Fantastis! Hanya 2 Minggu Brand Lipstik Lokal Tembus Revenue Tertinggi di E-commerce, Siapa Jawara Pertama?
Author: Lia Sutiani
Compas.co.id – Bicara soal make-up, rasanya tak lengkap tanpa menggunakan lipstik. Bagi perempuan, lipstik tidak hanya untuk membuat bibir tanpa merona. Lipstik juga bermanfaat melindungi dan melembabkan bibir sehingga meningkatkan kepercayaan diri penggunanya.
Riset dari Western Australia’s Edith Cowan University mengungkap bahwa 85% dari 300 wanita mengaku lebih percaya diri ketika menggunakan lipstik dan 82% merasa puas dengan dirinya. Tidak mengherankan jika lipstik jadi produk make-up wajib yang perlu dimiliki para beauty enthusiast.
Data penjualan Compas pada Juni 2021 menemukan bahwa penjualan kosmetik bibir di Shopee mencapai total penjualan hingga Rp25.22 miliar. Brand lipstik yang menduduki puncak top produk terlaris, yakni Maybelline. Menariknya, menurut data riset Compas, brand kosmetik asal Amerika tersebut kembali merajai penjualan lipstik di Indonesia pada pertengahan bulan Agustus 2022 ini.
5 Top Brand Lipstik yang Kuasai Tokopedia dan Shopee Periode 16-31 Agustus 2022
Data Compas.co.id telah mengakurasi total penjualan produk lipstik di Tokopedia dan Shopee mencapai angka Rp14.8 miliar pada periode 16-31 Agustus 2022. Lantas, brand apa saja yang meraih top 5 penjualan terlaris di e-commerce? Simak selengkapnya data Tim Compas berikut ini.
1. Maybelline
Bagi beauty enthusiast tentu tidak asing dengan brand kosmetik asal Amerika yang sudah berdiri sejak 1915 ini. Brand tersebut sudah lama dikenal sebagai brand kosmetik ternama di dunia yakni tersedia di lebih dari 120 negara.
Menurut riset Tim Compas, total penjualan produk lipstik Maybelline mencapai Rp5.4 miliar pada periode tersebut. Ada dua produk Maybelline yang sukses menjadi top produk lipstik terlaris, yakni Maybelline Superstay Vinyl Ink dan Maybelline Superstay Matte Ink. Masing-masing produk tersebut mencapai sales revenue sebesar Rp2.1 miliar dan Rp1.7 miliar.
Ditinjau dari segi harga, produk-produk kosmetik Maybelline ini memang dikenal lebih mahal dibandingkan beberapa brand lainnya. Harga produk terlarisnya, Maybelline Superstay Vinyl Ink dibanderol pada kisaran Rp116.000 – Rp.124.000. Tinjauan Tim Compas menemukan terjadi penurunan harga produk lipstik Maybelline minggu terakhir bulan Agustus 2022.
Hal tersebut diduga menarik daya tarik konsumen sehingga penjualannya naik. Di sisi lain, ini bukan kali yang pertama Maybelline berhasil menduduki posisi pertama sebagai top brand lipstik. Pada Juni 2021, brand tersebut juga berhasil meraih juara satu sebagai top brand terlaris di Shopee. Ini membuktikan bahwa Maybelline mampu menjaga kualitasnya dan masih bersinar dalam bisnis kosmetik meski sudah berusia lebih dari seabad.
2. PINKFLASH
Peringkat kedua top brand lipstik dicapai oleh PINKFLASH, brand make up asal China yang dikenal akan harganya yang super affordable alias terjangkau. Pada periode tersebut, brand PINKFLASH mampu mencapai total penjualan sebanyak Rp1.5 miliar.
Produk PINKFLASH yang berhasil masuk jajaran top produk lipstik terlaris adalah PINKFLASH Matte Lipstick. Berbeda dengan kompetitor sebelumnya, produk lipstik PINKFLASH ini harganya jauh lebih murah, yakni sekitar Rp16.000 di e-commerce. Harga yang terjangkau tersebut bisa jadi strategi yang jitu untuk memikat konsumen Indonesia.
