SELAMA BULAN RAMADAN, HARGA NASTAR DI TOKO ONLINE NAIK HINGGA 135.5 PERSEN

SELAMA BULAN RAMADAN, HARGA NASTAR DI TOKO ONLINE NAIK HINGGA 137.5 PERSEN

Di bulan Ramadan, tren pembelian barang-barang secara online maupun offline cenderung meningkat dibandingkan bulan biasa. Terlebih pada Ramadan tahun ini, Indonesia masih berada dalam suasana pandemi Covid-19 dan beberapa wilayah juga masih diberlakukan PSBB. Dalam situasi tersebut tentunya banyak e-commerce di Indonesia yang menawarkan beragam promosi untuk menarik minat penggunanya selama bulan puasa, agar konsumen tetap berada di rumah.

Dari seluruh kegiatan belanja online selama bulan Ramadan, tentunya konsumen tidak akan lepas dari berbelanja camilan seperti kue kering, kurma, kacang, dan berbagai macam merk kue kaleng, untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa hingga menjelang Lebaran. Telunjuk.com sebagai e-commerce hub telah memantau sekitar 67.019 data produk kue kering, kue kaleng, kurma, hingga kacang di beberapa e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Dari data tersebut, terlihat bahwa selama bulan Ramadan total penjualan kurma di toko online mengalami kenaikan lebih dari 3000% bila dibandingkan sebelum Ramadan, yaitu dengan total penjualannya mulai dari hari pertama puasa (24/04) hingga Senin kemarin (11/05) mencapai 714 Juta Rupiah.  

Namun berdasarkan hasil riset yang sama, selama bulan Ramadan ini kue kering seperti nastar, putri salju, kastengel, kue kacang hingga kue semprit mengalami kenaikan harga dengan rata – rata sebesar 137.5% bila dibandingkan sebelum Ramadan. Harga untuk 500 gram kue kering yang sebelum Ramadan ini rata-rata sebesar Rp.40,000 kini harganya menjadi rata-rata sebesar Rp.95,000

Hal tersebut menjadi gambaran bahwa, kurma tetap menjadi favorit orang dalam berbuka puasa. Dan kue kering seperti nastar, putri salju kestengel dan kue kering lainnya juga tetap menjadi makanan wajib setiap orang dalam menyambut Lebaran. Walaupun Ramadan kali ini kita berada di dalam situasi pandemi covid-19, semoga kita tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat dan sanak saudara dengan selalu tenang di rumah.

Metodologi riset : Tim Riset Telunjuk melacak data harga, penjualan, dan transaksi belanja online di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak terhadap produk – produk Kue Kaleng bermerk Khong Guan, Gerry, Monde, Roma, Oreo, Selamat, Tango, Nissin, Good Times, Hatari serta generik keywords seperti : Kue Kaleng, Kacang Mede, Kurma, Kue Kering (Nastar, Kue Putri Salju, Kue Kastengel, Kue Lidah Kucing, Kue Semprit, Kue Widaran Keju, Kue Bawang, Kue Coklat Chip, Kue Kacang). . Data sampel berjumlah 67,019 list produk dan diambil berdasarkan periode tanggal 1 April 2020 hingga 11 Mei 2020.

Get Free Demo

Please fill all fields so we can get some info about you. We will never send you spam








Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *

X