harga masker turun

Sejak Himbauan Pemerintah Memakai Masker Kain, Kini Masker Medis Turun Harga Hingga Rp.8,500 / Pieces Di Toko Online

Seorang dokter mata bernama dr Ferdiriva Hamzah telah viral, cuitannya membahas soal harga masker mulai turun kembali ke harga normal. Ia pun menunjukkan bukti di mana ia berhasil mendapatkan masker dengan harga terjangkau. “Udah banyak masker sekarang dan gak mahal lagi. Ini cuma 9000-an isi 5 pcs. Kemaren sekotak isi 50 dijual 350 ribu.😤,” tulisnya di akun Twitter @Ferdiriva. Cuitan tersebut lantas mendapatkan respon luar biasa dari para netizen. Terhitung sudah ada 8,8 ribu retweet dan 19,3 ribu like yang didapatkan tweet tersebut. Memang di awal Maret yang lalu harga masker medis cukup tinggi dan langka di berbagai macam toko baik itu offline maupun online, terutama masker sensi dan masker N95

Semenjak himbauan pemerintah melalui Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo pada pers terkait Covid-19 di hari Senin (6/4) yang lalu mengatakan bahwa, “Masker medis hanya digunakan oleh dokter dan perawat. Masyarakat umum bisa menggunakan masker dari bahan kain dan bahan lain”. Namun pada akhir April ini apakah harganya masih tinggi? Telunjuk.com sebagai e-commerce hub telah memantau sekitar 15.771 data harga produk masker sensi dan masker N95 di beberapa e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Dari data tersebut terlihat bahwa harga Masker Sensi mengalami penurunan harga sebesar 22,27% yaitu mulai dari harga rata-rata Rp.110.000 / 10pcs di awal April hingga saat ini menjadi rata-rata hanya Rp.85.000 / 10pcs, yang berarti harganya mencapai Rp.8,500 / pcs.

Baca juga: Jelang Puasa, Harga Hand Sanitizer 50ml Turun Harga Hingga 83,56%

Sedangkan masker N95 juga mengalami penurunan, harga produk tersebut turun sebesar 27,27%. Yaitu harga mulai dari rata-rata Rp.110.000 / pcs di awal April hingga saat ini menjadi rata-rata Rp.80.000 / pcs.

Baca juga: Gara-gara Corona, Harga Vitamin Melonjak Melebihi Kenaikan Harga Gula dan Garam

Tentunya ini menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa janganlah kita menjadi panic buying karena terlalu khawatir dan menjadi kalap dalam membeli barang – barang kebutuhan. Terutama tidak baik pula apabila kita memanfaatkan situasi tersebut, hanya demi kepentingan pribadi saja yaitu dengan menjadi penimbun barang – barang kebutuhan selama pandemi covid-19 ini berlangsung.

Metodologi riset : Tim Riset Telunjuk melacak data harga, penjualan, dan transaksi belanja online di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak terhadap produk – produk Masker dengan merk Sensi dan N95 3M. Data sampel berjumlah 15,771 list produk dan diambil berdasarkan periode tanggal 1 April 2020 hingga 30 April 2020.

Get Free Demo

Please fill all fields so we can get some info about you. We will never send you spam







Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *

X