logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Pilihan Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

Pilihan Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

Pilihan Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

 

Author: Ivana Deva Rukmana

 

Compas.co.id – Bisnis F&B dikenal sebagai bisnis yang ramai peminat. Buktinya, pada kuartal II 2021, bisnis ini mengalami pertumbuhan sebesar 1,91% berdasarkan Databoks. 

Kebekenan bisnis F&B ini juga didukung dengan posisi wilayah Indonesia yang merupakan negara tropis dan dilintasi garis khatulistiwa.

Letak wilayah yang dilintasi khatulistiwa, tak ayal membuat Indonesia memiliki cuaca yang cukup panas. Mak, tak heran kalau bisnis minuman punya popularitas yang tinggi. Sebab, banyak orang yang membutuhkannya untuk melegakan dahaga dan memberikan kesegaran di tengah cuaca yang panas.

 

Peluang Usaha Minuman Kekinian Secara Online

Berdasarkan data yang didapat dari Databoks, diketahui bahwa bisnis sektor akomodasi dan F&B mengalami pertumbuhan sebesar 1,91% di kuartal II tahun 2021. Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan pada kuartal sebelumnya yang terkontraksi 1,8%.

Dengan pertumbuhan yang demikian besar, bisa dikatakan bahwa peluang usaha makanan dan minuman masih memiliki pertumbuhan yang positif.

Oleh karena itu, Compas telah merangkum 4 tips dan 5 ide bisnis minuman kekinian bermodal kecil bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis kuliner, khususnya di kategori minuman.

 

5 Ide Bisnis Minuman Kekinian Bermodal Kecil

5 Ide Bisnis Minuman Kekinian Bermodal Kecil

1. Ide Bisnis Es Kopi Kekinian

Dewasa ini, bisnis kopi kekinian tengah melejit. Jika sebelumnya kopi identik dengan minuman kesukaan bapak-bapak dan orang tua, kini kopi juga jadi minuman favorit kawula muda. Tak hanya dikonsumsi saat nongkrong di cafe, tren bisnis kopi juga telah merambah ke sektor bisnis online.

Dengan terjadinya pandemi di seluruh dunia, kebiasaan nongkrong pun jadi digantikan dengan aktivitas yang stay at home. Imbasnya, orang-orang yang tadinya biasa menikmati kopi di kafe jadi cenderung memesan kopi secara online dari rumah.

 

2. Ide Bisnis Minuman Cold Pressed Juice

Selain kopi, ide bisnis minuman sehat seperti cold pressed juice juga memiliki peluang besar. Selain segar, minuman jus yang satu ini juga menyehatkan. Dengan merebaknya tren hidup sehat sejak pandemi, cold pressed juice bisa jadi pilihan untuk menambah nutrisi dari minuman.

Untuk memulai bisnis minuman cold pressed juice, modal utama yang kamu butuhkan adalah alat cold press juicer, buah-buahan segar, dan botol untuk kemasan. Kamu juga bisa membuat kreasi sendiri dari kombinasi buah dan sayuran yang ada, seperti timun + buah pear + lemon atau bahkan buah apel + jahe + lemon. Namun, pastikan untuk menjajalnya sendiri sebelum dijual, ya!

 

3. Ide Bisnis Minuman Se-liter

Banyak franchise cafe yang kini menyediakan varian minuman seliter, mulai dari Kopi Kenangan, Chatime, bahkan Starbucks sudah punya paket minuman satu liternya masing-masing. Banyak digandrungi bisnis minuman satu liter ini menunjukkan adanya demand dan respons yang bagus dari pecinta kopi kekinian.

Tak hanya kopi, kamu juga bisa meracik minuman non kafein untuk para pelanggan yang tak terbiasa dengan kopi. Ide bisnis minuman yang satu ini pun tak mesti dijajakan di kedai. Kamu bisa mengeksekusi ide bisnis minuman satu liter dari rumah dengan memasarkannya secara online. Manfaatkan fitur-fitur promosi dan iklan yang disediakan oleh marketplace pilihanmu.

