logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
Jualan Makanan Apa yang Cepat Laku

Dijamin Cuan! 10 Jualan Paling Laris di Shopee

Dijamin Cuan! 10 Jualan Paling Laris di Shopee

Author: Lia Sutiani

Compas.co.id – Tren bisnis jualan makanan secara online kini bukanlah hal baru. Pelaku bisnis makanan bisa menjual produknya lewat online di berbagai platform digital seperti e-commerce, media sosial, atau bergabung sebagai partner marketplace

Jualan makanan online juga menawarkan banyak manfaat sehingga jadi rekomendasi tepat apabila tertarik menjalankan bisnis tersebut. Dalam jualan produk termasuk makanan, tentunya perlu memperhatikan kebutuhan konsumen. 

Sebaiknya kenali beberapa ide jualan makanan yang cepat laku secara online. Dapatkan info selengkapnya mengenai ide bisnis makanan tersebut berikut ini. 

Besarnya Peningkatan Penjualan Makanan secara Online Belakangan Ini

Riset Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020 mengungkap sebanyak 71,74% usaha makanan dan minuman di Indonesia telah memanfaatkan media online dalam mempromosikan produknya. Kondisi ini mengisyaratkan para pebisnis kuliner telah melakukan adaptasi ke arah digital. 

AVP of Category Development for FMCG and Long Tail Categories Tokopedia, Jessica Stephanie menjelaskan, tren penjualan makanan dan minuman selama 2020 bahkan meningkat hingga 3x lipat. Hal ini lantaran adanya pandemi Covid-19 sehingga tren belanja makanan online pun lebih digemari konsumen. 

Maka, tak mengejutkan jika belakangan ini banyak pelaku usaha menggeluti bisnis jualan makanan secara online terutama di beberapa e-commerce raksasa di Indonesia seperti Tokopedia dan Shopee. 

Baca juga: Catat! 5 Ide Jualan Makanan Online yang Laris

5 Makanan yang Pasti Laku Dijual Secara Online

5 Makanan yang Pasti Laku Dijual Secara Online

Kembangkan bisnis kuliner Anda dengan menjual aneka makanan yang pasti laku dijual online. Berikut daftar kategori makanan terlaris sepanjang periode April – Juni 2022 di e-commerce yang bisa Anda coba.

1. Mie pasta instan

Penjualan mie pasta instan di Shopee dan Tokopedia mencapai 935,6K produk. Penjualan ini termasuk tertinggi di antara kategori produk makanan lainnya yang dijual di e-commerce tersebut. 

Dari segi konsumsi, masyarakat Indonesia sepertinya memang menggemari mie instan. Data World Instant Noodles Association (WINA) pada 2021 membuktikan konsumsi mie instan di Indonesia mencapai 13,27 miliar porsi dan termasuk terbesar kedua setelah China/Hong Kong. 

Sementara dari segi industri, pemain utamanya masih dipimpin oleh brand-brand lokal seperti Indomie dan Mie Sedaap. Kedua brand tersebut juga terus melakukan inovasi dengan menghadirkan varian rasa baru pada mie instan untuk menarik minat konsumen. 

2. Biskuit kue kering

Apabila Anda bergerak di bisnis camilan manis seperti biskuit atau kue kering, maka usaha tersebut sangatlah potensial laris di e-commerce. Dalam pantauan Tim Compas, biskuit kue kering terjual hingga 677,4K di Shopee dan Tokopedia. 

Umumnya, biskuit kue kering lebih laku ketika menjelang perayaan hari raya tertentu seperti Idul Fitri, Natal, Imlek, dan lainnya. Kue kering sendiri memang sangat cocok disuguhkan pada momen-momen tersebut sehingga banyak dicari menjelang hari raya besar. 

Bahkan, data Compas Dashboard mencatat penjualan kue kering mampu tembus Rp5 miliar pada periode 1-18 Februari 2021. Kategori produk kue kering menjadi makanan terlaris dengan persentase penjualan sebesar 50,6%.

3. Keripik kerupuk

Keripik kerupuk termasuk salah satu camilan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Penjualan camilan tersebut pun cukup menjanjikan, yakni laku sebanyak 289,5K produk. 

Saat ini, ada banyak sekali jenis keripik kerupuk yang bisa Anda jadikan bisnis atau mengembangkan produk tersebut. Misalnya, dengan varian rasa baru atau dari jenis bahan yang berbeda. Biasanya, keripik kerupuk terbuat dari singkong, kentang, sayuran, tempe, buah, dan lainnya. 

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Makanan Online

4. Sereal

Meski sereal bukanlah makanan pokok yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia, tapi makanan tersebut bisa jadi opsi terbaik sebagai menu sarapan atau penunda lapar. Produk sereal di Shopee dan Tokopedia memperoleh penjualan sebesar 225,9K produk.

