10 Top Brand Aloe Vera Gel Terlaris 2022 di Shopee dan Tokopedia, Nature Republic Jadi Juaranya!

Author: Ivana Deva Rukmana

Compas.co.id – Tahun 2017, produk skincare berbasis aloe vera gel mencapai masa-masa hitsnya. Saat itu, beauty youtuber seperti Tasya Farasya dan Suhay Salim berlomba-lomba membuat video review pemakaian skincare aloe vera gel. Bagaimana tidak? Produk yang terbuat dari lidah buaya ini tak hanya berfungsi melembapkan kulit wajah saja, tetapi juga dapat diaplikasikan pada rambut untuk menambah nutrisi.

 

Empat tahun berlalu, ternyata produk perawatan kulit berbasis aloe vera belum meninggalkan masa keemasannya. Alih-alih loyo, Compas justru menemukan data penjualan produk aloe vera gel dari brand Nature Republic dengan sales volume yang mencapai 42,2% dalam rentang 1—15 Mei 2022!

 

10 Top Brand Produk Aloe Vera Gel Terlaris 2022, Intip Data Penjualannya Selama Periode 1—15 Mei!

Top brand aloe vera gel terlaris 2022

 

1. Nature Republic 

Juara pertama produk aloe vera gel terlaris diduduki oleh brand Nature Republic. Pada 2012, perusahaan kecantikan asal Korea ini mengeluarkan produk aloe vera gel dengan nama Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel yang hingga saat ini masih menjadi primadona di e-commerce Shopee dan Tokopedia dengan pencapaian sales volume sebesar 43,71% pada periode 1—15 Mei 2022.

 

Melalui instagramnya, Nature Republic senantiasa membagikan tips dan cara-cara menggunakan produk-produk skincare milik mereka. Produk unggulannya yakni Aloe Vera 92% Soothing Gel memiliki branding sebagai produk aloe vera gel dengan kandungan 92% ekstrak lidah buaya asli, bertekstur ringan, dan mudah menyerap ke kulit. Dapat digunakan untuk melembapkan dan menghidrasi wajah, juga bisa dimanfaatkan sebagai treatment rambut dan base make-up.

 

Strategi branding satu produk yang terbuat dari bahan alami dengan beragam manfaat, tentu akan menarik perhatian beauty enthusiast! Tak heran, produk Aloe Vera 92% Soothing Gel ini konsisten menduduki peringkat teratas.

 

2. Azarine

Produk aloe vera gel terlaris yang kedua diraih oleh Azarine dengan sales volume mencapai 14,07% pada periode 1—15 Mei 2022. Senada dengan perolehan angka sales volume-nya, produk aloe vera gel milik Azarine, yakni Azarine Soothing & Hydrating Aloe Vera Gel with Honey menduduki peringkat kedua di e-commerce.

 

Azarine menerapkan strategi marketing dengan memanfaatkan pengaruh para influencer, dari yang lokal hingga mancanegara. Dilihat dari instagram resminya, Azarine menarik sejumlah influencer hits dalam mempromosikan produk-produknya, antara lain Vinna Gracia, Prilly Latuconsina, Cindercella, Natasha Wilona, bahkan Lee Minho!

 

Azarine juga kerap kali membagikan tips dan manfaat produk-produk mereka di media sosial sehingga customer pun bisa mengetahuinya hanya dengan mengikuti akun-akun medsos Azarine. Kolaborasi antara Key Opinion Leader dengan highlight pada informasi mengenai keunggulan dan manfaat produk inilah yang membuat Azarine sukses meraih sales volume sebesar 14,07%.

 

3. Herborist

Di urutan ketiga, terdapat Herborist dengan produk aloe vera terlarisnya Aloe Vera Gel Tube. Brand bertajuk Beauty by Nature ini sukses meraih sales volume untuk produk aloe vera gel sebesar 12,09% pada periode 1—15 Mei. Di samping itu, Herborist sejak dulu memang dikenal dengan produk berbasis aloe vera-nya. Ada face mist aloe vera, lulur aloe vera, facial wash aloe vera, dan yang paling beken: Herborist Aloe Vera Gel Tube!

