logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
5 Usaha Online Paling Laku Tahun 2022

5 Usaha Online Paling Laku Tahun 2022

5 Usaha Online Paling Laku Tahun 2022

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id –  Laporan terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2022 mengungkap, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 210 juta orang. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 35 juta orang dibandingkan periode sebelumnya. 

Artinya, terjadi pertumbuhan yang fantastis sehingga dapat memperbesar peluang bisnis online di Indonesia. Berbagai lembaga survei juga menjelaskan, pesatnya perkembangan bisnis online tersebut disambut baik oleh masyarakat. 

Terbukti, sudah ada 2,36 juta usaha e-commerce yang tersebar di Indonesia pada tahun 2020. Diperkirakan jumlah tersebut akan terus meningkat seiring besarnya kebutuhan masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis online

Mengapa Usaha Online Kini Digemari? 

Di sisi lain, usaha online memang digemari oleh pengusaha dan konsumen karena menghadirkan berbagai manfaat. Simak, alasan selengkapnya terkait penyebab usaha online kini kian digemari berikut ini.

1. Dari Sisi Pengusaha

Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian mencatat, nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada kuartal I tahun 2022 ini meraih nilai Rp108.54 triliun. Angka tersebut naik 23% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Tak mengejutkan apabila bisnis online jadi primadona usaha masyarakat Indonesia. 

Melansir dari Kominfo, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menjelaskan, bisnis e-commerce meraih transaksi sebesar Rp253 triliun pada 2020 lalu melejit hingga Rp337 triliun pada 2021. Data tersebut membuktikan bisnis online di Indonesia memiliki tren positif sehingga sudah sewajarnya jika banyak pelaku bisnis tertarik dengan usaha tersebut. 

Dari segi pelaku usaha, bisnis online menawarkan pasar yang luas sehingga pengusaha bisa menjangkau market dalam skala besar. Di samping itu, pengusaha dapat melakukan analisis pergerakan bisnis secara mudah dan instan, contohnya melalui e-commerce market insight

2. Dari Sisi Konsumen

Dalam pemaparan sebelumnya, telah dijelaskan bahwa secara data, usaha online begitu legit. Hal ini juga didasari dari perubahan perilaku konsumen dari yang awalnya menggemari belanja secara langsung dan sekarang beralih ke online shop

Kondisi ini tidak lepas dari pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas masyarakat sehingga belanja online jadi pilihan alternatif untuk memenuhi kebutuhan. Meski dilanda pandemi, belanja online di e-commerce justru meningkat setiap tahunnya.

Belanja online menawarkan berbagai keunggulan mulai dari kemudahan menemukan produk, memperoleh diskon dan disertai berbagai metode pembayaran. Tentu saja hal tersebut membuat pemenuhan kebutuhan sehari-hari jadi lebih praktis sehingga belanja online lebih disukai konsumen masa kini. 

5 Usaha Online Paling Laku Tahun 2022

Usaha Online Paling Laku Tahun 2022

Lantas, apa usaha online paling laku untuk dijadikan bisnis? Yuk, simak info selengkapnya mengenai bisnis online terlaris di e-commerce selama semester I – 2022 sebagai berikut. 

1. Produk perawatan & kecantikan

Usaha online paling laku yang bisa Anda coba adalah bisnis produk perawatan dan kecantikan. Data Compas Dashboard menemukan, kategori produk perawatan dan kecantikan paling laris terdiri dari perawatan wajah, perawatan tubuh, kosmetik bibir, kosmetik wajah, dan perawatan rambut. 

Perawatan wajah menjadi kategori produk paling laris dengan sales quantity hingga 19 juta pcs sepanjang semester I 2022 ini. Jika Anda perhatikan, sekarang ini banyak brand-brand lokal yang hadir meramaikan usaha online paling laku ini di e-commerce

Beberapa di antaranya seperti Scarlett, Whitelab, Azarine, Somethinc, Wardah, dan Madame Gie. Hebatnya lagi,  riset Compas Dashboard meninjau, sebagian besar brand lokal tersebut berhasil memimpin pasar produk perawatan dan kecantikan di e-commerce.

2. Produk bahan pokok

Sebagai kebutuhan wajib, sudah jelas jika bahan pokok menjadi produk yang laris di e-commerce. Bahan pokok meraih sales quantity sebanyak 3,4 juta produk lebih dengan sales volume sebesar 18,24% pada periode Januari – Juni 2022. 

Dalam pantauan Tim Compas, produk bahan pokok yang banyak dicari adalah beras. Jadi, Anda bisa menjajal berjualan beras atau produk turunannya sebagai usaha online paling laku saat ini. 

3. Produk makanan instan

Makanan instan memang jadi favorit konsumen di sela-sela kesibukan karena praktis sebagai penunda lapar. Data Compas Dashboard menunjukkan, makanan instan laris terjual hingga 3,2 juta produk di e-commerce

Beberapa rekomendasi makanan instan yang masuk usaha online paling laku di antaranya frozen food, mie instan, dan sereal. Khusus mie instan sejauh ini tercatat menjadi produk terlaris di e-commerce

4. Produk makanan ringan

Berikutnya ada kategori produk makanan ringan yang bisa Anda jadikan bisnis online di e-commerce. Sales quantity produk tersebut mencapai lebih dari 2,7 juta produk. 