Data Compas Dashboard menunjukkan penjualan produk pada kategori sereal di e-commerce dikuasai brand-brand besar seperti Fitbar, Energen, dan Quaker selama periode 14-28 Februari 2022. 

5. Makanan siap saji

Makanan siap saji dalam kategori ini merupakan jenis makanan yang praktis untuk dihidangkan. Kategori makanan tersebut meraih penjualan sebanyak 195,3K produk. 

Dari data tersebut, Tim Compas menemukan bahwa penjualan produk makanan siap saji di Shopee lebih unggul ketimbang di Tokopedia. Tentunya, ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih e-commerce tempat jualan produk tersebut. 

5 Tips Berbisnis Makanan secara Online

5 Tips Berbisnis Makanan secara Online

Meski bisnis makanan termasuk usaha yang tidak ada matinya, namun banyak pesaingnya. Simak, beberapa tips berikut agar bisnis jualan makanan online Anda lebih unggul dari kompetitor.

1. Buat nama merek dan brand yang menarik

Salah satu hal yang membuat seseorang mudah teringat atau mendatangkan brand awareness bagi konsumen, yakni dari nama merek atau brand dari produk yang menarik. Merek atau brand termasuk komponen utama dalam kesuksesan branding

Disarankan menggunakan nama merek dan brand yang tidak hanya menarik atau sekadar unik, tapi juga mudah dikenal dan diingat. Biasanya, konsumen akan lebih mudah mengenali merek atau brand karena namanya terdengar unik atau memiliki kesan tertentu. 

Beberapa contoh bisnis yang memiliki nama merek atau brand yang unik tersebut di antaranya Burger King, Kopi Kenangan, Janji Jiwa, Menantea, dan lainnya. 

2. Aktif promosi di media sosial

Pemasaran di media sosial sekarang ini termasuk strategi yang paling potensial untuk meningkatkan brand awareness sekaligus penjualan produk. Manfaatkan media sosial untuk promosi bisnis Anda dan sesuaikan dengan target konsumen. 

Saat ini, promosi di media sosial kian menarik ketika suatu konten berhasil viral. Sesuaikan konten bisnis dengan konten yang sedang viral tersebut. Biasanya, cara seperti ini cukup ampuh untuk menarik perhatian audiens. 

Selain itu, lengkapi dengan foto produk yang membawa rasa lapar atau video testimoni mengenai produk makanan yang Anda jual. Lewat cara ini, Anda bisa meyakinkan audiens bahwa produk tersebut worth it dan dapat dipercaya baik dari segi cita rasa, higienis, dan pelayanan. 

3. Mempertahankan cita rasa disertai inovasi

Namanya bisnis jualan makanan sudah pasti cita rasa jadi pertimbangan utama bagi konsumen. Produk yang murah sekalipun tidak akan laku jika rasanya tidak enak. 

Sebab itu, pertahankan cita rasa enak tersebut jika Anda berhasil menciptakan resep makanan yang tepat dan terbukti laris. Di sisi lain, cobalah lakukan inovasi atau pengembangan varian makanan agar konsumen tidak mudah bosan. 

Baca juga: 7 Cara Mengembangkan Bisnis Makanan Online

4. Memanfaatkan event bazar

Meski bisnis jualan makanan tersebut dijalankan secara online, tidak lantas membuat Anda menghindari promosi secara offline. Justru event offline dapat membuka kesempatan bagi bisnis Anda untuk meraih konsumen secara langsung. 

Misalnya, dengan mengikuti bazar makanan dan event semacamnya. Anda sekaligus bisa menawarkan bahwa produk makanan yang dijual juga tersedia secara online. Berawal dari promosi offline ini, ada kemungkinan konsumen tertarik kembali dan membeli produk Anda lewat online

5. Menawarkan promosi khusus

Tips berbisnis makanan secara online berikutnya, yaitu dengan memberikan diskon atau promosi khusus. Strategi seperti ini seringkali ditemukan pada bisnis jualan makanan yang baru launching atau buka cabang untuk menarik massa secara instan. 

Jika bisnis sudah berjalan, Anda juga dapat menerapkan strategi tersebut pada waktu tertentu. Contohnya, saat peluncuran varian produk baru atau perayaan momen tertentu seperti diskon cokelat spesial memperingati Hari Valentine dan sebagainya. 

Itulah rangkaian informasi seputar makanan yang paling laku dijual secara online yang bisa jadi referensi bagi Anda. Dalam pengembangan bisnis tersebut, Anda juga membutuhkan riset agar produk yang Anda rilis sesuai kebutuhan pasar. 

Melalui produk Compas, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!

Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan KLIK DI SINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.