 

Strategi marketing yang dilakukan Herborist tampak ramah konsumen karena kerap berbagi konten-konten kuis dan guyonan ringan melalui akun medsosnya. Komunikasi yang dibangun antara brand dengan konsumen ternyata bisa berdampak pada melejitnya angka sales volume, ya!

 

4. Viva Cosmetics

Selanjutnya, ada pemain lama yang menduduki peringkat empat: Viva Cosmetics! Yup, brand lokal tersohor ini berhasil capai sales volume dengan angka 4,78% pada periode 1—15 Mei 2022.

 

Meski strategi marketing yang diterapkan lebih berfokus pada tutorial dan make up look, tidak membuat performa penjualan produk skincare Viva Cosmetics jadi surut. Yang menjadi sorotan adalah produk Viva White Soothing Aloe Gel. Dengan harga yang hanya Rp16.000, kita bisa mendapatkan produk aloe vera gel dari Viva yang alcohol free & pH balanced

 

Klaim dari produk ini pun tak main-main. Pada deskripsi produk di e-commerce Shopee, Viva White Soothing Aloe Vera Gel diklaim mempunyai kandungan Aloe Vera Juice Concentrate dengan kekuatan 200 kali lipat yang mampu memberikan efek soothing, cooling, dan moisturizing guna menghindrasi serta melembapkan kulit wajah.

 

5. GIRLPAL

Produk aloe vera gel garapan brand GIRLPAL, yakni GIRLPAL Centella Asiatica Peeling Gel + Aloe Vera Gel Facial Glowing tak ketinggalan masuk peringkat lima besar aloe vera terlaris dengan sales volume sebesar 3,58% pada periode 1—15 Mei 2022. Brand dengan tagline “Make Your Skin Breathe Freely” ini sukses menempati peringkat kelima kategori aloe vera gel terlaris di e-commerce.

 

Melalui akun instagramnya, GIRLPAL konsisten membagikan tips-tips perawatan wajah. Tak hanya lewat foto, GIRLPAL juga rutin berbagi video untuk berkomunikasi dengan audiens. Strategi marketing video dengan melibatkan banyak model video yang berbicara langsung untuk memberikan tips cenderung membuat customer merasa “dekat” dengan brand terkait. 

 

Penelitian dari HubSpot Research mencatat sebanyak 54% konsumen lebih tertarik melihat video dari brand yang mereka dukung daripada konten berbentuk tulisan seperti email newsletter atau konten berupa gambar. Inilah yang barangkali membuat GIRLPAL berhasil menyabet top rank 5 dalam hal penjualan produk aloe vera gel.

 

6. Y.O.U

Dengan sales volume mencapai 3,01% pada periode 1—15 Mei 2022, brand Y.O.U resmi menduduki peringkat keenam dalam performa penjualan produk aloe vera gel di e-commerce Shopee dan Tokopedia.

 

Dari aktivitas media sosialnya, beauty brand dengan tagline “Long-lasting Beauty” ini terlihat cenderung mengandalkan konten berupa gambar dalam strategi marketing mereka. Isi kontennya variatif, mulai dari konten tips, product update, manfaat produk, kuis, dan testimoni pelanggan.

 

Konten yang variatif ternyata bisa membuat produk aloe vera gel Y.O.U, yakni Skin Energy Multi-functional Natural Aloe Vera jadi primadona e-commerce, nih!

 

7. The Face Shop

Pada peringkat selanjutnya, ada The Face Shop. Pencapaian sales volume sebesar 2,56% membuat Jeju Aloe Vera Fresh Soothing Gel kepunyaan beauty brand asal Korea Selatan ini menduduki top rank 7 penjualan aloe vera gel pada periode 1—15 Mei.

