PA+++ yang akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Dengan varian 5 shades yang berbeda, strategi marketing Dear Me Beauty yang menggandeng KFC ini ternyata berhasil menarik minat para beauty enthusiast hingga mampu menempati juara keenam produk cushion lokal terlaris!

 

7. Carasun Solar Smart UV Cushion SPF 50+ PA++++ Foundation

Carasun menempati urutan ketujuh cushion terlaris dengan capaian sales volume di angka 1,86%. Produk cushion terlarisnya, yakni Carasun Solar Smart UV Cushion SPF 50+ PA++++ Foundation merupakan inovasi produk touch up sunscreen. Cocok untuk daerah tropis, cushion dari Carasun ini mampu memberikan perlindungan ekstensif yang praktis dan mudah digunakan dimanapun dan kapanpun untuk perlindungan sepanjang hari. Produk ini tersedia dalam tujuh shades, yakni transparant, ivory, cream, fair, natural, natural beige, light beige, dan natural honey.

Diperkaya dengan Ekstrak Pegagan (Centella Asiatica) & Rice Oil,  Carasun Solar Smart UV Cushion SPF 50+ PA++++ dapat menutrisi sekaligus menenangkan kulit dari dampak paparan sinar UV. Formulanya tidak lengket, tetap nyaman dan wajah terlihat segar hingga 8 jam. Formulanya teruji Non-comedogenic tidak memicu timbulnya komedo penyebab jerawat serta Halal dan teruji secara klinis aman untuk kulit sensitif. 

 

8. Emina Bare With Me Mineral Cushion

Beauty brand lainnya dari PT Paragon, yakni Emina sukses mencapai sales volume sebesar 0,96% untuk produk cushion-nya. Dengan penjualan yang mencapai 453 pcs per bulan, Emina Bare With Me Mineral Cushion 15g berhasil menduduki peringkat ketujuh dari jajan 10 top brand cushion lokal terlaris 2022. Emina Bare With Me Mineral Cushion memberikan efek lebih cerah sekaligus melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB. Dengan tekstur yang ringan dan mengandung oil absorber, produk cushion dari Emina ini tidak membuat kulit jadi tampak berminyak.

 

9. Madame Gie Total Cover BB Cushion

Di peringkat kesembilan, ada Madame Gie dengan capaian sales volume di angka 0,79% untuk produk cushion-nya, yakni Madame Gie Total Cover BB Cushion. Makeup foundation dengan finishing dewy ini terjual lebih dari 1000 pcs per bulannya di Shopee.

Madame Gie Total Cover BB Cushion adalah BB Cushion yang ringan digunakan dengan hasil akhir dewy untuk tampilan wajah yang bikin glowing. Dilengkapi dengan formula tahan lama, makeup dijamin lebih  awet. Produk cushion keluaran brand Gisella Anastasia ini tersedia dalam enam warna, yaitu BB01, BB02, BB03, BB04, BB05, dan BB06 dari shades yang cocok untuk kulit fair hingga tan

Beauty brand lokal dengan tagline “Cantik Ekonomis” ini memasarkan produk-produknya dengan harga yang affordable. Madame Gie cenderung aktif memasarkan produknya di media sosial dengan membagikan konten-konten seputar tips makeup, manfaat skincare, dan tutorial pemakaian produk.

 

10. Rabbit Habit Moon Glow 2-in-1 Cushion Foundation

Di ranking kesepuluh sekaligus menjadi penutup pembahasan top brand produk lokal kali ini, ada Rabbit Habit dengan perolehan sales volume yang mencapai 0,22%. Produk cushion andalannya, yakni Rabbit Habit Moon Glow 2-in-1 Cushion Foundation terjual sebanyak 27 pcs per bulannya.

Dengan variasi Beige dan Vanilla, alas bedak yang satu ini memiliki kemampuan untuk menutrisi wajah, medium to full coverage, dan bisa menenangkan kulit. Diperkaya dengan zat adenosin yang menenangkan dan memutihkan kulit, cushion ini diklaim memiliki manfaat anti-aging yang dapat memberi energi pada permukaan kulit sehingga tampak lebih halus dan lebih muda. Zat allantoin juga berperan dalam meningkatkan kehalusan kulit, membantu penyembuhan luka dan meningkatkan proliferasi sel dan umur panjang (anti penuaan sel).

Dengan begitu, produk cushion ini tak hanya berfungsi kosmetik, tetapi bisa berperan sebagai skincare juga.

 

Kesimpulan

Berdasarkan data yang didapat oleh tim internal Compas, dapat disimpulkan bahwa kesuksesan sebuah brand dalam memasarkan produk adalah dengan menerapkan strategi marketing dan branding produk yang tepat sasaran. Jangan lupa juga untuk selalu memantau performa kompetitor agar brand kamu bisa mempertahankan posisi, ya!

Namun, perlu diingat juga bahwa dalam melakukan pemantauan performa brand kompetitor, kamu harus menggunakan data-data market insight yang akurat dan hanya bisa didapat dari Dashboard Compas!

 

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!

 

Source: Dashboard Compas.co.id


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment


Pastikan e-mail yang tertulis benar dan aktif karena kami akan mengirimkan Compas Market Insight ke e-mail tersebut.



Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.