Author: Nabila Suci Andini
Peran Data dalam Membantu Brand Tetap Unggul Bersaing di Pangsa Pasar
Compas.co.id – Data sangat berperan dalam meningkatkan kemajuan bisnis e-commerce saat ini dan termasuk aset penting yang harus dimiliki oleh perusahaan maupun brand karena informasi yang tercantum sangat membantu untuk menentukan arah kemajuan bisnis e-commerce tersebut. Dalam kondisi saat ini penggunaan e-commerce tentu telah mengalami perkembangan di bidang bisnis, khususnya dalam lingkup perusahaan berskala besar karena dipandang dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam kelancaran dan kemajuan bisnis. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian lembaga Inggris, yakni Merchant Machine, dimana kemajuan bisnis e-commerce Indonesia tergolong cepat di dunia, yakni meningkat sebesar 78% pada 2018 dan menempati peringkat ke-7 secara global pada 2019 (Taufiq, 2022).
Dengan perkembangan teknologi saat ini, maka fenomena tersebut menjadi tantangan baru bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan kemajuan bisnis sektor e-commerce, Compas.co.id selaku business intelligence memiliki kapabilitas dalam melakukan analisis market insight e-commerceyang berfokus kepada data produk terlaris (top brand), data harga produk di pasar, dan data top brand, serta analisis kompetitor per kategori secara near real time. Selain itu, manfaat lain dalam menggunakan data analisis e-commerce, yakni sebagai katalisator untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih besar lagi. Artikel ini akan membahas bagaimana peranan data dapat meningkatkan kemajuan bisnis di sektor e-commerce, khususnya pada tahun 2024.
1. Pemahaman Pelanggan yang Lebih Mendalam
Peran utama data dalam e-commerce, yaitu memberikan pemahaman yang lebih detail dan spesifik mengenai perilaku customers, khususnya dalam hal berbelanja dan berkomunikasi. Data juga dapat membantu brand untuk mengidentifikasi tren pembelian, preferensi produk, dan pola interaksi customers di platform e-commerce.Dengan memiliki pemahaman dalam hal ini, maka merancang dan melaksanakan strategi digital marketing menjadi efektif dan efisien.
Selain itu, dengan memahami hasil analisis data transaksi, penjual dapat mengidentifikasi produk yang sering terjual bersamaan atau tren waktu belanja tertentu. Informasi tersebut juga akan berguna untuk menyesuaikan stok, menyusun paket penawaran khusus, atau mengoptimalkan campaign pemasaran.
2. Penentuan Harga yang Optimal
Peran selanjutnya dari data, yakni penentuan harga. Harga yang optimal untuk sebuah produk maupun jasa dapat ditetapkan dengan merujuk pada hasil analisis harga pesaing dan permintaan pasar, dimana brand dapat mengatur strategi harga secara personal untuk tetap bersaing dan memaksimalkan keuntungan. Di sinilah pentingnya peran data. Data dapat memberikan wawasan tentang bagaimana reaksi customers terhadap perubahan harga, apakah menjadi lebih responsif terhadap diskon atau program loyalitas atau justru sebaliknya. Dengan pemahaman ini, penentuan harga menjadi lebih cerdas dan berbasis fakta.
3. Analisis Pesaing Agar Unggul dalam Bersaing
Salah satu aspek yang tidak dapat dihindarkan dalam bidang bisnis adalah persaingan. Dalam sektor e-commerce yang sangat dinamis, analisis pesaing atau kompetitor melalui data menjadi kunci rahasia untuk satu langkah lebih ungul dalam bersaing. Dengan meninjau aktivitas pesaing, mulai dari strategi marketing, penawaran produk, dan interaksi dengan customers, maka disimpulkan bahwa sebuah brand mampu mengidentifikasi peluang atau ancaman yang bisa saja timbul akibat perubahan strategi dan kebijakan. Analisis data juga akan sangat berguna untuk mengukur performance pesaing dan pengambilan keputusan.
4. Pengambilan Keputusan Berbasis Data
Dalam mengambil keputusan diperlukan dasar yang kuat, dan data menyediakan hal tersebut. Brand e-commerce yang memaksimalkan penggunaan data secara efektif mampu membuat keputusan berdasarkan fakta yang nyata, bukan hanya intuisi semata, apabila suatu data menunjukkan bahwa produk tertentu memiliki performa tinggi selama periode waktu tertentu, maka keputusan untuk meningkatkan jumlah stok produk tersebut dapat diambil. Tentu saja hal ini akan mencegah kelebihan persediaan maupun kehabisan stok
5. Inovasi Produk yang Terarah
Peran data yang terakhir, yakni dalam hal inovasi produk agar lebih terarah. Sebuah brand yang berhasil memahami tren pasar dan kebutuhan pelanggan melalui data, maka brand tersebut juga berhasil dalam pengembangan produk, fitur atau layanan baru yang sesuai dengan permintaan pasar. Di sisi lain, brand juga akan dalam memenuhi ekspektasi dan kebutuhan customers.
Kesimpulan
Dalam menghadapi tantangan pasar e-commerce yang semakin kompleks, peran data dalam kemajuan sektor e-commerce tidak dapat diabaikan. Data adalah kunci sukses untuk memahami customers, bersaing dengan pesaing, mengambil keputusan berdasarkan bukti, dan terus berinovasi. Oleh karena itu, Compas.co.id siap sedia membantu dengan memberikan data terupdate dan informasi yang kredibel agar setiap brand dari bisnis e-commerce dapat meraih kemajuan yang berkelanjutan dan tetap relevan. Dengan demikian, Compas turut serta berperan untuk memberikan pandangan baru bahwa peran data tidak hanya sekadar angka, namun juga menjadi fakta.