logo-compas-biru-kecil-v1-156x40
april mop bisnis

Berani Coba Strategi False Advertising Ketika April Mop Bisnis? Ketahui Pengertian, 4 Jenis, dan Dampaknya

Berani Coba Strategi False Advertising Ketika April Mop Bisnis? Ketahui Pengertian, 4 Jenis, dan Dampaknya

Author: Nimas Cemara

April Mop yang jatuh setiap tanggal 1 April memang bukan hari libur nasional yang ditandai di kalender dengan tanggal merah. Namun, antusiasme banyak orang untuk memberi tipuan atau “mengerjai” satu sama lain selama satu hari tersebut selalu tinggi.

Beberapa brand pun turut ambil bagian dalam antusiasme April Mop dengan menghadirkan iklan-iklan yang menggelitik dan tetap menarik perhatian konsumen. Dengan melakukan strategi marketing false advertising, beberapa brands berhasil mendapatkan rasa penasaran konsumen ketika April Mop bisnis.

Sebenarnya, apa itu strategi false advertising yang biasanya dilakukan brand di hari April Mop dalam bisnis? Yuk, cari tahu lebih lengkap di artikel ini.

Apa Itu Strategi False Advertising untuk April Mop Bisnis

False advertising sebenarnya adalah sebuah strategi marketing yang memuat informasi yang tidak sesuai dengan produk yang dipasarkan. Namun, strategi false advertising kerap digunakan untuk merayakan April Mop dalam bisnis.

Berbagai brands akan menyajikan iklan-iklan yang menghibur dengan tujuan “jahil” untuk konsumennya. Hal ini pun dijadikan ajang para brands untuk memberikan iklan-iklan yang lucu dan menarik.

Di Indonesia sendiri, berbagai brand kecantikan pernah ikut ambil andil ketika April Mop. Misalnya, The Body Shop yang mengeluarkan iklan masker wajah yang terbuat dari cabai ketika tahun 2018 lalu atau BRUNBRUN Paris yang mengeluarkan produk lipstik dari pete pada tahun 2020. 

Sebelum memutuskan apakah kamu berani coba melakukan strategi false advertising, yuk ketahui dulu berbagai jenis strategi ini.

Jenis-jenis Strategi False Advertising

april mop bisnis

1. Bait and Switch

Jenis strategi false advertising ini sangat umum ditemukan ketika hari April Mop di dunia bisnis. Jenis bait and switch adalah menggaet rasa penasaran konsumen dengan menyebarkan iklan produk yang sebenarnya tidak akan dijual oleh brand.

Contohnya seperti iklan The Body Shop dan BRUNBRUN Paris yang baru saja kita bahas sebelumnya. Contoh lainnya adalah April Mop tahun lalu brand skincare lokal True to Skin mengeluarkan iklan produk serum wajah yang terbuat dari minyak sayur, yogurt, dan kopi. Tentu saja seluruh brands tersebut tidak akan memasarkan produk dari iklan tersebut. Iklan tersebut hanya untuk meramaikan April Mop dan merupakan jenis strage false advertising bait and switch.

2. Foto yang berbeda

Jenis iklan “palsu” selanjutnya adalah dengan menggunakan foto yang berbeda dari produk aslinya. Biasanya, jenis seperti ini dapat ditemukan di menu restoran atau katalog suatu produk.

Brand akan menggunakan foto-foto yang terlihat lebih menarik dan “menggiurkan” di katalog mereka. Hal ini dilakukan oleh brand agar konsumen tertarik dengan produk mereka melalui foto yang tertera di katalog.

3. Harga yang tidak sesuai

Jenis satu ini cukup berbahaya untuk diterapkan yaitu dengan memberikan harga yang tidak sesuai aslinya di suatu produk. 

Jenis ini terjadi ketika sebuah brand memberikan harga promo untuk salah satu produk mereka, namun untuk mendapatkan harga murah tersebut brand akan mengajukan produk lainnya sehingga konsumen tetap saja akan membayar lebih mahal.

