Cara Meningkatkan Penjualan Online

5 Cara Meningkatkan Penjualan Online saat Harbolnas

Author: Farah Ramadhani

Harbolnas atau hari belanja online nasional merupakan event yang dilaksanakan setiap akhir tahun di e-commerce. Mengikuti event ini merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan online brand Anda secara maksimal.

Dengan strategi yang tepat, Anda bisa meraih kenaikan penjualan berkali-kali lipat seperti yang dialami beberapa brands saat Shopee 10.10 kemarin. Compas telah merangkum beberapa cara meningkatkan penjualan online saat harbolnas. Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

Cara Meningkatkan Penjualan Online

1. Lakukan Analisa Penjualan

Data perbandingan tentu sangat penting untuk menentukan langkah brand Anda selanjutnya. Misalnya, data penjualan saat event e-commerce bulan lalu bisa menjadi acuan untuk menentukan strategi penjualan di bulan ini.

Compas Dashboard dapat membantu brand Anda melakukan analisa penjualan dengan menampilkan data sesuai kebutuhan perusahaan. Dari data Compas, Anda bisa mendapat insight mengenai brand dengan penjualan terbesar, hingga strategi apa yang digunakan kompetitor hingga bisa bersaing.

2. Planning Penawaran Produk

Sesudah melakukan analisa, cara meningkatkan penjualan online berikutnya adalah dengan melakukan rencana atau planning promosi produk yang akan Anda tawarkan. Misalnya, di data sebelumnya, barang dengan promosi diskon mengalami kenaikan penjualan lebih banyak dari barang dengan promo lainnya.

Terkadang, strategi penawaran produk juga bisa digabungkan untuk mencapai kelipatan penjualan yang drastis. Contohnya adalah strategi diskon bundling products seperti yang dilakukan beberapa brands saat Shopee 10.10 kemarin

3. Siapkan Persediaan Barang

Sudah menentukan strategi yang tepat? Sekarang saatnya mempersiapkan stok barang yang akan Anda jual. Anda juga memerlukan data hasil analisa pasar untuk step ini. Dengan mengetahui informasi berapa produk yang terjual, Anda bisa menyiapkan stok barang yang sesuai.

Antisipasi banyaknya produk yang akan terjual akan membantu Anda untuk menaikkan sales selama event berlangsung. Untuk mengetahui lebih lanjut, baca Compas Market Insight Report Shopee 10.10 melalui link ini.

4. Pastikan Teknis dan Operasional Siap

Jumlah penjualan yang melambung tinggi saat event dapat membuat tim Anda kewalahan. Oleh karenanya, persiapkan terlebih dahulu rencana brand Anda saat event berlangsung mulai dari rekap pesanan, pengemasan, hingga pengiriman barang.

Pelajari juga alur pemesanan di e-commerce untuk menghindari human error seperti salah input alamat atau kekurangan pada barang yang dipesan. Pastikan juga koneksi internet Anda lancar untuk memantau progress penjualannya, ya.

5. Promosikan di Semua Channel

Setelah persiapan penjualan beres, jangan lupakan kegiatan marketing dengan promosi di semua channel brand Anda. Infokan kepada followers, calon pembeli, dan loyal customers Anda tentang penawaran yang sedang berlangsung.

Anda juga bisa membuat konten dengan ide yang unik sehingga bisa menonjol di sosial media. Dari riset yang dilakukan Hootsuite, beberapa platform yang banyak dikunjungi oleh pengguna aktif di Indonesia adalah Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok.

6. Tampilkan Testimoni Positif dari Pelanggan

Testimoni pelanggan penting bagi bisnis untuk menginfokan bahwa brand Anda memang terbukti memiliki kualitas yang baik. Untuk memperolehnya, Anda harus konsisten dengan kualitas produk dan layanan customer service.

Pada halaman produk di e-commerce, rating dari pelanggan akan ditampilkan di bagian bawah. Semakin banyak rating positif yang untuk produk Anda, maka semakin besar pula peluang calon pembeli untuk percaya dan berakhir membeli.

Analisis data memang merupakan dasar cara meningkatkan penjualan online, terutama saat harbolnas. Compas Dashboard dapat membantu Anda melakukan analisis penjualan di periode waktu sesuai kebutuhan perusahaan.

Beberapa data yang bisa Anda dapatkan dari Compas Dashboard adalah top brands, jumlah market share, daftar product listings, serta total sales revenue. Dengan data tersebut, Anda dapat menentukan strategi yang tepat saat harbolnas berlangsung.

Dapatkan info lebih lanjut di Instagram Compas melalui link berikut. Anda juga dapat langsung menghubungi tim kami dengan klik link ini jika tertarik dengan produk Compas. Yuk, jadi jawara di e-commerce dengan Compas Dashboard!


Mau bisnis Anda mengalahkan kompetitor dan memenangkan pasar dengan bantuan data insight seperti di atas? Yuk hubungi tim Compas

Dapatkan Data Pasar Sekarang

Artikel Terkait

Leave a Comment

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Pasar Terkini! Hubungi Compas Segera!

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Copyright © 2020 Compas.co.id by Telunjuk.com

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.