 

Dilansir dari SWA Online, Shella Huliselan selaku General Manager PT Duta Perdana Duta Persada (The Face Shop Indonesia), menyatakan bahwa pada awal masuk ke Indonesia, masyarakat masih belum mengenal The Face Shop, tetapi perlahan masyarakat diedukasi oleh staf toko tentang tiap produk dengan manfaatnya. Strategi marketing yang ditekankan perusahaan adalah selalu menekankan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh customer, misal jenis kulit konsumen seperti apa, untuk diberikan opsi produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitnya.

 

Dengan mengetahui persona customer secara mendalam, The Face Shop jadi mampu menggaet banyak customer yang akhirnya berimbas pada mantapnya performa penjualan mereka.

 

8. Guardian

Yup, toko kecantikan yang satu ini juga memiliki brand skincare, lho. Apalagi, produk aloe vera gel-nya laris manis di e-commerce dengan sales volume yang mencapai 1,97% pada periode 1—15 Mei 2022. Beauty store yang berdiri sejak 1990 ini memiliki Guardian Aloe Vera Gel sebagai produk aloe vera gel andalannya.

 

Yang menarik dari Guardian adalah strategi promosinya. Terdapat sebuah program promosi yang menjadi trademark Guardian, yaitu promo +Rp1.000 get 2 pcs. Artinya, pelanggan cukup menambah Rp1.000 saja untuk bisa mendapatkan 1 ekstra produk. Pada toko e-commerce pun Guardian konsisten memberikan informasi produk yang detail pada customer

 

9. Kwailnara

Kwailnara juga sukses menghasilkan sales volume di angka 1,77% pada periode 1—15 Mei untuk produk aloe vera gel. Adapun produk yang laris manis dari brand asal Negeri Ginseng ini bertajuk Kwailnara 98% Aloe Vera Moisture Real Soothing Gel.

 

Kemantapan performa penjualan Kwailnara terletak pada review-review pemakaian yang bagus di berbagai platform, mulai dari website blog, media sosial hingga Youtube!

 

10. NPURE

Terakhir, ada NPURE yang berhasil masuk dalam peringkat 10 top brand produk aloe vera gel terlaris periode 1—15 Mei 2022. Kesuksesan performa brand lokal bertajuk “Pure Beauty in Natural Way” ini tak lepas dari penjualan produknya, yaitu Cactus Aloe Vera Soothing Gel yang mencapai angka sales volume 1,72%. 

 

Yang unik dari NPURE adalah strategi marketing yang tak hanya menargetkan kaum wanita saja. Hal ini dapat dilihat keputusan NPURE yang menjadikan Rizky Febian sebagai Brand Ambassador-nya. Bahkan, pada salah satu postingan bertanggal 10 Mei 2022, NPURE menegaskan bahwa “Cowok juga butuh skincare!”.

 

Strategi marketing NPURE yang menargetkan pria dan wanita, membuat pangsa pasar mereka lebih universal sehingga dapat menjaring lebih banyak customer. Selain itu, jaminan komposisi yang terbuat dari bahan natural menjadi nilai tambah tersendiri di hati konsumen.

 

Kesimpulan

Berdasarkan data yang didapat oleh tim internal Compas, dapat disimpulkan bahwa Nature Republic masih menjadi pilihan nomor satu dalam kategori produk aloe vera gel. Kesuksesan 10 brand tersebut dalam merajai top rank produk aloe vera gel terlaris tentunya tak lepas dari strategi marketing yang mereka terapkan, apalagi jika ditambah dengan data-data penjualan yang membuat brand tersebut bisa menganalisa performa penjualan kompetitor.

 

Ingin mendapat market insight di kategori brand kamu? Compas Dashboard dapat membantu kamu dengan menyajikan data seputar penjualan para top brands di e-commerce sesuai kebutuhan perusahaan.

 

Beberapa kategori data yang kamu dapatkan antara lain: total sales revenue, total sales quantity, market share, daftar top brands, serta daftar produk terlaris. Periode waktunya pun dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Penasaran dengan Compas? Follow Instagram kami di link ini untuk tahu lebih lanjut, ya! kamu juga bisa langsung request untuk berdiskusi bersama tim Compas dengan mengisi form online melalui link berikut. Yuk, jadi jawara di e-commerce bersama Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.