4. Klaim yang tidak pernah terbukti

Jenis yang terakhir adalah brands yang memberikan klaim yang tidak pernah terbukti sebelumnya atas produk mereka. Jenis ini juga cukup umum ditemukan di hari April Mop dalam bisnis dengan brands membuat iklan dengan klaim “nyeleneh” untuk produk mereka.

Contohnya, pada tahun 2018, brand Huda Beauty meluncurkan iklan dengan klaim pasir gurun dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Di iklan tersebut, brand ini menggabungkan jenis ini dan bait and switch karena produk pasir tersebut tidak akan pernah dijual oleh brand.

Berbagai jenis strategi false advertising untuk April Mop bisnis memang terlihat menarik dan lucu. Tapi, apa saja dampak dari melakukan strategi ini?

Dampak Strategi False Advertising untuk April Mop dalam Bisnis

Dengan langkah dan informasi yang tepat, mengeluarkan iklan “palsu” ketika April Mop memang sangat seru dan menguntungkan. Melalui hal ini, brand kamu akan mendapatkan dan meningkatkan brand awareness yang akan sangat menguntungkan. Konsumen akan mengingat brand Anda. 

Baca Juga: Manfaat Brand Awareness untuk Bisnis Kamu

Strategi false advertising yang kamu lakukan di April Mop juga bisa menjadi jembatan untuk mengenalkan produk baru seperti yang dilakukan True to Skin di unggahan Instagram mereka. Konsumen menjadi semakin penasaran dengan produk baru yang akan kamu launching.

Baca Juga: Ketahui Strategi Launching Produk yang Tepat

Tapi, hati-hati karena strategi false advertising juga dapat merugikan kamu. Jika dilakukan secara berlebihan, brand kamu dapat mengalami kebalikannya yaitu angka sales dan customer loyalty yang berkurang. Konsumen bisa saja merasa jengah dengan tipuan yang terlalu berlebihan dan diulang setiap tahunnya. Hal ini pun dapat menyebabkan reputasi brand kamu buruk. Jadi, tetap hati-hati, ya, dalam menerapkannya!

Kesimpulan

Baru saja kita membahas tentang strategi false advertising di April Mop dalam bisnis. Bagaimana, berani coba? Jika ingin mencoba strategi ini, jangan lupa kamu harus tetap hati-hati untuk tidak melakukannya dengan terlalu ekstrim sehingga merugikan konsumen dan brands, ya!

Kalau kamu takut “tertipu,” Compas bisa membantu kamu dengan memberikan market insight yakin kredibel dan bisa menaikkan penjualan brand kamu. Salah satu contoh data Compas yang tidak akan menipu adalah Compas Market Insight Report: Shopee 3.3 yang baru saja rilis.

Selain data Shopee 3.3, kamu juga bisa melihat data lainnya seperti list top brands, top product listings, top sellers, market share, total sales revenue, dan total sales quantity untuk menganalisa performa bisnis brand kamu. Semua data tersebut dapat menyesuaikan periode waktu dan marketplace yang kamu pilih sehingga akan semakin memudahkanmu untuk membaca data.

Tertarik untuk akses Compas Dashboard? Anda bisa request diskusi langsung dengan tim Compas dengan mengisi form online di link ini. Jangan lupa untuk follow Instagram kami untuk info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

Kerjasama dengan kami

Kembangkan Bisnis Online Anda dengan Data Market Ter-update dari Compas

logo-compas-putih-kecil-v1-156x40

Compas hadir dari tim yang sama yang mengembangkan Telunjuk.com, sebuah perusahaan teknologi di Jakarta, Indonesia. Compas berfokus pada business intelligence tools, contohnya Market Insight pasar e-commerce, dan memberikan solusi aktif untuk membawa bisnis Anda semakin berkembang dengan strategi bisnis yang tepat.

Compas.co.id

Follow Us

Copyright © 2020 Compas.co.id by PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Tinggalkan pesan untuk kami

Halo, kami ingin mengenal Anda lebih dalam agar kami bisa memberikan bantuan yang terbaik.