 

4. Ide Bisnis Sop Buah

Di siang hari yang panas, paling enak minum sop buah. Sehat, segar, dan nikmat dengan potongan buah-buahan segar di dalamnya. Modalnya cukup mudah dengan bahan-bahan yang sederhana karena tidak memerlukan alat khusus. Untuk menjalankan bisnis sop buah, yang kamu butuhkan adalah susu kental manis, air, es batu, dan potongan berbagai macam buah. Untuk takarannya bisa disesuaikan selera sambil diicip-icip, ya!

Biasanya, sop buah dijajakan secara offline di gerobak-gerobak dagangan. Namun, jika cuaca sedang panas-panasnya, terkadang kita jadi malas keluar rumah, bukan? Nah, dengan menjual sop buah secara online, pelanggan jadi bisa hemat waktu, hemat tenaga, sekaligus terhindar dari drama panas-panasan dan macet-macetan di jalan.

 

5. Ide Bisnis Minuman Susu Jelly Segar

Ingin memulai bisnis minuman, tetapi mau yang proses membuatnya mudah dan cepat? Bisnis minuman susu jelly jawabannya! Hanya bermodalkan kulkas dan dua bahan, kamu bisa langsung memasarkan produk susu jelly-mu secara online!

Terbilang praktis, komposisi dasar minuman susu jelly hanya terdiri dari dua bahan: susu berperisa dan potongan jelly. Cara pembuatannya juga sederhana. Tinggal mencampur rata semua bahan, masukkan ke botol kemasan, lalu simpan di lemari es hingga dingin. Voila! Es susu jelly sudah siap untuk dijual.

 

4 Tips Memulai Usaha Minuman Kekinian Online

Dalam menjalankan usaha minuman kekinian secara online, ada beberapa tips yang dapat diikuti agar bisnis Anda sukses!

 

1. Gunakan Berbagai Marketplace untuk Berjualan

Dalam memulai bisnis online, ada baiknya jika Anda menggunakan berbagai platform sekaligus. Mulai dari e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, media sosial, hingga aplikasi pengantaran makanan seperti Grab dan Gojek.

Dengan menggunakan berbagai marketplace untuk memasarkan produk, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens.

 

2. Sediakan Berbagai Pilihan Metode Pembayaran

Yang kedua, usahakan untuk menyediakan berbagai metode pembayaran. Karena usaha Anda dijalankan secara online, maka gunakanlah metode pembayaran yang praktis.

Anda dapat memanfaatkan e-wallet, metode transfer bank, atau bahkan COD (cash on delivery).

 

3. Manfaatkan Diskon dan Promo Aplikasi

Platform berjualan online biasanya mengadakan promo-promo menarik di waktu tertentu, misalnya saat tanggal kembar. Anda dapat memanfaatkan diskon dan promo dalam aplikasi untuk menggaet lebih banyak pembeli.

Aktifkanlah fitur diskon dan promo yang diberikan aplikasi, mulai dari potongan harga hingga gratis ongkos kirim.

 

4. Promosikan Produk Lewat Fitur Iklan

Selain mengadakan diskon dan promo, umumnya platform marketplace juga menyediakan fitur ads atau iklan berbayar. Tak ada salahnya untuk menjajal fitur yang satu ini jika Anda benar-benar baru memulai usaha dan memerlukan lebih banyak audiens sebagai brand awareness.

 

Kesimpulan

Setelah menyimak berbagai tips dan ide bisnis minuman kekinian dari Compas, kini Anda tak ragu lagi ‘kan untuk segera memulai bisnis sendiri?

Namun, jangan lupa bahwa sebelum benar-benar menjalankan usaha, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dulu untuk memastikan “penerimaan” target pasar terhadap produk yang akan dijual.

Masalahnya, dari mana Anda bisa mendapatkan data riset pasar yang akurat, khususnya di platform e-commerce? Tentu Compas Dashboard jawabannya!

Melalui produk Compas yang satu ini, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Contact Us atau DM Instagram Compas, ya!

 

Source: Dashboard Compas.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.