Ada banyak jenis makanan ringan yang menarik untuk dijadikan usaha online paling laku. Beberapa varian makanan ringan tersebut terdiri dari keripik, kerupuk, kue kering, dan camilan pedas. 

5. Produk kesehatan

Selanjutnya ada produk kesehatan yang menjadi segmen bisnis yang performanya cukup  menurun sepanjang periode Januari – Juni 2022. Penjualan tertinggi produk kesehatan terjadi pada bulan Maret, sedangkan terendah di bulan Juni. 

Secara total, produk kesehatan terjual hingga 9,5 juta produk. Dalam pantauan Tim Compas, suplemen makanan menjadi salah satu kategori produk kesehatan yang banyak diminati di e-commerce.

Jika Anda memiliki bisnis serupa, maka bisa mengembangkan dan menerapkan strategi khusus untuk mendongkrak penjualannya secara online

5 Tips Memulai dan Mengembangkan Usaha Online

5 Tips Memulai dan Mengembangkan Usaha Online

Bisnis online sekarang ini memang semakin legit. Guna memaksimalkan potensi dan keuntungan dalam usaha online, simak tipsnya berikut ini. 

1. Kenali tren dan kebutuhan konsumen

Meski bisnis online kerap kali dipandang sebagai usaha yang mudah dijalankan, tapi kompetitornya tidaklah sedikit. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis online tersebut dan meraup banyak keuntungan, maka wajib mengenali tren dan memahami kebutuhan konsumen. 

Perusahaan yang tahu tren dan apa yang dibutuhkan pelanggan akan lebih mudah untuk membuat produk yang sesuai kebutuhan pasar. Produk yang bisa menjadi solusi bagi konsumen tentu saja banyak yang mencarinya. Dengan begitu, produk Anda akan laris sehingga sukses menjalani usaha online tersebut. 

2. Optimalkan strategi branding di media sosial

Setelah perusahaan berhasil menghadirkan produk yang dibutuhkan konsumen, maka langkah berikutnya adalah mengenalkan produk tersebut ke pasar. Caranya dengan lewat promosi dan yang paling mudah, yakni melalui media sosial. 

Promosi tersebut menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk membangun brand awareness seluas-luasnya sekaligus menawarkan produk. Optimalkan branding tersebut dengan menerapkan strategi digital marketing

3. Optimasi halaman produk

Melansir dari hingemarketing.com, sebanyak 80% calon pembeli akan menelusuri website terlebih dahulu untuk mengumpulkan informasi sebelum memutuskan membeli produk. Sebab itu, penting bagi perusahaan untuk mengoptimasi halaman produk dari website perusahaan atau brand

Optimalkan halaman produk dengan berbagai informasi yang menunjang kebutuhan konsumen. Misalnya, blog berupa review atau konten evergreen yang relevan dengan produk yang ditawarkan. 

Selain itu, lengkapi pula dengan foto produk, testimoni, dan lainnya yang sifatnya user friendly dan memikat mata. Hal tersebut akan mendorong calon konsumen untuk menjelajahi halaman produk sehingga membuka peluang untuk meningkatkan penjualan. 

4. Kolaborasi dengan partner potensial 

Sekarang ini, persaingan dalam bisnis tidak hanya melihat perusahaan lainnya sebagai kompetitor. Namun, perusahaan juga bisa melakukan kolaborasi untuk memperkuat posisi bisnisnya. 

Temukanlah partner bisnis yang relevan dan potensial untuk meningkatkan citra, brand awareness, atau penjualan perusahaan. Perlu Anda catat, pertimbangkan pula target dan benefit yang didapat sebelum melakukan kolaborasi. 

Dengan demikian, perusahaan dapat mengevaluasi dan mengukur secara akurat manfaat dari kolaborasi tersebut. Misalnya, kolaborasi dengan brand A untuk mencapai 50 leads dalam satu minggu. 

Jika berhasil, maka perusahaan dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan kolaborasi tersebut dan apabila gagal bisa menjadi bahan evaluasi kedepannya. Ini merupakan catatan penting agar perusahaan tepat dalam memilih partner yang menguntungkan dalam bisnis.

5. Perdalam riset pasar dan evaluasi bisnis

Bagi pelaku bisnis, menjalankan riset pasar adalah sebuah kewajiban karena perusahaan membutuhkan data agar strategi bisnis yang dijalankan tepat sasaran. Melalui riset pasar, perusahaan akan memperoleh data yang dapat dimanfaatkan dalam mengevaluasi bisnis. 

Sebab itu, perusahaan harus melakukan riset pasar sesuai kebutuhan bisnis. Dengan cara ini, perusahaan tidak lagi menerka-nerka strategi atau target pasar sehingga setiap pengambilan keputusan bisnis dapat diperhitungkan. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.