Harga Hand Sanitizer

Jelang Puasa, Harga Hand Sanitizer 50ml Turun Harga Hingga 83,56%

Bulan suci Ramadan merupakan saat yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan ini, umat Islam dilatih untuk melawan hawa nafsu, serta rasa lapar dan haus mulai dari subuh hingga maghrib selama sebulan hingga Hari Raya Idul Fitri tiba. Tahun 2020 ini, pemerintah Indonesia menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada hari Jumat 24 April 2020. Di tengah situasi pandemi COVID-19, bagaimana agar kita dapat menjaga kebersihan selama bulan puasa? Tentunya dengan cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Seperti yang bersama kita ketahui, hand sanitizer di Bulan Maret yang lalu mengalami kelangkaan di berbagai toko baik itu online ataupun offline, serta harganya pun melejit tinggi saat itu. Namun saat ini apakah harganya masih tinggi? Telunjuk.com sebagai e-commerce hub telah memantau sekitar 15.400 data harga produk hand sanitizer di beberapa e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Dari data tersebut terlihat bahwa harga hand sanitizer ukuran 50ml mengalami penurunan harga sebesar 83.56% yaitu mulai dari harga rata-rata Rp.73,000 di awal April hingga saat ini menjadi rata-rata Rp.12,000.

Baca juga: Sejak Himbauan Pemerintah Memakai Masker Kain, Kini Masker Medis Turun Harga Hingga Rp.8,500 / Pieces Di Toko Online

Berbeda dengan hand sanitizer ukuran 200ml, harga produk tersebut malah mengalami kenaikan sebesar 22% yaitu harga mulai dari rata-rata Rp.135,000 di awal April hingga saat ini menjadi rata-rata Rp.165,000.

Baca juga: Gara-gara Corona, Harga Vitamin Melonjak Melebihi Kenaikan Harga Gula dan Garam

Suasana Ramadan tahun ini tentunya menjadi berbeda karena seluruh dunia saat ini sedang menghadapi wabah virus corona (COVID-19). Tak ada lagi buka puasa bersama, mudik, serta silaturahmi ke rumah kerabat. Kegiatan belanja yang biasanya menjadi tradisi sebelum Lebaran pun harus dilakukan dari rumah. Oleh karena itu, Telunjuk.com tetap setia memberikan update mengenai harga produk di toko online selama pandemi ini berlangsung. 

Metodologi riset : Tim Riset Telunjuk melacak data harga, penjualan, dan transaksi belanja online di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak terhadap produk – produk Hand Sanitizer dengan merk dettol, nuvo, antis, cussons, eskulin, ikyusan, lifebouy, softix ukuran 50ml dan 200ml selama masa Covid-19. Data sampel berjumlah 4,910 list produk dan diambil berdasarkan periode tanggal 1 April 2020 hingga 29 April 2020.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *

X