3. Madame Gie
Top brand lipstik peringkat ketiga kali ini diraih oleh brand lokal yang tergolong masih baru, yaitu Madame Gie. Meski pendatang baru dalam bisnis kosmetik, data Compas menemukan bahwa brand tersebut mampu mencapai total penjualan senilai Rp1.4 miliar. Tidak jauh berbeda dengan pesaing sebelumnya.
Jenis produk lipstik Madame Gie yang tembus sebagai top produk adalah Madame Gie Lip Matte Netizen +62. Berdasarkan pantauan pada official store Madame Gie di Shopee, lipstik tersebut termasuk terjangkau dengan kisaran harga Rp20.000 – Rp30.000.
Guna meningkatkan penjualan, Madame Gie tidak jarang memberikan diskon berupa harga spesial. Riset Tim Compas membuktikan, penawaran diskon 31,8% yang Madame Gie lakukan sukses meraih peningkatan revenue dan quantity. Maka, tidak mengejutkan jika brand tersebut jadi top brand lipstik lokal yang unggul.
Selain itu, kesuksesan brand ini juga tidak lepas dari kepopuleran pemiliknya, yaitu Gisella Anastasia. Profesinya sebagai artis turut mendongkrak brand awareness pada produk tersebut sehingga diperkirakan mendorong tingkat penjualannya pula.
4. Make Over
Bukan hal baru jika brand satu ini masuk top brand lipstik di e-commerce. Brand lokal ini sudah lama terkenal dengan berbagai varian produk kosmetiknya. Menurut riset Tim Compas, Make Over mendapat total penjualan sebesar Rp1.1 miliar pada periode itu.
Brand tersebut mampu menempati posisi keempat top brand lipstik tersebut dengan produk MAKE OVER Intense Matte Lip Cream 6,5 gram. Melalui official store-nya di Shopee, brand tersebut menjual produk lipstiknya seharga Rp92.000 – Rp97.750.
Penelusuran Tim Compas menunjukkan, brand tersebut menggandeng salah satu supermodel asal Indonesia, yakni Paula Verhoeven sebagai brand ambassador Make Over. Ketenaran sang model bisa jadi salah satu kunci keberhasilan brand dalam membangun brand engagement sehingga produk tersebut laku keras.
5. Focallure
Menemani PINKFLASH, brand asal China ini juga berhasil masuk sebagai urutan kelima top brand lipstik terlaris di e-commerce. Focallure menyabet posisi tersebut dengan perolehan Rp963 juta pada total penjualannya.
Sementara produknya yang masuk dalam list produk terlaris adalah FOCALLURE Lipstik Cream Velvet-Mist Matte Lip Clay. Mengutip dari FOCALLURE Official Shop, produk tersebut dijual dengan harga normal Rp88.000. Brand ini juga meramaikan pasar produk lipstik dengan diskon besar-besaran hingga 58% ditinjau dari laman official store-nya. Biasanya, strategi diskon dikenal ampuh menaikkan penjualan.
Kesimpulan
Keberhasilan berbagai brand kosmetik tersebut menjadi top brand lipstik di e-commerce memang patut diacungi jempol. Tentunya, setiap brand memiliki strategi penjualan masing-masing seperti pemberian diskon atau promo khusus. Terbukti, melalui riset Tim Compas terlihat beberapa brand tersebut sukses mendorong penjualan produknya.
Penerapan strategi penjualan dengan menawarkan diskon bukanlah hal baru. Namun, perusahaan juga perlu melakukan riset pasar seperti data kompetitor, data harga, data penjualan di e-commerce, dan lainnya.
Perusahaan membutuhkan riset data sesuai kebutuhan agar strategi penjualan berjalan secara tepat. Melalui data Compas Dashboard, Anda dapat melakukan riset pasar sesuai kebutuhan dengan akurat dan cepat. Tertarik untuk memulai? Hubungi kami melalui Team Compas atau DM Instagram Compas, ya!
Selain itu, Anda juga bisa menjajal 30 menit Demo Compas Dashboard secara gratis dengan cara KLIK DI SINI!
Source: Dashboard Compas.co.id