7 Keuntungan Membuat Chatbot Whatsapp untuk Bisnis Online Anda
Author: Farah Ramadhani
Sering merasa kewalahan dengan chat online shop yang tetumpuk? Membuat chatbot Whatsapp bisa jadi salah satu solusi untuk meningkatkan penjualan produk online Anda, lho. Fitur-fiturnya pun tidak berbayar alias gratis.
Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memaksimalkan penggunaan bot Whatsapp ini. Simak daftar keuntungan membuat chatbot Whatsapp dan cara mengaktifkannya di artikel ini, ya.
7 Keuntungan Membuat Chatbot Whatsapp Untuk Bisnis Online
1. Respon Pelanggan Lebih Cepat
Keuntungan yang pertama adalah Anda dapat merespon pelanggan dengan lebih cepat daripada chat manual. Dengan fitur Whatsapp bot ini, akun bisnis Anda dapat dipegang oleh lebih dari satu admin di berbagai perangkat. Hal ini tentu akan mempersingkat waktu tunggu pelanggan untuk pembalasan chat.
2. Meningkatkan Customer Trust
Tak hanya di Instagram, Whatsapp juga memiliki fitur centang atau verified account. Dengan memiliki akun Whatsapp bercentang hijau (verified) maka kredibilitas Anda di mata calon pembeli juga akan meningkat. Artinya akun bisnis Anda sudah terpercaya.
3. Menyediakan Informasi Melalui Auto Reply
Ketika membuat chatbot Whatsapp, Anda akan diberi info mengenai fitur auto reply. Artinya, Anda dapat mengaktifkan fitur menjawab pesan secara otomatis. Pesan ini dapat diatur sendiri, seperti greeting message atau kata sambutan, informasi harga produk, bantuan untuk melakukan transaksi, mengirim gambar produk dan sebagainya.
4. Efisiensi Customer Service
Ketika bisnis Anda sedang mengadakan sale atau suatu campaign, tentu Anda ingin memnginfokan hal tersebut kepada pelanggan dan calon pelanggan secara bersamaan. Hal tersebut akan sedikit ribet jika dilakukan secara manual.
Fitur Whatsapp bulk dapat membantu Anda mengirim pesan dalam jumlah banyak secara bersamaan (broadcast messages) tanpa harus menyimpan nomor pelanggan. Dengan fitur ini, tentunya Anda dapat memaksimalkan kinerja customer service perusahaan.
5. Analisa Performa Bisnis
Peningkatan kualitas customer service tentu membutuhkan laporan analisis kinerja dalam periode waktu tertentu. Dengan membuat chatbot Whatsapp, Anda dapat mengakses analisis interaksi bisnis dalam dashboard.
Dashboard tersebut akan memuat informasi terkait kinerja tim dalam menjawab chat, tren penjualan yang dihasilkan dari Whatsapp, hingga data pelanggan untuk mendukung peningkatan pelayanan bisnis Anda.
6. Mengumpulkan Feedback Pelanggan
Meningkatkan kepuasan pelanggan dapat Anda lakukan melalui feedback dari mereka. Namun, beberapa customer cenderung malas untuk mengisi form feedback dari Google. Chatbot Whatsapp dapat Anda manfaatkan untuk survey kepuasan pelanggan.
Ajukan pertanyaan terkait kepuasan mereka terhadap layanan, bagaimana mereka menyukai produk Anda, hingga menanyakan apa yang bisa ditingkatkan dari layanan saat ini. Melalui chat, pelanggan akan merasa lebih mudah untuk berkomunikasi dan Anda pun dapat mengumpulkan umpan balik tersebut untuk peningkatan layanan.
7. Meningkatkan Produktivitas
Keuntungan yang terakhir adalah penggunaan Whatsapp bisnis dapat meningkatkan produktivitas customer service. Melalui fitur-fitur yang telah disebutkan diatas seperti auto reply dan bulk messages, staf Anda dapat lebih fokus menyelesaikan masalah yang ada.
4 Cara Membuat Chatbot Whatsapp
Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, Anda bisa membuat chatbot Whatsapp untuk bisnis Anda sendiri. Berikut 4 langkah mudah membuat chatbot Whatsapp yang bisa Anda lakukan.
- Download Aplikasi
Berbeda dengan Whatsapp biasa, untuk mengaktifkan fitur chatbot, Anda harus mendaftar melalui Whatsap Business. Aplikasi ini dapat Anda unggah melalui Play Store atau App Store
- Daftar Akun
Setelah memiliki aplikasinya, langkah selanjutnya adalah membuat akun. Pastikan terlebih dahulu apakah nama bisnis dan nomor telepon Anda tersedia dan belum digunakan orang lain. Perlu diingat bahwa nama akun bisnis tersebut tidak bisa diubah lagi.
- Melengkapi data profil akun bisnis
Setelah akun selesai dibuat, Anda akan diminta untuk melengkapi profil bisnis. Data yang perlu dilengkapi meliputi jenis usaha, foto produk, hingga jam buka toko online Anda.
- Mengisi form pemesanan produk bisnis
Terakhir, Anda dapat menambahkan opsi form yang akan dikirimkan ke pelanggan ketika mereka akan melakukan pembayaran. Komunikasi antar agen dan pelanggan dapat berjalan dengan baik melalui form yang Anda buat.
Membuat Chatbot Whatsapp dapat meningkatkan layanan bisnis Anda di berbagai aspek. Cara membuatnya mudah dan berbagai fitur dapat Anda nikmati secara gratis. Dengan memaksimalkan layanannya, bisnis Anda pun dapat berkembang dengan cepat.
Selain mengoptimasi layanan, meningkatkan penjualan toko online Anda bisa lebih maksimal dengan bantuan data, lho. Compas Dashboard dapat membantu bisnis dalam meningkatkan strategi pemasaran melalui data penjualan e-commerce.
Data yang tersedia meliputi insight brand serta kompetitor Anda meliputi penjual terlaris, top brand, produk paling banyak terjual, market share tiap kategori, hingga total sales revenue. Data tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusaan seperti kategori dan periode tertentu.
Tertarik untuk akses data penjualan Compas Dashboard? Ketahui info lain mengenai produk Compas dengan follow dan DM Instagram Compas di link ini, ya. Anda juga dapat langsung menghubungi Compas melalui link ini. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan Compas Dashboard!